Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Warna Gorden Harus Sesuai dengan Sofa? Ini Jawabannya

Perawatan jendela, seperti gorden, memiliki potensi besar dalam hal membuat transformasi visual yang mencolok pada ruangan. 

Selain peningkatan estetika, penambahan panel gorden juga dapat memberikan beberapa manfaat tambahan, seperti privasi yang lebih baik dan mengurangi silau sinar matahari.

Namun, saat membeli gorden untuk ruang tamu, pemilik rumah sering bertanya-tanya apakah harus memilih tampilan yang serasi dengan sofa?

Ini adalah pertanyaan bagus karena tidak ada aturan desain yang diterima secara universal yang mengatakan gorden harus sesuai dengan gaya sofa.

Jawabannya adalah ya. Namun, ada beberapa hal yang perku diperhatikan saat memilih gorden seperti dilansir dari Rhythm of the Home, Minggu (16/4/2023). 

Mempertimbangkan cara gorden dapat mengambil banyak ruang visual di dalam ruangan, ada risiko menciptakan desain yang tidak seimbang jika Anda tidak memperhatikan pencocokan sofa.

Anda mungkin akan mendapatkan gorden yang terlalu menonjol dan terasa tidak pada tempatnya di ruang tamu. Alih-alih memperhatikan penataan furnitur yang indah, siapa pun yang memasuki ruangan akan fokus pada hal yang salah.

Dengan mencocokkan fitur gorden dengan elemen desain sofa, akan mendapatkan tampilan lebih halus. Sangat disarankan memperhatikan pencocokan gaya saat mendesain ruangan tradisional.

Dekorasi modern bisa sedikit lebih fleksibel dalam hal memadukan tekstur dan warna berbeda antara gorden dan furnitur. Banyak gaya modern yang menyambut efek kontras dari semburat warna yang ditambahkan melalui gorden.  

Perhatikan skema warna

Memilih warna yang tepat untuk gorden bisa menjadi tantangan tersendiri bagi banyak pemilik rumah. Jika menginginkan tampilan serasi, ada beberapa aturan desain umum yang harus diikuti untuk membuat ruangan terasa kohesif dan enak dipandang.

Alih-alih berfokus pada nuansa warna yang tepat, akan lebih mudah mencocokkan gorden dan sofa dengan memperhatikan intensitas warna atau suhu.

Sofa dengan warna lebih gelap cocok dipasangkan dengan warna gorden yang sama jika lebih menyukai lingkungan yang nyaman. Menggabungkan dua warna gelap bersama-sama dapat menghasilkan tampilan suram atau terlalu formal.

Untuk sedikit kontras, disarankan memilih warna gorden yang serupa dengan sofa, tetapi lebih terang untuk mencerahkan ruangan.

Gorden kerap digunakan untuk memperkenalkan warna aksen di dalam ruangan. Ini adalah pendekatan yang direkomendasikan untuk gaya dekorasi modern atau transisi.

Mencocokkan tampilan mudahndilakukan menggunakan bantuan aksen sofa yang dipilih cermat seperti bantal dengan warna yang sama dengan gorden.  

Detail seperti kain yang digunakan, pola, dan fitur lain dari sofa dapat mempengaruhi dampak visual dari gorden yang dipilih. Itulah mengapa sangat disarankan mencocokkan gaya sofa saat memasang gorden baru.

Daripada berfokus pada gaya desain furnitur tertentu seperti Skandinavia, modern abad pertengahan, atau pedesaan, akan lebih efektif jika melihat keseluruhannya.

Sebagai contoh, jika sofa memiliki tampilan tradisional dengan pelapis elegan dan warna netral yang berkelas, Anda bisa memadukannya dengan gorden yang menawarkan tampilan sama formalnya. 

Gunakan panel gorden yang lebih santai yang dibuat dari kain lebih ringan untuk mencocokkan sofa.

Saat mencoba memadukan gaya gorden dan sofa, selalu ingat suasana ruangan yang diinginkan. Sebagai contoh, jika ingin menjaga suasana tetap santai dan kasual, Anda dapat memperkenalkan beberapa gorden berwarna cerah atau kain ringan agar sesuai dengan garis desain sofa yang sederhana.

Sebaliknya, kain yang berat dan warna netral klasik lebih cocok untuk gorden yang sesuai dengan sofa elegan dengan detail tradisional yang kaya. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/16/172921176/apakah-warna-gorden-harus-sesuai-dengan-sofa-ini-jawabannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke