Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Kompor Listrik dengan Mudah dan Cepat

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan kompor listrik semakin populer di Indonesia. Jika Anda baru menggunakan kompor listrik, Anda perlu mengetahui cara membersihkannya.

Untungnya, tidak perlu banyak waktu untuk menjaga kompor listrik tetap bersih.

Membersihkan kompor listrik tergantung pada jenis yang Anda miliki, kata Alicia Sokolowski, co-CEO AspenClean, dikutip dari Reader's Digest, Rabu (29/3/2023).

Berkat permukaannya yang halus dan ramping, baik kompor induksi maupun kompor listrik kaca hanya perlu dibersihkan dengan pembersih alami, tambahan yang mudah untuk jadwal pembersihan rutin.

Kompor listrik dengan tungku dan tetesan makanan membutuhkan sedikit usaha, sebut Sokolowski.

Berikut cara membersihkan kompor listrik dengan mudah dan cepat.

  • Handuk piring atau handuk mandi
  • Kain mikrofiber
  • Pembersih kompor
  • Sarung tangan sekali pakai (opsional)

1. Siapkan larutan cuka

Buat campuran setengah-setengah cuka putih dan air hangat dalam botol semprot. Semprotkan permukaan kompor listrik dengan campuran cuka, dan bersihkan dengan kain mikrofiber.

2. Oleskan soda kue

Isi bak cuci piring dengan air panas dan rendam handuk mandi bersih atau handuk dapur di dalamnya. Taburkan soda kue ke seluruh permukaan kompor listrik, lalu ambil handuk dari bak cuci piring.

Peras dengan baik, taruh di atas baking soda dan tunggu 15 menit.

3. Gosok

Lepaskan handuk dan gosok kompor sampai semua soda kue hilang. Sokolowski mengatakan untuk memberikan tekanan lembut pada kompor listrik.

Sentuhan ringan selalu lebih baik, katanya. Jika kotoran masih menempel, tambahkan lebih banyak soda kue dan ulangi langkah ini.

4. Lap kompor

Semprotkan kompor dengan cuka dan bersihkan dengan kain mikrofiber. Setelah selesai, gunakan kain mikrofiber kering untuk memoles dan mengkilapkan kompor.

Jangan mencoba menggunakan cuka dan soda kue secara bersamaan. Meskipun ini membuat kekacauan yang sangat besar, Sokolowski mengatakan itu bukan cara terbaik untuk membersihkan kompor.

Simpan pembersih ini untuk menghilangkan bau tempat sampah. Anda juga dapat menggunakan pembersih serbaguna alami atau pembersih kompor sebagai pengganti cuka pada kompor listrik, tetapi jangan gunakan pembersih kaca komersial, pada kompor listrik kaca.

Cara menghilangkan noda gosong pada kompor listrik

Noda gosong bisa mengotori permukaan kompor listrik dan sulit dibersihkan.

Soda kue cocok untuk noda membandel ini, tetapi khususnya untuk kompor kaca, Anda juga dapat menggunakan silet.

Untuk menghilangkan noda gosong pada kompor listrik, siapkan soda kue, kain mikrofiber, dan silet (hanya digunakan pada kompor listrik kaca).

1. Buat pasta

Campurkan setengah cangkir baking soda dan 3 sampai 4 sendok makan air hangat. Oleskan sedikit pasta soda kue ke noda gosong.

2. Gunakan silet (hanya kompor kaca)

Pegang silet pada sudut 45 derajat, kerjakan di bawah residu yang terbakar sampai mengelupas. Gunakan gerakan yang lembut dan merata, dan jaga sudut silet agar tidak menggores kompor kaca.

Untuk kompor listrik dengan permukaan logam berenamel, lewati langkah ini, karena silet dapat merusak permukaannya.

3. Bersihkan

Setelah pasta soda kue bekerja secara ajaib, bersihkan pasta dan bakar residunya dengan kain mikrofiber lembap.

Cara menjaga kebersihan kompor listrik

Menyeka tumpahan saat masih baru adalah cara terbaik untuk melakukannya. Tunggu hingga kompor mendingin dan semua tungku mati, lalu bersihkan dengan kain atau spons basah.

Jika tumpahan terlalu lama, semprot dengan larutan cuka atau pembersih serba guna, dan bersihkan.

Sokolowski merekomendasikan penggunaan pembersih alami saja, tetapi periksa manual produk untuk rekomendasi khusus apa pun untuk membersihkan kompor listrik.


Dengan kompor listrik, Anda juga harus ekstra hati-hati agar tidak menciptakan tumpahan, terutama dengan makanan manis yang menempel di kaca seperti lem.

Untuk menghindari kerusakan permanen pada kaca, GE Appliances menyarankan untuk segera mengikis tumpahan gula ke area dingin kompor kaca menggunakan silet. Bilas dengan spons atau kain mikrofiber.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/29/112252676/cara-membersihkan-kompor-listrik-dengan-mudah-dan-cepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke