Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Cocopeat untuk Tanaman Tomat, Bisa Bikin Buah Lebih Besar

JAKARTA, KOMPAS.com - Sabut kelapa adalah limbah industri kelapa. Akan tetapi, sabut kelapa dapat diolah menjadi cocopeat yang bertindak sebagai media tanam untuk berbagai tanaman.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Minggu (19/2/2023), berkat sifat fisik dan kimianya, sabut kelapa yang diolah menjadi cocopeat dapat berfungsi sebagai alternatif yang bagus untuk lumut gambut dan juga sebagai media tanam yang dapat meningkatkan pertumbuhan beberapa tanaman.

Manfaat cocopeat untuk tanaman

Cocopeat menawarkan berbagai manfaat untuk tanaman, antara lain sebagai berikut.

Manfaat cocopeat untuk tanaman tomat

Dalam percobaan di Beijing Vegetable Research Center, Tiongkok, penggunaan cocopeat sebagai media tanam tomat menghasilkan bobot buah yang lebih tinggi. Total hasil buah juga jauh lebih tinggi.

Kalium adalah elemen utama yang menentukan kualitas dan hasil keseluruhan dari tanaman tomat dan juga sangat dibutuhkan oleh sayuran seperti tomat, paprika, dan terong.

Menurut penelitian ini, cocopeat sebagai media tanam meningkatkan serapan kalium pada tanaman tomat. Cocopeat juga meningkatkan serapan belerang, yang membantu fotosintesis.

Tidak hanya itu, cocopeat juta menurunkan nutrisi yang tidak terakreditasi, yang dalam kasus tanaman tomat, berfungsi untuk perkembangan tanaman karena semakin rendah, semakin baik untuk pertumbuhannya.

Cara menggunakan cocopeat untuk tanaman tomat

Saat menanam tomat, Anda bisa menambahkan 20 sampai 25 persen cocopeat ke dalam media tanam pot. Anda bahkan dapat meningkatkannya hingga 50 persen.

Cocopeat juga berfungsi sebagai media tanam yang sangat baik untuk tanaman hidroponik, di mana Anda dapat menggunakan 100 persen cocopeat. Cocopeat juga bisa berfungsi dengan baik saat menanam tanaman sukulen.

Karena cocopeat adalah inang yang baik untuk bakteri menguntungkan dan memungkinkan porositas aliran udara, ini meningkatkan pertumbuhan tanaman kontainer secara signifikan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/19/184100276/manfaat-cocopeat-untuk-tanaman-tomat-bisa-bikin-buah-lebih-besar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke