Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Benda yang Sebaiknya Tidak Dibersihkan dengan Tisu Basah Antibakteri

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona atau Covid-19 membuat banyak orang semakin memperhatikan kebersihan. Salah satunya dengan menggunakan tisu basah antibakteri.

Banyak orang menggunakan tisu basah antibakteri untuk membersihkan banyak benda dan permukaan, dengan harapan akan membuat rumah lebih bersih dan lebih aman. Selain itu, penggunaan tisu basah antibakteri pun sangat mudah.

Meskipun demikian, ada kalanya Anda lebih baik menggunakan produk pembersih lain dan bukan tisu basah antibakteri. Sebab, penggunaan tisu basah antibakteri justru bisa merusak beberapa benda di rumah.

Dikutip dari Reader's Digest, Selasa (11/4/2023), berikut beberapa benda yang tidak boleh dibersihkan dengan tisu basah antibakteri.

1. Mainan anak

Saat Anda menyeka permukaan dengan tisu basah antibakteri, Anda akan melihat noda kotoran menempel di permukaan tisu. Namun, apa yang tidak Anda lihat adalah apa yang tertingga, yakni bahan kimia.

Alasan utama mengapa saya yakin orang tidak boleh menggunakan tisu basah antibakteri sebagai tisu harian adalah karena kita melihat peningkatan bakteri yang kebal antibiotik, kata ahli kimia John Manolas, salah satu pemilik Whyte Gate.

Beberapa kesalahan untuk fenomena ini terjadi pada sabun dan tisu basah antibakteri. Sebagian besar permukaan mungkin akan sama-sama bebas kuman setelah dibersihkan secara teratur dengan sabun dan air atau pembersih rumah tangga lainnya, terang Manolas.

Dia juga menekankan agar orang tua tidak menggunakan tisu basah antibakteri pada mainan anak karena anak-anak cenderung memasukkan mainan ke dalam mulut mereka.

Sebagai gantinya, gunakan cuka dan air untuk membersihkan mainan anak. Tambahkan setengah cangkir cuka ke 3 liter air dan bersihkan mainan dengan larutan tersebut.

Jika mainan kedap air, Anda harus merendamnya dalam larutan cuka selama minimal 15 menit untuk membunuh bakteri. Bilas sampai bersih dan biarkan mengering. Ini cara yang bagus untuk membersihkan mainan tanpa racun.

Jika mainan masih berbau seperti cuka setelah kering, pastikan untuk membilasnya kembali.

2. Benda yang menyerap kelembapan

Agar efektif, larutan antibakteri seringkali perlu didiamkan selama beberapa menit untuk membunuh bakteri. Jika permukaannya lunak, busa atau karpet, misalnya, tidak akan basah cukup lama untuk menjadi benar-benar efektif.

Jika Anda harus menggunakan beberapa tisu untuk mendapatkan hasilnya, kelembapan dapat merusak permukaan. Sebagai gantinya, gunakan hidrogen peroksida.

Ada berbagai macam cara untuk membersihkan karpet yang tidak akan merusaknya. Tentu saja, pastikan menyedot debu karpet, tetapi jika Anda menargetkan noda tertentu, hidrogen peroksida adalah pilihan yang tepat.

Campurkan satu sendok teh hidrogen peroksida 3 persen (konsentrasi yang lebih tinggi dapat memutihkan karpet) dengan sedikit krim tartar atau olesan pasta gigi non-gel.

Selalu lakukan tes spot terlebih dahulu.

3. Meja dapur

Jika menurut Anda sapuan tisu basah antibakteri di meja dapur yang baru saja berisi ayam mentah sudah cukup untuk menjaga keamanan keluarga Anda, pikirkan lagi.

Meja dapur adalah titik berkumpulnya kuman dan bakteri, dan membersihkannya hanya dengan tisu basah antibakteri tidaklah cukup, sebut Lily Cameron, profesional kebersihan dan penyelia di Fantastic Services.

Saat Anda perlu mendisinfeksi meja dapur, kata Cameron, lebih baik menggunakan air sabun panas dan spons. Pastikan Anda membersihkan atau sering mengganti spons dengan benar, karena merupakan salah satu benda paling kuman di dapur.

4. Lantai kayu

Bahan kimia dan bahan lain dalam tisu antibakteri dapat merusak beberapa permukaan rumah dari waktu ke waktu. Ini termasuk lantai kayu, yang mungkin kehilangan kilau setelah digosok berulang kali.

Lantai kayu juga bisa rusak oleh kelembapan. Permukaan kayu perlu cepat kering, tetapi tisu basah membuat permukaannya relatif basah, jadi itu kontraproduktif, ungkap Alberto Navarrete, manajer umum Frisco Maids di Dallas, Texas, AS.

Greg Shepard, pendiri layanan pembersihan rumah Dallas Maids, menuturkan, terkait kayu, lebih sedikit lebih baik.

Lantai kayu, furnitur, dan trim kayu tidak boleh sering dibersihkan dengan produk karena dengan pembersihan yang sering, hasil akhirnya akan kusam seiring waktu.

Ini berlaku ganda untuk tisu basah antibakteri karena mengandung alkohol, yang merusak lapisan kayu.


Sebaliknya, gunakan pembersih yang mengandung minyak pinus, yang mampumembersihkan permukaan lantai kayu dengan aman dan membuatnya bersinar. Selain itu, pembersih ini memiliki komponen disinfektan yang akan menjaga semuanya bebas kuman.

5. Seluruh permukaan dapur

Tisu basah antibakteri tidak dimaksudkan untuk membersihkan area yang luas. Faktanya, Anda dapat memperburuk masalah bakteri jika Anda menggunakan satu lembar tisu basah antibakteri untuk beberapa permukaan.

Jangan pernah menggunakan satu lembar tisu basah antibakteri untuk membersihkan lebih dari satu permukaan, jelas Cameron.

Tisu basah kotor memiliki sisa kuman di atasnya dan dapat membawa bakteri ke lokasi lain, imbuhnya.

Gunakan satu lembar tisu basah antibakteri per permukaan, lalu buang. Ini mungkin tampak boros dan Anda lebih suka menghemat tisu, terutama jika persediaannya sedikit, tetapi menggunakan lembar tisu basah yang sama untuk seluruh dapur adalah kesalahan pembersihan yang justru membuat dapur lebih kotor.

6. Permukaan dengan pelapis

Bahan kimia dan asam dalam tisu basah antibakteri dapat menggerogoti polesan permukaan yang dilapisi sealant, seperti marmer dan granit. Tisu basah antibakteri mungkin membuat permukaan terlihat kusam, bahkan tergores.

Cari sealer yang didesain khusus untuk permukaan ini, atau gunakan sabun biasa dan air, yang sangat efektif sebagai pembersih multiguna.

7. Bahan kulit

Inilah masalah alkohol lagi. Banyak tisu basah disinfektan atau tisu basah antibakteri mengandungnya, dan alkohol dapat mengeringkan kulit yang kenyal. Penggunaan berulang dapat membuat barang kulit terlihat kering dan berkapur.


Anda perlu menggunakan pembersih lembut pada bahan kulit, seperti sabun bayi, dan memasukkan beberapa tetes ke dalam satu liter air. Setelah selesai membersihkan, gosok kembali kulit dengan spons bersih dan lembap untuk menghilangkan sisa sabun.

Jika Anda ingin menggunakan tisu basah antibakteri pada bahan kulit, baca labelnya untuk memastikan tidak mengandung alkohol.

8. Perabotan yang dipernis

Anda dapat menumpulkan hasil akhir yang indah dari kursi dan meja yang dipernis dengan menggunakan tisu basah antibakteri, yang mengandung alkohol. Hal yang sama berlaku untuk kayu apa pun di rumah yang mungkin memiliki lapisan pernis berkilau tinggi.

Sebagai gantinya, gunakan sabun lembut dan air hangat. Masukkan satu sendok teh sabun cair ke dalam 1,5 liter air dan gunakan kain lembap (tidak menetes).

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/11/141500576/8-benda-yang-sebaiknya-tidak-dibersihkan-dengan-tisu-basah-antibakteri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke