Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Ras Anjing yang Cocok Dipelihara Pemula

Namun, hal ini juga bisa menjadi hal yang sedikit mengkhawatirkan. Pasalnya, ada banyak hal yang belum diketahui tentang perawatan anjing seperti mengatur rutinitas pemberian makan, memberikan pelatihan, dan perawatan kesehatan anjing secara umum. 

Belum lagi, beradaptasi serta mengenali kepribadian dan perilaku satu sama lain. Tentu saja, Anda tidak ingin keluar dari masa tersebut dengan perasaan telah membuat pilihan anjing yang salah.

Untungnya, ada beberapa ras anjing yang cenderung menjadi anjing terbaik untuk mereka yang baru pertama kali memelihara anjing. 

Anjing-anjing ini dikenal lebih santai, perawatan lebih rendah, memiliki perilaku yang mudah diprediksi, dan paling penting tidak terlalu mengintimidasi daripada beberapa ras lainnya. 

Dikutip dari The Spruce Pets, Senin (30/1/2023), berikut sejumlah ras anjing yang cocok dipelihara pemula.   

Anjing senang bermain-main dengan anak-anak, senang menghabiskan malam dengan bersantai di rumah, serta beradaptasi baik pada hampir semua situasi kehidupan. 

Meski tidak agresif, Bernese mountain dog adalah anjing pengawas yang baik dan sangat setia pada manusia. Namun, anjing ini memiliki bulu yang cukup rontok dan perlu disikat secara teratur untuk menghilangkan bulu-bulu yang rontok. 

Bichon frise

Selanjutnya, ras anjing yang cocok dipelihara pemula adalah Bichon frise. Bichon frise adalah anjing kecil yang ceria dan suka berpetualang, cocok untuk keluarga yang memiliki anak atau tinggal di apartemen.

Bichon frise adalah teman yang baik untuk segala hal. Ras anjing ini relatif mudah dilatih, beradaptasi baik dengan gaya hidup apa pun, serta hanya perlu olahraga ringan setiap hari agar bahagia dan sehat.

Namun, Anda perlu mendedikasikan waktu dan uang untuk kunjungan rutin ke groomer. Bulu keriting yang dimiliki Bichon frise perlu dipangkas secara teratur dan disikat dengan hati-hati. Untuk bulu yang lebih mudah dirawat, sebaiknya menjaganya agar tetap pendek. 

Cavalier dapat hidup baik di semua jenis rumah tangga dan cenderung rukun dengan anak-anak dari segala usia.

Cavalier King Charles spaniel berukuran kecil, tetapi tidak mungil dan memiliki sikap lembut. Anjing ini elegan, penuh perhatian, dan umumnya pendiam.

Tingkat energi Cavalier yang moderat berarti latihan dasar harian biasanya cukup untuk menjaga kesehatannya.

Meski memiliki bulu dengan panjang sedang, kebutuhan perawatan anjing ini sangat sederhana. Menyikat secara teratur sangat penting untuk menghindari kekusutan pada bulunya.  

Golden retriever

Golden retriever adalah ras anjing yang cocok dipelihara pemula. Anjing keluarga ini sangat baik dengan anak-anak dari segala usia.

Anjing berukuran sedang-besar juga dikenal setia, penuh kasih sayang, aktif, cerdas, juga mudah beradaptasi di sebagian besar rumah tangga.

Golden retriever juga membutuhkan cukup banyak latihan untuk menjaga kondisi fisik yang baik dan mencegah kebosanan.

Anjing ini senang belajar dan dapat dilatih untuk melakukan banyak hal. Namun, Golden retriever membutuhkan penyikatan secara teratur untuk menjaga bulunya bebas dari kusut.  

Namun, pemotongan bulu secara teratur dapat menjaga bulu Maltese tetap pendek dan mudah diatur. Untungnya, bulu anjing Maltese tidak banyak rontok, tetapi harus disikat setiap hari.

Anjing Maltese adalah ras yang sangat penyayang, bahagia, tidak membutuhkan olahraga berlebihan, serta senang menghabiskan waktu bersantai di pangkuan pemiliknya. 

Ini membuat Pudel menjadi ras anjing yang cocok dipelihara pemula. Pudel tersedia dalam tiga ukuran, yakni mainan, miniatur, atau standar. Semuanya cerdas dan merespons baik saat dilatih.

Pudel adalah anjing energik yang membutuhkan banyak latihan, stimulasi mental, serta membutuhkan perawatan secara teratur untuk mempertahankan bulunya yang keriting dan terus tumbuh. 

Shih tzu

Shih tzu adalah ras anjing kecil yang penuh kasih sayang. Ras asli Tiongkok kuno ini paling senang saat menghabiskan waktu bersama keluarga, entah itu berbaring di sofa maupun bermain dengan anak-anak.

Shih tzu bukan ras yang membutuhkan banyak olahraga dan tidak menggonggong secara berlebihan, tetapi perlu menyikat bulu halus yang indah itu setidaknya beberapa kali setiap minggu untuk mencegah kekusutan. 

Nah, itu dia sejumlah ras anjing yang cocok dipelihara pemula. Anda tertarik memelihara yang mana untuk pertama kali? 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/30/154300976/7-ras-anjing-yang-cocok-dipelihara-pemula

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke