Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Hewan Peliharaan Eksotis yang Cocok untuk Rumah Kecil

Dapat dikatakan Anda tidak dapat menciptakan lingkungan terbaik untuk hewan peliharaan, seperti anjing atau kucing. 

Namun, tak perlu khawatir dan buru-buru mengurungkan keinginan baik tersebut. Sebagai solusi, Anda bisa memiliki hewan peliharaan eksotis untuk ruang terbatas.

Kata eksotis mengacu pada hewan yang tidak biasa dijinakkan, jadi ini adalah aspek penting yang perlu diingat. Hewan peliharaan yang tidak umum juga dianggap eksotis.

Penghuni apartemen perlu memastikan bahwa memelihara hewan telah diizinkan. Karena jenis hewan peliharaan eksotis bisa sangat berbeda dengan kucing dan anjing, Anda mungkin dapat berbicara dengan pemilik rumah atau penyewa. 

Banyak hewan peliharaan eksotis yang mudah dipelihara tanpa masalah, bahkan di rumah kecil sekalipun.

Dari hewan pengerat hingga artropoda, berikut daftar hewan peliharaan eksotis yang cocok untuk rumah kecil disadur dari Rhythm of the Home, Jumat (26/5/2023).  

Anda bisa memelihara satu landak karena hewan peliharaan ini tidak memiliki rasa takut berpisah. Artinya, landak menjadi pilihan tepat jika Anda sering bepergian.

Makanan landak cukup sederhana karena sebagian besar terdiri atas makanan siap saji, buah-buahan, dan serangga. Anda dapat menemukan makanan yang dirancang khusus untuk landak di toko hewan peliharaan.

Dengan prosedur penanganan tepat, hewan peliharaan eksotis ini mudah dijinakkan meski sedikit temperamental. Butuh beberapa saat bagi landak untuk terbiasa dengan lingkungan baru, tetapi itu sangat normal. 

Hewan peliharaan eksotis yang cocok untuk rumah kecil ini dapat hidup cukup lama sekitar lima hingga tujuh tahun. 

Meski marmut bisa menjadi pilihan baik untuk rumah kecil, Anda tetap harus menyediakan ruang yang memadai. Itu berarti kandang besar akan bekerja baik.

Mengingat marmut adalah hewan yang sangat sosial, hewan peliharaan eksotis ini harus diadopsi dalam pasangan atau kelompok sesama jenis untuk bersosialisasi serta bermain bersama. 

Hamster 

Hamster lebih populer sebagai hewan peliharaan eksotis. Hamters berukuran kecil dan tidak membutuhkan ruang besar sehingga cocok untuk dijadikan hewan peliharaan eksotis untuk rumah kecil dan anak-anak.

Ada beberapa jenis hamster yang perlu dipertimbangkan. Hamster Suriah relatif mudah ditangani dibanding hamster kerdil yang lebih cepat dan ukurannya lebih kecil.

Hamters mudah dipelihara karena hanya perlu menyediakan kandang yang sesuai dengan ukurannya dengan beberapa kebutuhan, seperti roda untuk berolahraga. Ini menjadikan hamster hewan peliharaan eksotis yang cocok untuk rumah kecil.

Makanan hamster sebagian besar terdiri atas pelet yang diformulasikan secara khusus dan terjual di toko hewan peliharaan. Anda juga perlu melengkapinya dengan makanan segar lainnya yang aman untuk hamster.  

Sugar glider beradaptasi dengan meluncur dari pohon ke pohon dan sangat sosial, yang berarti bahwaharus ditemani oleh anggota spesiesnya yang lain. Sugar glider juga dapat menjalin ikatan baik dengan pemiliknya.

Anda mungkin akan mengalami beberapa kesulitan memenuhi makanan sugar glider karena makanannya di alam liar cukup bervariasi dan kompleks.

Mengingat sifatnya yang aktif, sugar glider cenderung lebih menyukai kandang tinggi yang memberinya kesempatan memanjat dan menjelajah.

Pastikan memeriksa hukum negara Anda sebelum mempertimbangkan memelihara sugar glider. 

Kelinci

Jika merasa siap komitmen hewan peliharaan yang besar,Anda dapat melihat kelinci sebagai hewan peliharaan eksotis yang cocok untuk rumah kecil. 

Kelinci memiliki masa hidup yang panjang dan kebutuhan cukup kompleks. Ini berarti Anda perlu mempelajari cara merawatnya agar dapat menikmati persahabatan yang indah.

Kelinci cukup sosial, tetapi Anda harus berusaha keras melatihnya. Kelinci membutuhkan kandang sangat besar, jadi Anda perlu mengorbankan ruang cukup besar untuk memliharanya. 

Anda bisa memelihara kelinci di kandang lebih kecil, asalkan bersedia membiarkannya di luar kandang untuk bermain lebih sering. 

Kepiting hermit sering kali membuat penasaran dan menarik ditonton. Namun, perlu diingat, Anda tidak akan benar-benar bisa menanganinya.

Sangat penting memelihara beberapa kepiting hermit bersama-sama karena mereka hewan sosial. Ini berarti Anda harus membeli akuarium atau tangki besar untuk menampung lebih banyak kepiting kecil. 

Nah, itu dia sejumlah hewan peliharaan eksotis yang cocok untuk rumah kecil. Anda tertarik memelihara hewan peliharaan eksotis yang mana ? 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/26/084500076/6-hewan-peliharaan-eksotis-yang-cocok-untuk-rumah-kecil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke