Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Tanaman Hias yang Tidak Beracun untuk Anjing dan Kucing Peliharaan

Pasalnya, anjing dan kucing gemar mengunyah tanaman hias yang dapat membuat tanaman rusak. Ditambah, ada beberapa tanaman hias yang beracun untuk hewan peliharaan sehingga perlu berhati-hati memilih serta meletakkannya di rumah.  

Namun, untuk memastikan sahabat bulu aman serta hobi merawat tanaman berjalan lancar, pastikan memilih tanaman hias yang aman dan ramah untuk hewan peliharaan.

American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA)—organisasi nirlaba pencegahan kekejaman terhadap hewan—membagikan sejumlah tanaman hias yang aman untuk hewan peliharaan seperti dilansir dari The Spruce, Senin (30/12/2023). 

Untungnya, gloxinia menjadi tanaman hias yang tidak beracun untuk anjing dan kucing peliharaan. Berikan cahaya tidak langsung dan kelembapan konstan untuk tanaman asli Brasil ini. 

African violet 

African violet (Saintpaulia) adalah salah satu tanaman hias yang aman untuk hewan peliharaan.

Tanaman ini diminati karena mekar dalam cahaya redup dan tumbuh subur dalam kondisi lingkungan dengan suhu sedang dan kelembapan rata-rata.

Pilihlah campuran pot bebas tanah dan gunakan pupuk yang seimbang untuk menjaga kesehatan bunga violet Afrika. 

Tanaman laba-laba juga dapat mentoleransi berbagai kondisi cahaya, kelembapan, dan tanah.  

Venus fly trap 

Tanaman karnivora merupakan tambahan menyenangkan dan menarik untuk koleksi tanaman hias. Untungnya, tanaman venus fly trap (Dionaea muscipula) tidak beracun untuk hewan peliharaan.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir dan membawa sahabat bulu ke dokter hewan apabila tanaman venus fly trap tidak sengaja menggigitnya.

Tanaman hias ini membutuhkan cahaya terang dan penyiraman dengan air suling untuk membuatnya tetap tumbuh serta berkembang. 

Terkadang pelepah palem dapat memicu naluri menggigit dan mengunyah dari kucing dan anjing peliharaan. Untungnya, areca palm menjadi tanaman hias yang tidak beracun untuk anjing dan kucing. 

Letakkan tanaman areca palm di ruangan terang dan biarkan tanah mengering di antara penyiraman untuk membuatnya terus tumbuh. 

Pakis Boston

Pakis Boston (Nephrolepis) adalah tanaman hias favorit yang bertahan lama, tapi daunnya yang berbulu lebat bisa menggoda kucing dan anjing untuk mengunyahnya.

Beruntung, dedaunan pakis Boston tidak beracun bagi kucing dan anjing, jadi tidak masalah memasukkan ke rumah untuk mencerahkan ruang tamu atau kamar mandi.

Pakis Boston lebih menyukai kelembapan serta banyak cahaya terang dan tidak langsung.

Calathea adalah pilihan sangat baik untuk diletakkan tempat teduh di rumah yang ramah hewan peliharaan.

Meletakkan tanaman calathea di tempat yang mendapat terlalu banyak cahaya dapat menyebabkan warna dedaunan memudar.

Peperomia

Keragaman warna dan tekstur di seluruh spesies Peperomia membuatnya berada di daftar tanaman hias yang populer.

Peperomia juga menjadi tanaman hias yang tidak beracun untuk anjing dan kucing. Tanaman ini bagus diletakkan dalam keranjang gantung dan tidak keberatan jika lupa menyiramnya. 

Anggrek

Jika menyukai anggrek (Orchidaceae), Anda bisa menambahkannya ke dalam daftar tanaman hias yang aman untuk hewan peliharaan.

Banyak anggrek yang mekar selama berminggu-minggu pada musim dingin saat hari tidak terlalu panjang serta tumbuh subur dalam kondisi cahaya parsial dan terikat akar.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/30/120739176/9-tanaman-hias-yang-tidak-beracun-untuk-anjing-dan-kucing-peliharaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke