Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Membersihkan Kepala Shower, Pakai Soda Kue hingga Cola

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika kamar mandi Anda dilengkapi shower dan digunakan untuk mandi sehari-hari, maka penting untuk mengetahui cara membersihkan kepala shower. Sebab, kepala shower bisa berkerak atau kotor, yang dapat mengganggu rutinitas mandi Anda.

Dikutip dari Real Homes, Kamis (30/3/2023), kepala shower yang kotor atau berlumuran kapur tidak akan bekerja seefisien mungkin, belum lagi, bisa juga penuh atau bakteri.

Namun, jangan khawatir, karena ada banyak cara efisien untuk menghilangkan kerak dan membersihkan kepala shower menggunakan barang-barang rumah tangga dasar seperti cuka, soda kue, dan bahkan cola.

Berikut beberapa cara membersihkan kepala shower dengan beberapa bahan yang mungkin sudah ada di rumah Anda.

1. Cara membersihkan kepala shower dengan cuka

Kebanyakan orang menunda pembersihan dengan cuka karena percaya bau asam asetat akan membuat kamar mandi bau.

Akan tetapi, aroma cuka yang kuat sebenarnya akan cepat hilang dari kamar mandi, terutama jika kamar mandi dilengkapi jendela atau exhaust fan.

Membersihkan kepala shower dengan cuka juga murah, karena cuka banyak ditemukan dengan mudah dan harganya terjangkau.

Untuk membersihkan kepala shower dengan cuka, siapkan sikat gigi bekas, cuka, kantong plastik, pengikat kabel atau karet gelang, sikat gosok, serta kain atau lap bersih.

Pertama-tama, lepaskan kepala shower, lalu gunakan sikat gigi untuk menggosok kotoran yang lepas dan kering dari sekitar lubang. Tuang cuka ke dalam kantong plastik, isi setengahnya.

Letakkan kantong plastik di sekeliling kepala pancuran sehingga lubang dan kepala shower benar-benar terendam cairan.

Amankan kantong plastik menggunakan karet gelang atau pengikat kabel. Biarkan terendam selama beberapa jam, atau untuk hasil terbaik biarkan semalaman.

Jika kepala shower terbuat dari kuningan, maka biarkan tidak lebih dari 30 menit. Begitu juga jika memiliki lapisan emas atau nikel karena ini sudah cukup.

Keluarkan kepala shower, lalu gunakan penggosok atau kain untuk menyeka endapan yang lepas dan terakhir gunakan shower air panas untuk membersihkan lubang.

2. Cara membersihkan kepala shower dengan baking soda

Menggunakan baking soda atau soda kue untuk menghilangkan kerak adalah cara murah untuk menghilangkan penumpukan kalsium di kepala shower.

Soda kue adalah bahan utama dalam upaya membuka sumbatan kepala shower tanpa cuka, kata Rikki Fothergill, ahli gaya di Big Bathroom Shop.

Murah untuk dibeli dan mudah digunakan, soda kue merupakan solusi pembersih antibakteri alami, imbuh dia.

Menurut Fothergill, untuk menggunakan secara efektif, Anda harus menambahkan sedikit air ke soda kue untuk membuat pasta. Jika larutan menjadi encer akibat terlalu banyak air yang ditambahkan, cukup tambahkan lebih banyak soda kue.


Siapkan sepertiga cangkir soda kue, 1 cangkir cuka putih, kantong plastik besar, karet gelang, dan sikat gigi lembut.

Metode soda kue dan cuka adalah yang terbaik jika kepala shower sangat tersumbat oleh kerak. Mulailah dengan melepas kepala shower.

Campurkan sepertiga cangkir soda kue dengan satu cangkir cuka putih dalam kantong plastik besar di atas wastafel atau di bak mandi.
Larutan akan mendesis karena ini akan membantu mengangkat kerak dari kepala shower.

Pastikan seluruh kepala shower terendam larutan dan kencangkan plastik dengan karet gelang.

Biarkan meresap semalaman untuk efek maksimal lalu gosok sisa kerak yang menempel dengan sikat gigi lembut, bilas dengan air panas.

3. Cara membersihkan kepala shower dengan cola

Siapkan sebotol minuman cola, kantong plastik, dan kain mikrofiber atau sikat gigi lembut.

Celupkan kepala shower ke dalam kantong plastik (seperti dengan dua cara di atas) berisi cola, kencangkan dan biarkan terendam selama sekitar 15 menit.

Bersihkan serpihan serpihan yang tersisa dengan kain atau sikat gigi lembut dan ulangi jika tidak sebersih yang Anda inginkan.

4. Membersihkan kepala shower dengan air perasan lemon

Selain digunakan sebagai bahan makanan, lemon juga bisa digunakan untuk membersihkan berbagai benda di rumah, termasuk kepala shower.

Siapkan dua sampai tiga buah lemon segar. Jika tidak ada, Anda bisa menggantinya dengan konsentrat air lemon botolan.

Selain itu, siapkan pisau, air panas, ember atau wadah, serta kuas halus.

Dalam wadah, buat larutan lemon encer dari air panas dan air perasan lemon. Selanjutnya, masukkan kepala shower ke dalam wadah dan biarkan terendam dalam campuran air panas dan lemon hingga 30 menit.

Dengan menggunakan air bersih, bilas pancuran dengan air dan bersihkan kerak kapur yang tersisa dengan sikat.

Bisakah menggunakan pemutih untuk membersihkan kepala shower?

Tidak disarankan untuk menggunakan pemutih untuk membersihkan kepala shower karena sangat beracun dan sebenarnya tidak seefisien menggunakan bahan rumah tangga alami atau bahan pembersih yang lebih lembut.

Berapa lama kepala shower bisa direndam di cuka?

Biarkan semalaman untuk mendapatkan penghilangan kerak terbaik. Kemudian, bilas sampai bersih dengan air sampai air mengalir dengan lancar melalui lubang.

Proses perendaman dalam cuka harus diulang setiap minggu selama kamar mandi umum Anda bersih. Ini berarti bahwa masalah tidak akan memiliki kesempatan untuk bertahan.

Setelah pembersihan awal selesai, perendaman selama beberapa menit seharusnya cukup untuk mempertahankannya jika dilakukan secara teratur. Penggunaan semprotan cuka ke dalam lubang shower juga akan membantu menghilangkan kerak di sela-sela pembersihan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/30/153713176/4-cara-membersihkan-kepala-shower-pakai-soda-kue-hingga-cola

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke