Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudah, Begini Cara Mencegah Es Batu Lengket

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam pesta atau acara keluarga, es batu sering menjadi pelengkap untuk menghadirkan minuman yang menyegarkan.

Kebutuhan es batu pun besar, sehingga kita kerap menyimpannya di wadah besar pula.

Namun, kerap kali es batu lengket satu sama lain saat disimpan dalam satu wadah. Jika es batu lengket, akan sulit untuk memisahkannya, sehingga kerap kali kita harus menghancurkannya.

Meskipun ada banyak cara untuk memecah es batu, sebenarnya sangat mudah untuk mencegah es batu lengket atau saling menempel. Faktanya, rahasia ini sudah ada sejak lama.

Dikutip dari Reader's Digest Canada, Senin (20/2/2023), simpan es batu di dalam kantong kertas untuk mencegahnya lengket atau saling melekat satu sama lain.

Cara mencegah es batu lengket

Gunakan kantong kertas yang biasa digunakan untuk menyimpan makanan. Apakah Anda mengandalkan dispenser es, menggunakan baki es batu atau membelinya, segera pindahkan es batu ke kantong kertas bersih.

Lipat hingga tertutup dan simpan di dalam freezer.

Ambil es batu saat Anda membutuhkannya. Es batu seharusnya tidak lengket satu sama lain.

Mengapa ini berhasil? Beberapa sumber mengatakan bahwa kertas menyerap kelembapan ekstra, tidak seperti wadah atau kantong plastik.


Saat kelembapan berlebih diminimalkan, kecil kemungkinannya untuk membekukan es batu secara bersamaan.

Jika Anda membuat banyak es untuk pesta, mulailah mengisi kantong satu atau dua minggu lebih awal. Jika Anda menggunakan es untuk minuman, isi kantong yang lebih kecil, dan isi ulang sesuai kebutuhan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/20/120900076/mudah-begini-cara-mencegah-es-batu-lengket

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke