Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Ide Dekorasi Kamar Tidur Kecil untuk 2 Anak, Apik dan Nyaman

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur kecil bukan berarti tidak nyaman. Namun, seringkali kamar tidur kecil, khususnya kamar tidur anak, menghadirkan tantangan desain yang rumit.

Dikutip dari Homes & Gardens, Jumat (3/2/2023), Anda tentu ingin anak-anak memiliki tempat yang cerah dan rapi untuk tidur, bermain, dan mengerjakan tugas sekolah.

Seringkali, solusi untuk masalah tata letak kamar tidur kecil untuk anak-anak adalah furnitur bawaan yang dapat memaksimalkan setiap inci ruang, kata Lucy Searle, pemimpin redaksi Homes & Gardens.

Namun, ini adalah pelajaran penting untuk dipelajari bahwa furnitur harus dapat dilenturkan. Menurut Searle, anak-anak tumbuh begitu cepat dan kebutuhan mereka berubah dengan cepat.

Merencanakan ide kamar tidur kecil untuk dua anak bergantung pada banyak pemikiran ke depan. Penyimpanan yang baik, furnitur multifungsi yang melayani kebutuhan anak yang terus berubah, dan dekorasi imajinatif adalah kuncinya.

Keseimbangan antara bentuk dan fungsi akan menghasilkan tata letak kamar tidur kecil yang bekerja keras dan bertahan dalam ujian waktu.

Berikut beberapa ide dekorasi kamar tidur kecil untuk dua anak yang bisa menjadi inspirasi Anda di tengah keterbatasan ruang.

1. Maksimalkan semua solusi penyimpanan

Dalam dekorasi kamar tidur kecil untuk dua anak, penyimpanan mainan dan ide rak buku akan menjadi kuncinya.

Jika rak dapat disesuaikan, rak dapat dengan mudah beralih dari menyimpan mainan dan buku anak kecil saat mereka masih kecil menjadi tugas sekolah dan perangkat game saat mereka beranjak dewasa.


Dalam hal kamar tidur anak-anak, salah satu pertimbangan terpenting adalah pengaturan.

Dengan perencanaan yang hati-hati dan matang, Anda dapat memastikan bahwa Anda memaksimalkan ruang yang tersedia dengan penyimpanan yang cukup untuk menjaga pakaian, mainan, dan barang-barang lainnya tetap teratur, sambil menyisakan ruang untuk tempat tidur dan tempat untuk belajar dan bermain.

Dengan perencanaan pada tahap paling awal, Anda akan dapat menyiapkan kamar tidur anak untuk masa depan dengan fondasi yang kuat, hanya memperbarui cat dan dekorasi umum saat anak tumbuh dan minat mereka berubah seiring waktu, saran Emma Deterding, pendiri dan kreatif direktur di Kelling Designs.

2. Maksimalkan ruang vertikal

Kamar tidur kecil anak-anak, untuk dua anak, perlu memanfaatkan dinding semaksimal mungkin. Langkah pertama untuk ruang bersama, atau yang dapat melayani menginap reguler, adalah mempertimbangkan ide tempat tidur susun.

Di luar itu, pastikan penyimpanan apa pun yang dipasang dari lantai ke langit-langit untuk memaksimalkan peluang.

Ingatlah bahwa penyimpanan dari lantai ke langit-langit akan membuat tapak ruangan terasa jauh lebih kecil.

Namun, jika Anda mencari ide cat kamar anak berwarna pucat, tidak hanya akan membuatnya terasa ringan, tetapi juga akan memberikan ilusi ruang, ujar Searle.

Kayu warna muda adalah pilihan yang sempurna, dan terlihat bagus dengan nuansa warna pastel. Selain itu, carilah karpet yang memiliki banyak warna agar lebih menarik.

3. Sandaran kepala tempat tudur untuk menggantikan meja nakas

Gunakan setiap inci ruang yang memungkinkan, dan kami menyukai ide kepala tempat tidur yang cerdas yang menyediakan penyimpanan yang cukup untuk memberi Anda ruang lantai berharga yang biasanya digunakan untuk furnitur lain.

4. Karpet lembut untuk meningkatkan kenyamanan

Mendesain kamar tidur anak-anak jelas membutuhkan kenyamanan, terutama ketika mereka masih kecil dan Anda mungkin menggabungkan ide kamar tidur dan ruang bermain.

Selain itu, mempertimbangkan kedap suara akan menjadi lebih jelas saat Anda mencari ide kamar tidur remaja.

Lantai adalah pertimbangan penting untuk kamar tidur anak karena akan membantu menciptakan ruang serbaguna yang nyaman sekaligus menjadi ruang berkarakter yang mereka sukai untuk menghabiskan waktu, jelas Punam Chada dari Carpetright.

Meskipun ide karpet biasanya dipertimbangkan terlebih dahulu untuk kamar tidur, baik lantai keras maupun karpet bisa cocok untuk kamar tidur anak.

Menurut Chada, karpet menambah kenyamanan, insulasi alami dan merupakan pilihan yang sangat baik, lebih hangat dari lantai keras dan lebih lembut di telapak kaki.

5. Dinding putih

Ide kamar tidur warna putih selalu menjadi pilihan tepat untuk ruang kecil, dan solusi nyata bagi siapa pun yang mencari ide pembibitan yang netral gender.

Akan tetapi, pertimbangkan warna yang Anda pilih dengan hati-hati agar terasa nyaman, dan tambahkan warna melalui aksesori. Ini juga akan membantu Anda memperbarui kamar tidur dengan lebih mudah dan merupakan pilihan tepat untuk rumah kontrakan.

Putih adalah pilihan terbaik untuk ruangan gelap kecil, itu akan langsung mencerahkan dan mengangkat ruang dan Anda kemudian dapat menambahkan warna dengan aksesori.

Gunakan kayu berwarna sedang untuk kehangatan dan Anda bisa kontemporer dengan pilihan Anda, seperti meja nakas dan rak buku nuansa modern, sebut Jennifer Ebert, editor digital, Homes & Gardens. 

6. Penyimpanan tersembunyi

Ide tempat duduk dekat jendela tidak hanya menawarkan kesempatan untuk membuat tempat duduk yang lucu.

Namun, ini juga memberi Anda tempat penyimpanan tersembunyi dan memungkinkan Anda menambahkan warna, fokus, dan pola ekstra ke kamar tidur kecil anak.

Saat merancang kamar tidur anak, menyertakan tempat tidur susun sangat cocok untuk kamar kecil yang digunakan bersama oleh banyak anak.

Lebih khusus lagi, termasuk bagian yang dirancang secara kreatif yang mencakup dua tempat tidur, penyimpanan, rak, dan area meja menyederhanakan proses desain, sedemikian rupa sehingga hampir tidak diperlukan furnitur tambahan di dalam ruangan, ujar Sarah Jefferys, Pendiri Arsitektur Sarah Jefferys + Interior.

7. Gunakan satu material saja

Jika Anda akan melakukan ini, pastikan bahan memiliki tekstur dan kedalaman. Kayu sangat cocok untuk ini.

Gunakan satu bahan untuk semua permukaan untuk menjaga barang tetap rapi dan tidak terlalu sibuk dengan banyak transisi bahan, tutur Ginger Curtis, pemilik dan desainer utama Urbanology Designs.

Warna maple yang ringan namun netral terasa sangat organik namun tetap nyaman, imbuh Curtis.

8. Pilih gaya yang tahan lama

Anak-anak tumbuh sangat cepat sehingga membayar untuk berinvestasi dalam furnitur klasik yang akan membantu Anda melalui percepatan pertumbuhan dan tetap menjadi taruhan gaya.

Searle mengungkapkan, perabotan yang dapat Anda cat, cat ulang, dan kreasi ulang akan memberi Anda fleksibilitas seiring perubahan selera anak.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/03/113200376/8-ide-dekorasi-kamar-tidur-kecil-untuk-2-anak-apik-dan-nyaman

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke