Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Pemutih Bisa Kedaluwarsa?

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya makanan dan minuman, produk pembersih dan perawatan diri pun memiliki tanggal kedaluwarsa. Tanggal kedaluwarsa dimaksudkan untuk memastikan efektivitas bahan aktif yang terkandung dalam produk.

Salah satu produk pembersih yang banyak digunakan di rumah sejak lama adalah pemutih. Pemutih lazim digunakan dalam proses mencuci pakaian, namun dapat digunakan pula sebagai disinfektan.

Nah, apakah pemutih bisa kedaluwarsa? Apa tanda-tanda pemutih sudah kedaluwarsa?

Dikutip dari Reader's Digest, Rabu (17/5/2023), berikut penjelasannya.

Apa itu pemutih?

Pemutih adalah produk pembersih rumah klasik. Ada dua jenis pemutih yang banyak dijumpai di pasaran, yakni pemutih klorin dan pemutih oksigen.

Menurut Dewan Kimia Amerika, pemutih klorin, secara kimiawi, adalah larutan air natrium hipoklorit. Pemutih cucian rumah tangga biasa atau pemutih non-klorin, yang digunakan untuk memutihkan dan mensterilkan cucian, biasanya 5,25 persen atau 6 persen natrium hipoklorit. 

Natrium hipoklorit adalah bahan aktif dalam pemutih yang akan Anda gunakan di rumah.

Pemutih rumah tangga dapat digunakan untuk mendisinfeksi tempat-tempat yang menampung kuman seperti sakelar lampu dan kenop pintu serta menghilangkan jamur dari permukaan.

Kapan pemutih kedaluwarsa?

Untuk mengetahui kapan suatu produk kedaluwarsa, ada baiknya mengetahui kapan produk tersebut dibuat. Pada leher botol biasanya tertera tanggal produksi produk tersebut dan tanggal kedaluwarsa.

Menurut The Scripps Research Institute, pemutih dapat bertahan sekitar enam bulan. Setelah itu, pemutih mulai menurun efektivitasnya.

Bahkan dalam botol aslinya, pemutih menjadi 20 persen kurang efektif seiring berjalannya waktu. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara menyimpan botol pemutih dengan benar.

Menurut situs web Clorox, pemutih harus disimpan dalam suhu antara 10 hingga 21 derajat celcius, serta jauh dari sinar matahari langsung. Pun itu berkaitan dengan botol yang tertutup rapat dan terbuka.

Clorox menyatakan bahwa sebotol pemutih yang disimpan dengan benar memiliki umur simpan sekitar satu tahun. Mereka merekomendasikan penggantian produk setelah satu tahun sejak natrium hipoklorit mulai rusak.

Tanda-tanda pemutih kedaluwarsa

Tidak yakin apakah pemutih masih bagus dalam enam bulan atau bahkan setahun? Jika Anda dapat mendeteksi bau pemutih sama sekali, itu berarti masih ada sisa pemutih aktif di dalam botol.

Namun, Anda perlu menggunakan jumlah yang sedikit lebih banyak dari biasanya selama mencuci dan membersihkan karena akan lebih lemah.

Cara membuang pemutih kedaluwarsa

Jika Anda ingin membuang pemutih kedaluwarsa, Clorox merekomendasikan untuk membuangnya ke kloset. Pasalnya, sejumlah kecil natrium hipoklorit aktif yang tersisa akan berhenti terurai saat mengalir melalui pipa rumah dan keluar ke saluran pembuangan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/17/133054876/apakah-pemutih-bisa-kedaluwarsa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke