Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Ras Anjing yang Tahan Cuaca Panas, Chihuahua hingga Greyhound

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing adalah hewan peliharaan yang mudah beradaptasi. Namun, iklim tempat tinggal Anda dapat secara signifikan memengaruhi kenyamanan anjing setiap hari.

Ras anjing terbaik untuk cuaca panas memiliki jenis bulu yang tepat atau tanpa bulu sama sekali. Selain itu, mereka memiliki struktur tubuh yang lebih cocok untuk suhu panas.

Meskipun beberapa ras anjing lebih toleran terhadap cuaca panas daripada yang lain, semua anjing memerlukan tindakan pencegahan keamanan dasar pada hari yang panas untuk menghindari sengatan panas.

Jangan pernah meninggalkan anjing di dalam mobil yang panas, selalu pastikan anjing memiliki akses ke air bersih, dan jangan tinggalkan anjing di luar untuk waktu yang lama tanpa pengawasan.

Dikutip dari The Spruce Pets, Senin (29/5/2023), bentuk tubuh anjing dapat memberi tahu Anda banyak hal tentang seberapa baik ia dapat mengatasi panas. Yang paling jelas adalah bulunya.

Anjing yang paling baik dalam cuaca panas memiliki bulu pendek, tidak berbulu, atau bulu yang sangat tipis. Bulu mereka biasanya warnanya lebih terang, seperti putih, cokelat, atau abu-abu.

Anjing dengan hidung panjang umumnya lebih cocok untuk suhu yang lebih panas. Moncongnya yang panjang memproses udara hangat, mendinginkannya saat dihirup.

Selain itu, anjing dengan telinga besar dan tegak cenderung menjadi lebih cepat dingin daripada anjing dengan telinga terkulai yang memerangkap udara hangat.

Berikut ini beberapa ras anjing yang tahan cuaca panas.

1. Chihuahua

Chihuahua ras anjing yang mudah beradaptasi dan hidup dengan baik di iklim cuaca hangat. Bulu tipis dan ukuran mungil Chihuahua tidak memberikan banyak perlindungan terhadap hawa dingin, jadi ras ini cenderung lebih nyaman saat suhu naik.

Anjing ini berasal dari gurun panas Meksiko, jadi mereka tidak asing dengan cuaca panas.

2. Australian cattle dog

Anjing ini adalah ras yang aktif dan baik hati dengan dorongan untuk bekerja meskipun terik matahari atau suhu yang hangat. Australian cattle dog memiliki bulu ganda pendek yang membuat anjing ini relatif sejuk selama siang hari yang panjang dan panas menggembalakan ternak dan memberikan insulasi dan perlindungan saat suhu malam turun drastis.

Anjing ini juga sangat aktif dan suka menghabiskan energi tidak peduli cuaca apa pun, menjadikan mereka anjing berukuran sedang yang sangat baik untuk cuaca panas.

3. Afghan hound

Anjing-anjing besar ini bertahan dengan baik di iklim panas karena kunci yang mengalir itu adalah satu lapisan rambut. Anjing asli Afghanistan ini terkenal dengan cuaca panas di siang hari dan suhu dingin di malam hari.

Anjing-anjing ini tidak asing dengan suhu ekstrem. Kelemahannya adalah ersiaplah untuk menghabiskan waktu merawat bulu secara teratur setiap minggu.


4. Yorkshire terrier

Bulu halus anjing Yorkshire terrier mungkin panjang, tapi tidak apa-apa. Tekstur yang tipis berarti itu bukan penahan yang bagus terhadap dingin.

Selain itu, lapisan tunggalnya adalah rambut dan bukan bulu. Akibatnya, itu tidak memerangkap panas dan akan membantu teman berukuran pint ini tetap dingin saat suhu naik.

Anjing yang lebih kecil biasanya dapat menangani panas sedikit lebih baik daripada yang lebih besar.

5. Chinese crested

Anjing ini sebagian besar tidak berbulu. Mereka kemungkinan awalnya dikembangkan di Asia dari anjing Afrika tak berbulu yang terbiasa dengan suhu panas.

Gunakan tabir surya atau lakukan tindakan pencegahan lain untuk melindungi anjing ini dari efek berbahaya sinar matahari.

6. Airedale terrier

Terbesar dari ras terrier, Airedale terrier adalah anjing berukuran sedang yang mentolerir cuaca panas. Anjing-anjing ini berbulu halus, tetapi bulunya pendek dan kurus.

Kurangnya lapisan bawah memungkinkan panas untuk keluar.

7. Great dane

Great Dane adalah salah satu anjing ras besar terbaik untuk cuaca panas. Dengan kecenderungan alami untuk menghemat energi, anjing ini cenderung tidak terlalu memaksakan diri saat cuaca hangat.

Anjing ini cenderung menikmati hidup di iklim cuaca hangat. Namun, jika anjing Anda memiliki bulu berwarna gelap, ia bisa lebih cepat panas.


Pastikan anjing ini memiliki tempat teduh untuk menghindari sinar matahari dan jangan pernah meninggalkannya terlalu lama.

8. Italian greyhound

Kerangka ramping dan tipis, mantel pendek anjing Italian greyhound tidak melindungi dari salju dan es musim dingin. Ini adalah jenis anjing lain yang sangat baik untuk cuaca panas.

Anjing-anjing ini umumnya memiliki sedikit lemak tubuh dan seringkali membutuhkan sweter, mantel, dan lainnya untuk melawan cuaca dingin. Mereka merasa jauh lebih nyaman di iklim yang hangat dan cerah.

9. Greyhound

Seperti anjing Italian greyhound yang lebih kecil, sprinter ukuran penuh ini adalah salah satu anjing ras besar terbaik untuk cuaca panas. Greyhound memiliki bulu pendek, tipis, dan massa tubuh ramping.

Atribut ini berarti lebih mudah bagi mereka untuk mengatur suhu dalam cuaca panas dibandingkan cuaca dingin. Selain itu, anjing greyhound hanya membutuhkan beberapa aktivitas singkat berkecepatan tinggi dan satu atau dua jalan santai.

10. Xoloitzcuintli

Xoloitzcuintli sangat cocok untuk cuaca panas. Anjing ini berkerabat dekat dengan anjing dari peradaban Aztec kuno dan tidak asing dengan suhu hangat dan terik matahari.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/29/115700776/10-ras-anjing-yang-tahan-cuaca-panas-chihuahua-hingga-greyhound

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke