Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, 6 Cara Membersihkan Furnitur Rotan

JAKARTA, KOMPAS.com - Furnitur anyaman rotan dengan tampilannya yang natural menjadi salah satu pilihan untuk diletakkan di teras atau bagian lain di rumah. Namun, desain anyaman dapat menyulitkan untuk membersihkannya.

Kotoran dan debu dapat tersangkut pada anyaman. Untuk merawat dan menjaga tampilannya, furnitur rotan perlu dibersihkan secara rutin.

Dilansir Real Simple, Kamis (25/5/2023), berikut ini cara membersihkan furnitur rotan. Cara ini juga dapat diterapkan pada furnitur anyaman alami lainnya ataupun anyaman sintetis.

Alat yang dibutuhkan

  • Vacuum cleaner dengan sambungan sikat
  • Kain mikrofiber
  • Sikat gigi atau kuas

Cara membersihkan furnitur rotan

Anyaman alami termasuk rotan dapat menjadi lemah dan rusak jika sering terpapar kelembapan. Sebaiknya, tempatkan di area tertutup seperti beranda. Perawatan rutin dapat membantu menjaga furnitur Anda tetap terlihat bagus selama beratahun-tahun.

1. Bersihkan debu secara teratur

Anyaman rotan dapat memerangkap debu dan kotoran. Membersihkan debu secara teratur dengan kain mikrofiber atau vacuum cleaner dengan sambungan sikat akan membantu menjaga debu tetap terkendali.

2. Cuci secukupnya

“Membasahi anyaman bukanlah masalah yang sebenarnya. Membasahi dan mengeringkannya secara berulang-ulanglah yang dapat menyebabkan masalah,” kata Katie Berry, cleaning expert dan pendiri Housewife How-tos.

Anda dapat menggunakan deterjen cair yang lembut dengan air hangat untuk membersihkan bagian yang kotor, lalu membilasnya dengan air bersih.

3. Membersihkan jamur

Jamur adalah masalah yang biasa terjadi pada furnitur luar ruangan, namun hal ini cukup mudah dibersihkan.

“Anda bisa menggunakan campuran 50/50 cuka dan air untuk menghilangkan jamur dan lumut pada anyaman,” kata Berry . Ia menyarankan untuk menggosok furnitur dengan lembut sebelum mengeringkannya.

4. Biarkan hingga benar-benar kering

Jangan beri beban apa pun pada furnitur hingga benar-benar kering. Menurut Berry, anyaman akan mengendur saat basah dan mengencang saat mengering. Jadi, beban apa pun di atasnya dapat menyebabkan bentuknya berubah.

Kipas angin, sinar matahari, atau angin sepoi-sepot dapat membantu furnitur lebih cepat kering.

5. Beri kondisioner

Menurut Berry, rotan dalam ruangan yang tidak dicat akan terlihat baru selama bertahun-tahun jika Anda melembapkannya dengan kondisioner, minyak mineral atau minyak biji rami.

“Untuk minyak, gosokkan dengan kain putih dan diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan kelebihannya. Aplikasikan kembali jika perlu agar lapisannya merata,” katanya.

6. Bersihkan kotoran dengan segera

Berry menyarankan untuk segera membersihkan furnitur saat terkena kotoran sehingga mencegahnya menjadi sulit dibersihkan. Hal ini akan membantu meminimalkan kebutuhan untuk membersihkannya secara menyeluruh.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/25/200541876/simak-6-cara-membersihkan-furnitur-rotan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke