Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Kesalahan Renovasi Dapur yang Harus Dihindari, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Renovasi dapur adalah investasi yang signifikan. Renovasi dapur bisa membantu Anda menciptakan ruang fungsional dan bergaya.

Selain itu, renovasi dapur dapat meningkatkan harga jual rumah Anda.

Namun demikian, sebelum Anda mulai merencanakan renovasi dapur, ada beberapa kesalahan umum yang harus Anda ketahui. Dikutip dari Decoist, Selasa (7/3/2023), berikit beberapa kesalahan renovasi dapur yang harus dihindari.

Evaluasi gaya hidup dan kebutuhan Anda sehingga Anda yakin desain dapur sangat cocok untuk itu.

Penggemar makanan dan memasak dapat berinvestasi pada peralatan yang ditingkatkan, misalnya.

Selain itu, seseorang dengan banyak koleksi peralatan dapur dan piring akan membutuhkan ruang penyimpanan ekstra.

2. Island dapur yang terlalu besar

Island dapur menyediakan permukaan kerja yang luas sekaligus berfungsi sebagai titik pusat untuk berkumpul. Anda mungkin berpikir bahwa island dapur yang lebih besar berfungsi lebih baik, tetapi pikirkan dua kali sebelum memperbesarnya.

Berjalan di sekitar island dapur yang besar sulit dan dapat mengganggu arus lalu lintas. Oleh karena itu, biasanya yang terbaik adalah menggunakan desain yang lebih ringkas.

Untuk dapur kecil, meja dapur mungkin lebih cocok untuk Anda.

3. Tidak cukup penyimpanan

Menyediakan banyak ruang penyimpanan diperlukan untuk dapur fungsional. Rak terbuka mungkin tampak seperti opsi cerdas yang membuat area terasa lebih terbuka, tetapi ada kekurangannya.

Piring akan berdebu, dan Anda harus memastikan bahwa Anda hanya menampilkan karya terbaik untuk tampilan ramping dan bersih.

Pastikan untuk menyertakan lemari untuk penyimpanan. Lemari pintu kaca adalah pilihan gaya lainnya karena Anda dapat memamerkan barang pecah belah yang bagus tanpa membuatnya terkena debu. Anda tetap perlu memastikan penataannya menarik.

4. Tidak mengambil contoh bahan

Jika Anda tidak berpengalaman dalam renovasi rumah, Anda dapat pergi ke toko bahan bangunan dan membeli bahan pertama yang Anda sukai.

Warna dan tekstur yang bagus mungkin menipu Anda untuk membuat keputusan impulsif, tetapi ingatlah bahwa warna terlihat berbeda di bawah kondisi pencahayaan yang berbeda.

Warna yang persis sama dapat terlihat sangat berbeda bila ditempatkan di bawah cahaya buatan dan cahaya alami.


Sebelum Anda berkomitmen untuk hasil akhir tertentu, pastikan untuk mengambil sampelnya terlebih dahulu untuk melihat tampilannya di rumah.

Pencahayaan bukan satu-satunya hal yang perlu dipertimbangkan. Warna tertentu akan terlihat berbeda bila ditampilkan di samping warna lain.

Toko biasanya menawarkan sampel, jadi bawa pulang untuk melihat seperti apa bahannya di ruangan pilihan Anda.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/07/203400276/4-kesalahan-renovasi-dapur-yang-harus-dihindari-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke