Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Salah, Ini Perbedaan Anjing Alaskan Malamute dan Siberian Husky

JAKARTA, KOMPAS.com - Alaskan Malamute dan Siberian Husky ada dua ras anjing yang berbeda, namun sering dikira sama oleh banyak orang. Alaskan Malamute dan Siberian Husky adalah anjing yang kuat yang dibiakkan untuk menahan dingin yang ekstrem.

Penampilan kedua anjing yang mirip serigala ini mungkin terlihat mengintimidasi tetapi pada kenyataannya, kepribadian mereka sama sekali tidak.

Kedua ras anjing ini menyenangkan, ramah, dan cerdas ini dipuja di seluruh dunia. Akan tetapi, apa sebenarnya perbedaan Alaskan Malamute dan Siberian Husky?

Dikutip dari Rover, Jumat (10/2/2023), berikut perbedaan anjing Alaskan Malamute dan Siberian Husky yang perlu diketahui.

1. Sejarah anjing Siberian Husky dan Alaskan Malamute

Siberian Husky adalah salah satu ras anjing tertua di dunia. Mereka pertama kali dibesarkan oleh Chukchi, suku nomaden Siberia kuno, di wilayah timur laut yang sekarang disebut Rusia.

Chukchi menggunakan anjing Siberian Husky sebagai anjing kereta luncur untuk transportasi, tetapi mereka juga dianggap sebagai anggota keluarga dan tidur dengan anak-anak di suku tersebut agar tetap hangat.

Siberian Husky dibawa ke Alaska pada tahun 1908 dan digunakan sebagai kereta luncur anjing selama periode golden rush. Ras anjing ini hanya sedikit berubah dari husky asli dari suku Chukchi.

Alaskan Malamute juga merupakan ras anjing kuno dan salah satu anjing kereta luncur Arktik tertua. Ras anjing ini dibawa ke Alaska ribuan tahun yang lalu oleh penduduk asli melintasi jembatan darat dari Siberia ke wilayah tersebut.

Sebuah suku bernama Mahlemuts, di wilayah timur laut Semenanjung Seward mengembangkan anjing Alaskan Malamute.

Anjing-anjing itu digunakan untuk berburu, mengusir beruang kutub, dan mengangkut makanan dan perbekalan perkemahan.

Seperti Siberian Husky, Alaskan Malamute adalah anggota suku mereka yang berharga dan diperlakukan seperti keluarga.

2. Sifat

Siberian Husky adalah anjing pekerja berukuran sedang dan mereka dikenal karena kecerdasan dan kemandiriannya. Mereka masih sangat sayang tetapi tidak terlalu membutuhkan.

Meskipun kecerdasan dan kemampuan mereka untuk belajar luar biasa, Suberian Husky terkenal sulit untuk dilatih dan mudah bosan sehingga paling cocok dengan pemilik anjing yang percaya diri dan berpengalaman.

Siberian Husky mudah bergaul dan penuh energi. Karena kecerdasannya yang tinggi, mereka bisa menjadi bosan jika tidak diberikan stimulasi mental atau olahraga yang cukup.

Mereka suka menggali dan dapat merusak petak bunga, taman, dan bahkan beberapa bagian rumah jika dibiarkan tanpa pengawasan. Mereka juga memiliki reputasi suka mengembara dan bertualang sendiri.

Alaskan Malamute adalah anjing yang menyenangkan dan menyenangkan dengan watak yang ramah. Seperti Siberian Husky, mereka bersahabat dengan semua orang, termasuk orang asing.

Alaskan Malamute juga suka dilibatkan dalam semua aktivitas keluarga. Mereka sama nakalnya dengan Siberian Husky dan juga suka menggali lubang, atau bahkan merampok tempat sampah, jadi penting untuk membuat mereka tetap terhibur.

Alaskan Malamute bisa nakal tapi pelatihan yang baik akan memunculkan kecerdasan mereka.

Seperti Siberian Husky, mereka bisa sangat menantang untuk dilatih sehingga mereka juga membutuhkan pemilik anjing berpengalaman yang memiliki kepercayaan diri untuk menetapkan batasan melalui penguatan dan kepemimpinan yang positif.

Kedua anjing yang sangat cerdas ini membutuhkan banyak latihan fisik dan stimulasi mental. Jika mereka ditinggal sendirian untuk waktu yang lama, mereka bisa menjadi bosan atau frustrasi.

Siberian Husky dan Alaskan Malamute cenderung bukan anjing penjaga yang baik, mereka mungkin memiliki penampilan mirip serigala, tetapi kedua ras anjing ini sangat bersahabat, bahkan dengan orang asing.

Baik Siberian Husky maupun Alaskan Malamute tidak cenderung menjadi penggonggong besar, jadi mereka mungkin bukan sistem alarm rumah yang sangat efektif. Sebaliknya, mereka dapat melolong kapanpun.

Kedua ras anjing ini akan mendapat manfaat dari pelatihan kepatuhan, terutama sejak masa kanak-kanak.

3. Interaksi dengan keluarga

Siberian Husky adalah hewan peliharaan keluarga yang hebat dan baik dengan anak-anak. Mereka juga bagus untuk pemilik yang memiliki beberapa ekor anjing.

Jika dibesarkan dengan hewan lain sebagai anak anjing, Siberian Husky juga dapat hidup dalam rumah tangga dengan banyak hewan peliharaan.

Awalnya, Siberian Husky memiliki dorongan mangsa yang kuat terhadap hewan yang lebih kecil seperti tupai, kelinci, dan kucing.

Namun, jika dibesarkan dengan hewan kecil, mereka dapat menikmati kebersamaan dengan hewan peliharaan dalam berbagai ukuran.

Alaskan Malamute juga menjadi hewan peliharaan keluarga yang hebat dan baik dengan anak-anak. Ukurannya yang besar dan energinya yang tinggi berarti mereka dapat mengalahkan anak kecil, jadi mereka paling baik untuk rumah tangga dengan anak di atas usia 5 tahun.

Mereka juga akan hidup dengan baik dalam rumah tangga dengan banyak anjing dan banyak hewan peliharaan selama mereka dibesarkan dengan hewan kecil lainnya sejak masih kecil.

4. Ukuran dan penampilan

Meskipun Siberian Husky dan Alaskan Malamute sama-sama memiliki penampilan seperti serigala, Alaskan Malamute lebih tinggi dan lebih berat daripada Siberian Husky. 

Anjing Siberian Husky jantan tingginya sekitar 53 sampai 60 cm, sedangkan betina tingginya sekitar 50 sampai 56 cm. Anjing Alaskan Malamute jantan tingginya sekitar 64 cm dan betina tingginya 58 cm.

Anjing Siberian Husky jantan berbobot 20 sampai 27 kg dan betina berbobot 16 sampai 22 kg. Sebaliknya, Alaskan Malamute bisa sangat bervariasi beratnya, mayoritas beratnya antara 34 hingga 38 kg, namun ada juga yang bisa di atas 45 kg.

Husky tersedia dalam berbagai warna. Terlihat juga bahwa mereka mengenakan topeng putih dengan warna bulu yang berbeda di sekitar wajah mereka.

Alaskan Malamute berkisar dari abu-abu muda hingga hitam atau sable hingga merah sementara perut, kaki, dan sebagian kakinya didominasi warna putih. Wajah mereka juga akan memiliki tanda putih biasanya di sekitar dahi dan leher.

Kedua anjing tersebut memiliki bulu yang sangat tebal, ekor yang lebat, dan telinga yang tegak. Siberian Husky lebih cepat daripada Alaskan Malamute, tetapi tubuh malamute yang lebih besar berarti mereka lebih kuat dari kedua anjing tersebut.

Baik Siberian Husky dan Alaskan Malamute bisa memiliki mata coklat atau biru, satu mata berwarna biru atau mata partikolor. Telinga Siberian Husky berbentuk sedang dan segitiga dan duduk tinggi di atas kepalanya.

Telinga Alaskan Malamute memiliki bentuk yang mirip tetapi terletak lebih jauh di kepala.

Siberian Husky memiliki moncong yang panjang dan lebarnya sedang dan sedikit meruncing ke arah hidung. Hidung mereka bisa berwarna hitam atau merah muda yang disebut hidung salju.

Moncong Alaskan Malamute lebih besar dan lebarnya sama dari wajah hingga ujung hidung. Hidung Alaskan Malamute biasanya berwarna hitam meskipun mereka juga bisa memiliki hidung berwarna merah muda.

Baik Siberian Husky dan Alaskan Malamute memiliki ekor yang lebat.

5. Perawatan

Kedua anjing ini hadir untuk mengatasi cuaca dingin yang ekstrem dan memiliki banyak bulu. Seekor Siberian Husky memiliki bulu ganda dengan panjang sedang.

Lapisan atas mereka lurus dan lapisan bawahnya lembut dan padat. Bulu tebal mereka yang membuat mereka tetap hangat di musim dingin juga akan rontok (banyak) di musim semi dan musim gugur.

Akan tetapi, mereka cenderung lebih sedikit rontok di iklim yang lebih dingin. Konon, Siberian Husky adalah ras anjing yang cukup bersih dan cenderung membersihkan dirinya sendiri.

Alaskan Malamute juga memiliki bulu ganda yang padat. Bulu atas mereka tebal dan kasar dan dikenal sebagai bulu pelindung.

Lapisan bawah mereka setebal satu atau dua inci, berminyak dan berbulu dan dirancang untuk membuatnya tetap hangat dan mengusir basah. Bulu Alaskan Malamute lebih panjang di sekitar bahu, leher, dan punggung.

Ditambah lagi, bulu panjang mereka di atas paha terkadang bisa menyerupai celana panjang. Malamute rontok dua kali setahun dan rambutnya bisa rontok. 

Seperti Siberian Husky, mereka cukup bebas bau dan jarang perlu mandi, kecuali jika mereka berguling-guling dengan bau. Mereka juga membersihkan diri seperti Siberian Husky. 

Siri bulu mereka setidaknya seminggu sekali sepanjang tahun dan setiap hari saat rontok.

6. Latihan

Karena kedua anjing ini adalah hewan pengangkut, mereka akan senang berpartisipasi dalam aktivitas keluarga dan bermain. Siberian Husky adalah anjing berenergi tinggi, dan mereka akan tetap senang dengan banyak olahraga intens, sekitar 30 sampai 60 menit setiap hari.

Mereka akan menjadi pendamping yang hebat untuk mendaki, berjalan jauh, berlari atau hanya bergabung dengan Anda dalam aktivitas Anda sendiri.

Alaskan Malamute juga membutuhkan banyak latihan untuk membuat mereka senang dan mencegah kebosanan. Sebagai ras anjing pekerja, mereka senang melakukan tugas tetapi juga suka berlari, bermain, atau mendaki gunung.

Berhati-hatilah di bulan-bulan cuaca panas. Bulu tebal membuat kedua anjing ini mudah kepanasan dalam cuaca panas.


7. Kesehatan

Siberian Husky dan Alaskan Malamute memiliki harapan hidup 12 sampai 15 tahun. Kedua ras anjing ini sehat tetapi dapat menderita beberapa kondisi kesehatan.

Siberian Husky dapat mengembangkan masalah mata seperti katarak, distrofi kornea, dan atrofi retina progresif. Alaskan Malamute juga bisa menderita katarak, rentan terhadap displasia pinggul dan hipotiroidisme.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/10/162000076/jangan-salah-ini-perbedaan-anjing-alaskan-malamute-dan-siberian-husky

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke