Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tren Warna Cat Dinding yang Berakhir Tahun 2023, Termasuk Abu-abu

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecat dinding dapat memberikan tampilan yang menarik pada ruangan. Namun demikian, warna cat dinding tertentu juga bisa membuat tampilan ruangan tampak kuno atau ketinggalan zaman.

Dikutip dari Real Simple, Senin (6/3/2023), seperti semua tren desain, warna cat dinding datang dan pergi. Jadi, penting untuk memilih warna cat dinding yang tidak akan ketinggalan zaman.

Berikut beberapa tren warna cat dinding yang berakhir pada tahun 2023 menurut para desainer interior.

1. Abu-abu

Sementara abu-abu ada di mana-mana selama bertahun-tahun, tampilan ini telah berubah menjadi membosankan. Tren warna tahun ini adalah tentang mengambil risiko.

Tampilan serba abu-abu benar telah berakhir, kata Tamarra Younis dari Union of Art Interiors.

Namun, jika Anda menyukai ide warna abu-abu karena tertarik pada warna netral, Jessica Risko Smith dari Jessica Risko Smith Interior Design merekomendasikan untuk menggunakan warna seperti karamel, oker, nuansa coklat, dan hijau tua.

2. Putih

Dinding putih, meski terlihat bersih dan netral juga bisa sangat steril. Smith memperkirakan kita akan melihat warna cat putih bersih yang jauh lebih sedikit pada tahun 2023.

Meskipun putih bersih masih menjadi pilihan untuk membuat ruangan terasa ringan, lapang, dan segar, kita semua mendambakan lebih banyak warna yang membumi dan condong ke arah warna bumi, tutur dia.

Warna putih dengan semburat biru, cokelat, atau rona seperti batu yang paling halus akan menjadi kunci dalam menciptakan kedalaman yang lebih dalam sekaligus menjaganya tetap ringan.

3. Merah muda alias pink

Dinding merah muda menjadi gaya untuk waktu yang sangat lama. Namun, menurut desainer interior dan pemandu acara di HGTV Shay Holland, tren ini sudah berakhir.

Sementara warna dramatis membuat tampilan populer di media sosial dan bagus untuk inspirasi, seringkali yang terjadi adalah orang menemukan ada perbedaan besar antara apa yang menyenangkan untuk dilihat versus apa yang mudah untuk dijalani, jelas Holland.

4. Merah

Warna merah muda dan merah bagus untuk fesyen, tetapi cenderung menarik bagi orang-orang setelah tinggal bersama mereka untuk sementara waktu, sebut Holland.

Menurut Holland, umumnya kliennya meminta interior yang mengalir mulus tanpa efek mencolok. Mereka menginginkan tampilan warna monokromatik yang menenangkan tanpa monoton.

Mereka menginginkan palet warna yang harmonis yang mencerminkan semacam energi yang terasa penuh harapan dan menyegarkan, terang Holland.

Namun, jika Anda terjebak pada ide warna merah, tetapi ingin menghindari tampilan rumah kuno, Holland menyarankan cara lain untuk mencapai ide ini.


Dia merekomendasikan untuk menghidupkan daya tarik visual rumah dengan menggabungkan campuran tekstur, pola, pencahayaan, tanaman, dan karya seni yang menarik, bukan mengecat ruang tamu dengan warna raspberry yang sudah membuat Anda bosan, ujarnya.

5. Biru tua dan hijau tua

Holland mengatakan biru tua dan nuansa hijau jenuh juga akan berakhir pada tahun 2023. Alasannya adalah karena warna-warna ini sebagian besar digunakan untuk dinding aksen, dan karena tampilannya tidak lagi menjadi tren, warna-warna ini juga tidak.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/06/202100176/5-tren-warna-cat-dinding-yang-berakhir-tahun-2023-termasuk-abu-abu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke