Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Fakta Menarik Kucing American Bobtail, Berekor Pendek yang Penyayang

Penampilan ini juga membedakan kucing American bobtail dari ras kucing tabby lainnya. Ekor pendek kucing American bobtail berasal dari mutasi genetik.  

Meski terlihat seperti kucing liar, American bobtail sering disebut sebagai anjing "Golden retriever di dunia kucing" karena kepribadiannya yang menyenangkan, penyayang, dan lembut. 

Ditambah, kucing American bobtail umumnya suka mengambil mainan dan mudah dilatih. Ras kucing ini juga senang berada di sekitar manusia, yang membuatnya menjadi sahabat bulu yang luar biasa.

American bobtail adalah ras kucing yang relatif jarang ditemukan lantaran langka sehingga harganya bisa mahal bila Anda ingin mengadopsinya. 

Apabila Anda tertarik memeliharanya, berikut sejumlah fakta menarik kucing American bobtail dikutip dari Mental Floss, Selasa (18/4/2023).  

CFA berspekulasi bahwa para pelaut mengadopsi kucing unik ini dan membawanya ke Dunia Baru selama Zaman Penjelajahan, tetapi para juri masih mencari tahu rumah American bobtail yang sebenarnya.

Berabad-abad kemudian, kucing dengan ekor pendek dan gemuk dilaporkan dikembangbiakkan di Amerika sekitar pertengahan abad ke-20. 

Namun, menurut salah satu cerita populer, ras American bobtail yang kita kenal saat ini baru muncul pada 1960-an ketika pasangan yang sedang berlibur, John dan Brenda Sanders, tertarik pada seekor kucing tabby cokelat berekor pendek yang mereka lihat di Arizona.

Tomcat tersebut dilaporkan berasal dari tempat penangkaran penduduk asli Amerika. Berkat penampilannya yang liar, rumor setempat mengatakan bahwa tomcat itu adalah keturunan kucing hutan dan kucing rumahan (cerita yang kedua ternyata salah).

Keduanya mengadopsi kucing yatim piatu itu dan menamainya Yodie. Mereka membawanya pulang ke Iowa, lalu Yodie dikawinkan dengan kucing Siam seal point milik keduanya.

Perkawinan ini menghasilkan sekumpulan anak kucing, beberapa di antaranya berekor pendek. Hal ini mengindikasikan bahwa gen dominan yang menyebabkan ekor pendek pada Yodie karena bayi-bayi tersebut hanya membutuhkan satu salinan gen untuk mewarisi sifat tersebut. Ini juga menjadi fakta menarik kucing American bobtail. 

Mereka juga mulai menyilangkan keturunan Yodie dengan jenis kucing lain, seperti Ragdoll, Birmans, Himalaya, Siam, dan kemungkinan Manx. Namun, penampilan yang diinginkan ini terbukti sulit ditiru para peternak.

Jadi, pada 1980-an, sekelompok peternak menciptakan kucing American bobtail yang baru dan lebih baik dari awal.

Mereka menggunakan kucing liar dan kucing domestik berekor pendek dari seluruh AS untuk menciptakan kucing yang terlihat seperti nenek moyang ras ini, bertubuh besar dan tampak liar dengan ekor berombak.

Seiring berjalannya waktu, para peternak mengembangkan versi kucing berbulu panjang dan pendek. Sebagai kru silsilah bobtail, mereka berhenti menambahkan kucing liar ke dalam garis keturunannya. 

Pada 2002, The International Cat Association (TICA) sepenuhnya menerima ras American bobtail dan CFA menyetujuinya untuk didaftarkan pada 2002. American bobtail akhirnya menerima status kejuaraan penuh dari CFA pada 2006.  

Selanjutnya, fakta menarik kucing American bobtail adalah kerap dikira sama dengan Japanese bobtail dan Manx, padahal keduanya berbeda.

Dengan ekor pendek, American bobtail sering dikira memiliki kesamaan dengan kucing lain, seperti Japanese bobtail atau Manx.

Namun, terdapat perbedaan halus antara masing-masing ras kucing ini meski para pencinta kucing percaya bahwa American bobtail mungkin berasal dari variasi gen Manx, tidak ada kucing yang memiliki hubungan darah dengan kucing Asia.

Ekor pendek kucing Manx disebabkan gen dominan yang tidak lengkap sehingga anak kucing dalam kelompoknya dapat dilahirkan dengan panjang ekor yang bervariasi, dari lebih panjang, pendek, atau tanpa ekor sama sekali.

Selain itu, kucing Manx membawa satu gen untuk ekor penuh dan satu gen untuk tidak berekor sehingga terkadang melahirkan anak yang terlihat seperti kucing biasa ketika kawin. 

Sebagai perbandingan, meski anak kucing American bobtail terkadang melahirkan bayi dengan ekor penuh, mereka hampir tidak pernah sepenuhnya tidak berekor.

Sebaliknya, kucing American bobtail biasanya memiliki sepertiga hingga setengah panjang ekor normal. American bobtail biasanya sehat, tetapi jika dilahirkan dengan ekor terlalu pendek, terkadang dapat mengalami masalah dalam mengendalikan buang air besar. 

American bobtail hadir dalam berbagai warna dan pola 

Ciri khas kucing American bobtail paling mencolok adalah ekornya. Ekornya lebar di bagian pangkal dan biasanya panjangnya berkisar antara 2,5 sampai 10 sentimeter. 

Umumnya, ekornya cukup panjang untuk terlihat di atas punggung kucing saat berdiri. Ekor American bobtail bisa melengkung, tertekuk, bengkok, atau hampir lurus. Tidak ada dua ekor yang sama persis dan tidak ada satu jenis pun yang lebih disukai-

Meski ada kucing American bobtail yang tidak memiliki ekor, ekor yang panjangnya penuh, atau ekor merapat, secara otomatis akan didiskualifikasi dalam pameran kucing.

Penampilan lainnya adalah berwajah lebar serta kaki belakang panjang. American bobtail saat ini hadir dalam berbagai pola, warna, dan panjang bulu, diantaranya garis-garis hitam dan berbulu garis berwarna oranye. 

Biasanya, beratnya berkisar antara tiga hingga tujuh kilogram. Ras kucing ini memiliki beragam warna mata, corak bulu, dan pola, tetapi juri pameran kucing kerap memberikan poin ekstra untuk American bobtail yang menyerupai nenek moyang mereka yang tampak liar.  

Sementara harga American bobtail bervariasi dari satu peternak ke peternak lainnya, tetapi umumnya berkisar sekitar Rp8 juta- Rp17 juta dari peternak terkemuka.

Sahabat baik untuk manusia

American bobtal merupakan sahabat bulu yang baik bagi mereka yang masih lajang maupun keluarga yang memiliki anak-anak dan hewan peliharaan lainnya. 

Hal ini karena kucing American bobtail memiliki kepribadian menyenangkan, penyayang, dan setia seperti anjing.  

Lantaran kepribadian tersebut, menurut beberapa laporan, para pengemudi truk jarak jauh menjadikan kucing American bobtail sebagai teman kabin dan para psikoterapis mengintegrasikannya ke dalam sesi perawatan mereka.

Ya, American bobtail memang kucing yang beradaptasi baik di tempat tinggal yang tidak biasa, seperti truk dan perahu layar. 

Nah, itu dia sejumlah fakta menarik kucing American bobtail, bagaimana Anda tertarik memeliharanya? 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/18/071500076/6-fakta-menarik-kucing-american-bobtail-berekor-pendek-yang-penyayang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke