Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Membuat Kamar Tidur Besar Terasa Lebih Nyaman

Tentu saja, kamar tidur besar memudahkan menata dan mendekorasinya. Namun, terkadang banyaknya ruang ekstra untuk merebahkan diri bisa terasa sia-sia atau dingin. 

Untungnya, dengan beberapa perhatian strategis pada warna, penempatan furnitur yang tepat, dan bahan yang digunakan secara keseluruhan, Anda dapat dengan mudah menghangatkan kamar tidur besar terasa lebih nyaman.

Nah, dilansir dari Mansion Global, Rabu (15/2/2023), berikut cara membuat kamar tidur besar terasa lebih nyaman menurut para ahli desain 

Selain itu, pilih memilih wallpaper bertekstur dengan warna-warna bersahaja. "Kerumitan tekstur yang halus menghadirkan lapisan kehangatan, sesuatu yang selalu saya cari di ruangan besar, yang juga menambahkan lapisan drama," katanya. 

Jika kamar tidur memiliki plafon tinggi, cari cara 'menurunkannya' seperti bermain dengan skala dan sandaran kepala tempat tidur yang tinggi, bahkan memenuhi seluruh dinding. 

Cara lain, bekerja dengan plafon yang sangat tinggi adalah menambahkan karya seni yang diterangi secara dramatis.

Hal ini tidak hanya menciptakan suasana murung, tapi juga memaksa mata untuk sedikit menengadah, yang membantu memperkecil plafon.

"Saya suka menambahkan cermin di kedua sisi tempat tidur. Cermin tidak hanya berfungsi sebagai jendela, tapi juga memantulkan cahaya yang bersinar dari lampu samping tempat tidur, membawa perasaan hangat ke ruangan," ucapnya. 

Selain itu, penempatan furnitur yang tepat membuat kamar tidur besar terasa pas untuk orang-orang yang tinggal di dalamnya. 

Meski demikian, sangat bagus menanamkan tekstur dan dimensi ke dalam kamar tidur besar.

"Kami melakukan ini pada karya seni, aksesori, dan anyaman tirai jendela. Tekstur yang berbeda membuat segalanya tidak terasa datar dan monoton," imbuh Kate Lester, desainer interior dari Kate Lester Interiors di Los Angeles, AS. 

Kesalahpahaman terbesar pada ruangan yang lebih besar adalah menambahkan potongan-potongan berskala besar membuat ruangan terasa sempit atau berantakan. Padahal, furnitur besar membuat ruangan lebih luas dan tetap membumi. 

Sebagai perbandingan, furnitur yang terlalu kecil atau banyak perabot dapat membuat ruangan terasa berantakan, bahkan lebih besar.

"Menghindari terlalu banyak pola adalah hal penting di ruang mana pun, tapi lebih penting di ruang yang lebih besar," imbuhnya. 

Selain itu, pastikan menggunakan karya seni berukuran tepat karena karya seni besar dapat memberikan keajaiban untuk menyemarakkan dinding yang kosong.

Jangan lupa menambah tanaman hias ke kamar tidur besar karena bisa menyegarkan dan memberi kenyamanan. 

Jennifer Lannon, Manajer Proyek Senior untuk perusahaan desain dan pemasaran real estate mewah yang berbasis di New York, Interior Marketing Group, mengatakan dapat memulainya dengan selimut putih bertekstur indah sebagai dasar dan membangunnya dari sana.

Menambahkan lapisan beludru dan wol yang lebih gelap dengan selimut dan bantal dapat menciptakan kedalaman.

"Dari segi bahan, pikirkan bahan yang lembut dan mewah, sepeti beludru, kasmir, dan linen. Penting juga memilih ukuran yang tepat untuk karpet. Karpet yang terlalu kecil membuat ruangan menjadi sempit," ujarnya.  

Ciptakan sentuhan tekstur

Kamar tidur utama sering dianggap sebagai tempat perlindungan dari bagian rumah lainnya, jadi biasanya memilih palet lembut seperti warna biru dingin atau lavender.

"Tempat tidur kanopi dengan tirai adalah cara bagus menciptakan kesan nyaman di ruang terbuka. Jika ada ruang untuk area duduk, sudut baca selalu diterima," tutur Christine Markatos Lowe dari Christine Markatos Design di Santa Monica, California, AS. 

Kain mewah yang sangat lembut adalah cara membuat kamar tidur besar terasa lebih nyaman. Beludru dan seprai tenun tebal menciptakan lapisan-lapisan indah.

Selimut tebal yang nyaman di ujung tempat tidur selalu menjadi sentuhan akhir yang menyenangkan untuk melengkapi suasana kamar tidur besar yang nyaman.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/15/122700176/4-cara-membuat-kamar-tidur-besar-terasa-lebih-nyaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke