Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Tips Memakai Karpet untuk Membuat Ruang Kecil Terlihat Lebih Besar

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruangan berukuran kecil dapat didekorasi untuk mendapat kesan lebih luas dengan menggunakan karpet. 

Memilih karpet yang tepat dapat membantu ruang kecil terasa lebih besar dan lapang. 

Dilansir dari The Spruce, Minggu (12/3/2023), berikut beberapa tips menggunakan karpet untuk membuat ruang kecil terlihat lebih besar

Kesalahan umum yang sering dilakukan orang saat mendekorasi ruangan adalah memilih karpet yang terlalu kecil sehingga membuat ruang terlihat terputus-putus dan lebih kecil.

Ukuran karpet yang tepat dan optimal untuk ruangan tergantung pada beberapa faktor, termasuk penempatan furnitur. 

Sebaiknya, semua furnitur diletakkan di atas karpet. Jika hal tersebut tidak memungkinkan, setidaknya kaki depan furnitur besar harus berada di atas karpet

Warna

Warna-warna terang dapat membuat ruangan terasa lebih besar daripada warna gelap. Namun, bukan berarti Anda harus memasang karpet putih di seluruh rumah.

Menggunakan rona warna yang lebih terang dari warna favorit dapat membantu memperluas ruangan secara visual.

Selain itu, warna yang lebih terang memantulkan lebih banyak cahaya matahari atau cahaya buatan daripada warna gelap. Cahaya yang meningkat di dalam ruangan akan membantu menciptakan kesan lebih terbuka.

Pola

Jika memilih karpet dengan pola, pastikan ukuran pola tersebut sesuai dengan ukuran ruangan.

Aturan umum adalah menggunakan karpet dengan pola lebih besar untuk ruangan yang lebih besar. Namun, hal ini lebih bergantung pada jumlah ruang pada lantai yang terlihat.

Sebagai contoh, sebuah ruang kecil yang tidak memiliki banyak furnitur dapat menggunakan pola lebih besar, sementara area besar yang penuh dengan furnitur membutuhkan pola lebih kecil.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/12/195627676/3-tips-memakai-karpet-untuk-membuat-ruang-kecil-terlihat-lebih-besar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke