Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Bunga Simbol Duka Cita, Cocok untuk Pemakaman

JAKARTA, KOMPAS.com - Berpulangnya orang yang dicintai menyisakan kesedihan dan kehilangan. Bunga adalah salah satu cara terbaik untuk menunjukkan rasa hormat dan kesedihan kepada orang yang telah meninggal dunia dan membantu kerabat mereka menemukan kedamaian di masa-masa sulit.

Ada beberapa bunga yang dianggap sebagai simbol duka cita. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan bunga-bunga ini untuk pemakaman, diletakkan di pusara atau diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan dalam bentuk karangan bunga.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Selasa (7/2/2023), berikut beberapa bunga simbol duka cita dan cocok untuk acara pemakaman.

1. Lily

Bunga lily diyakini sebagai simbol kesucian dan cahaya jiwa.

Bunga ini dianggap sebagai bunga yang damai dan diyakini membuat jiwa beristirahat dengan tenang dan kembali ke kesucian.

Anda bisa menggunakan bunga lily putih, salah satu jenis bunga pemakaman terbaik, yang melambangkan kesucian atau bunga lily stargazer, yang melambangkan simpati.

2. Mawar

Ini adalah bunga populer dan digemari karena keindahan dan keharumannya. Untuk menunjukkan cinta dan kesedihan, pilihlah mawar merah tua klasik.

Jika Anda ingin memberikan penghormatan kepada orang yang telah meninggal dunia, pilihlah warna merah muda dengan nuansa agak gelap.

3. Anggrek

Anggrek berwarna-warni dan harum adalah salah satu jenis bunga pemakaman terbaik, mewakili cinta tanpa syarat Anda untuk orang yang telah meninggalkan dunia ini.


Secara tradisional anggrek merah muda dan putih adalah warna yang dipilih orang untuk menunjukkan simpati mereka, meskipun Anda juga bisa menggunakan warna lain.

4. Gladiol

Gladiol memiliki bunga dan daun yang indah yang tumbuh dalam bentuk seperti pedang. Ini menjadikannya salah satu jenis bunga pemakaman terbaik.

Putih, merah muda, merah, ungu, kuning, oranye, salmon, dan hijau adalah beberapa warna bunga gladiol yang bisa Anda pilih saat membelinya untuk pemakaman.

5. Krisan

Di banyak negara Eropa, orang menggunakan bunga krisan di pusara dan pemakaman. Bunga krisan juga melambangkan kematian dan kesedihan di beberapa negara Asia seperti Jepang, Tiongkok, dan Korea.

Anda dapat membawa bunga krisan ke pemakaman untuk menawarkan kedamaian dan cinta bagi jiwa orang yang sudah meninggal dunia.

6. Hyacinth

Hyacinth adalah salah satu jenis bunga pemakaman terbaik, tersedia dalam berbagai warna sehingga Anda dapat memilih satu sesuai keinginan dan memberikannya kepada anggota keluarga mendiang.

Sebab, bunga ini melambangkan kesedihan yang mendalam dan penyertaan dalam doa.

Berbagai warna anyelir menyiratkan perasaan yang berbeda seperti putih untuk kepolosan, merah muda untuk ingatan, dan merah untuk cinta dan kekaguman. Di banyak pemakaman, bunga anyelir adalah bagian dari karangan bunga.

8. Peace lily

Peace lily melambangkan kesucian dan merupakan pilihan tepat untuk pemakaman. Bunga ini juga tetap segar lama di rumah seseorang.

9. Hydrangea

Banyak orang percaya bahwa bunga hydrangea beresonansi dengan emosi yang tulus, menjadikannya salah satu jenis bunga pemakaman terbaik.

Karena warna biru melambangkan kedamaian dan ketenangan, itu dapat menjadi pilihan Anda untuk pemakaman.

10. Cyclamen

Cyclamen melambangkan bahwa semua hal baik akan berakhir dan memulai transisi ke alam selanjutnya, menjadikannya pilihan ideal untuk diberikan pada pemakaman karena juga mewakili kepergian.

Putih, merah muda dan merah adalah warna bunga cyclamen yang bisa Anda pilih.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/07/071900176/10-bunga-simbol-duka-cita-cocok-untuk-pemakaman

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke