Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Manfaat Garam Epsom untuk Tanaman dan Kebun

Garam epsom banyak dimanfaatkan untuk kesehatan, seperti meredakan nyeri otot dan sembelit serta meningakatkan kekebalan tubuh. 

Namun, garam epsom juga banyak digunakan untuk tanaman. Garam epsom adalah trik organik yang dikenal oleh beberapa tukang kebun.

Garam epsom mengandung beberapa mineral yang membantu tanaman tumbuh dan berkembang, memulihkan ekosistem alami taman, serta membantu menjaga tanah yang subur dan sehat. 

Dikutip dari Rhythm of the Home, Rabu (7/6/2023), berikut delapan manfaat garam epsom untuk tanaman dan kebun. 

Setelah penyemaian, campurkan satu sendok makan garam epsom dengan 3,5 liter air dan taburkan di atas tanah setelah menanam benih.

Untuk bunga liar, taburkan 237 mililiter garam epsom untuk setiap 100 kaki persegi dan gabungkan dengan tanah. 

Perbaiki halaman rumput 

Selanjutnya, manfaat garam epsom untuk tanaman dan kebun adalah memulihkan kesehatan dan warna-warna cerah dari halaman rumput. 

Gunakan 450 gram garam epsom untuk setiap 1.250 kaki persegi halaman rumput. Aplikasikan garam epsom langsung di halaman atau menggabungkannya dengan air.

Semprotan daun

Manfaat garam epsom lainnya adalah menjadikan semprotan daun. Garam epsom dapat memberikan magnesium yang sangat dibutuhkan beberapa tanaman, termasuk tomat.

Campurkan satu sendok makan garam epsom untuk setiap 3,5 liter air, lalu aplikasikan pada tanaman ketika melihat daun-daun kecil mulai tumbuh.

Sebaiknya, tidak mengaplikasikan garam epsom di bawah sinar matahari yang cerah. Lebih baik dilakukan pada pagi hari atau saat cuaca mendung.

Terbukti bahwa buah tomat akan tumbuh lebih besar dan tanaman memiliki dedaunan lebih subur. 

Jika bunga belum ditanam, rendam dalam larutan epsom (1 sendok makan per 3,5 liter air) atau cukup tambahkan satu sendok makan garam ke dalam lubang tanam.

Untuk tanaman yang sudah tumbuh, tambahkan satu sendok makan untuk setiap kaki tinggi tanaman sebagai pupuk. 

Meremajakan tanaman dewasa

Manfaat garam epsom untuk tanaman dan kebun lainnya adalah meremajakan tanaman dewasa. Tanaman dewasa sering kali memiliki dedaunan yang menguning atau kering.

Untuk mengembalikan warna-warna cerahnya, semprotkan campuran satu sendok makan garam epsom untuk setiap 946 mililiter air per kaki tinggi tanaman.

Kandungan magnesium yang tinggi dalam garam epsom akan mengembalikan keindahan segar tanaman dewasa. 

Tambahkan garam epsom di sekitar pangkal pohon atau semprotkan daun dengan satu sendok makan garam yang dicampur dengan satu galon air. Ini menjadi salah satu cara menggunakan garam epsom untuk tanaman dan kebun. 

Buah-buahan dan kacang-kacangan yang lezat 

Selama musim tanam, Anda dapat meningkatkan aroma dan rasa buah-buahan, kacang-kacangan, buah beri, dan tanaman anggur menggunakan garam epsom.

Campurkan satu sendok makan garam epsom dengan 3,5 liter air, kemudian oleskan pada akar tanaman dan pohon yang menghasilkan buah. 

Pengendalian siput

Terakhir, manfaat garam epsom untuk tanaman dan kebun adalah mengendalikan siput. Meski ini bukan solusi jangka panjang membasmi siput, Anda dapat menaburkan garam epsom di area terdapat siput untuk membasminya.

Sebagai solusi jangka panjang, yang terbaik adalah menarik predator alami ke dalam taman , seperti katak atau burung, untuk menjaga keseimbangan alam. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/07/073022876/8-manfaat-garam-epsom-untuk-tanaman-dan-kebun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke