Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Mengatasi Hairball pada Kucing Peliharaan

Tak jarang, kebiasaan merawat diri ini sering kali menyebabkan kucing mengalami hairball atau menelan bola rambut. 

Hairball dapat membuat kucing merasa tidak nyaman, tersedak, dan muntah saat berusaha mengeluarkan bulu tersebut. 

Karena itu, sangat penting mengatasi hairball pada kucing. Ada banyak cara yang bisa dilakukan pemilik untuk membantu kucing mengeluarkan hairball. 

Dikutip dari PetKeen, Minggu (29/1/2023), berikut sejumlah cara mengatasi hairball pada kucing.

Dehidrasi dapat meningkatkan kemungkinan kucing mengalami hairball. Jika kucing peliharaan menjalani diet kibble kering yang ketat, pertimbangkan menambahkan makanan segar yang kaya kelembapan atau makanan basah ke dalam makanan rutinnya.

Makanan basah memberikan kelembapan ekstra bagi kucing peliharaan yang dapat membantunya tetap terhidrasi.

Selain itu, doronglah kucing minum lebih banyak air dengan meletakkan lebih banyak mangkuk air di sekitar rumah, membelikannya air mancur, dan mengganti air minumnya secara teratur.

Sediakan makanan tinggi serat

Jika kucing sering mengalami hairball, mungkin ada masalah pada pola makannya seperti kurang serat. Cara mengatasi hairball pada kucing adalah memberikan makanan kaya serat. Serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan kucing dan mencegah hairball.

Berikan resep makanan kucing yang mengandung serat lebih tinggi atau resep yang mengatasi komplikasi hairball. 

Pelumas ini juga mengandung suplemen probiotik yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Sangat mudah memberikan pelumas ini kepada kucing peliharaan. Anda dapat menaruh setetes pelumas di kaki kucing, mendorongnya untuk menjilatnya, atau memberinya makan dari jari-jari Anda. 

Sajikan pasta atau camilan malt

Seperti halnya pelumas lambung, pasta malt membantu menggerakkan rambut melalui sistem pencernaan setelah dikonsumsi. Malt juga membantu melancarkan pencernaan makanan serta memberikan dorongan energi.

Meski pasta malt efektif, tapi terkadang sulit diberikan. Anda dapat meneteskan pasta pada kaki kucing, tetapi memberikan camilan malt adalah cara termudah memastikan bahwa kucing memakan malt. Camilan umumnya lebih menggugah selera kucing daripada pasta. 

Gunakan pelunak kotoran

Jika kucing kesulitan menggunakan kotak pasir karena kotorannya yang mengeras, sahabat bulu tidak dapat mengeluarkan hairball.

Walau dapat menggunakan kotak pasir kucing untuk membuang kotoran, kucing tidak dapat mengeluarkan sebagian besar kotoran tersebut, yang akan menyebabkan penumpukan bulu di dalam sistem pencernaannya.

Anda dapat melunakkan kotorannya menggunakan obat pencahar kucing yang diresepkan dokter hewan. 

Sembelit akibat kurang berolahraga lebih sering terjadi pada kucing yang lebih tua karena cenderung tidak aktif dengan sendirinya.

Maka itu, sangat penting menjadwalkan waktu yang teratur untuk berolahraga bersama kucing. Bermain dengan kucing adalah cara bagus mendorong gaya hidup yang lebih aktif. 

Memberikan minyak ikan

Terakhir, cara mengatasi hairball pada kucing adalah memberikan minyak ikan. Ini dapat menjadi pilihan baik jika ingin memberikan obat hairball kepada kucing.

Minyak akan melumasi sistem pencernaan kucing sehingga membuat pengeluaran hairball  lebih mudah.

Kucing menyukai rasa ikan dan meyakinkannya memakan makanan yang dilapisi minyak ikan tidak akan sulit.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/29/121503876/7-cara-mengatasi-hairball-pada-kucing-peliharaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke