Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanda-tanda Tanaman Hidroponik Kekurangan Unsur Hara dan Solusinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Budidaya tanaman dengan metode hidroponik banyak digemari masyarakat karena dapat dilakukan di lahan terbatas. Sebab, budidaya tanaman hidroponik tidak membutuhkan tanah dan dilakukan secara organik.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Rabu (18/1/2023), secara umum, bertanam dengan sistem hidroponik sangat sederhana, mulai dari menyemai, tumbuh dan tunggu hingga panen.

Namun, dari proses semai hingga panen kerap terjadi tantangan-tantangan seperti yang dialami budidaya konvensional seperti serangan hama, penyakit tanaman, defisiensi atau kekurangan unsur hara, benih yang tidak tumbuh, dan lain-lain.

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai tanda-tanda tanaman hidroponik kekurangan unsur hara. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengetahuinya.

1. Identifikasi tanaman

Pertama-tama, perhatikan semua tanaman yang ada. Pada tanaman sayuran, perhatikan daun, jika ada perubahan kondisi daun yang menjadi pucat lalu berubah warna menjadi kuning kecoklatan, sementara urat daun masih tetap warna hijau.

Jika demikian, maka tanaman hidroponik kekurangan unsur besi (Fe).

Zat besi penting dalam pembentukan hijau daun (klorofil), pembentukan karbohidrat, lemak, protein, dan enzim.

Namun, kekurangan zat besi pada tanaman juga dapat disebabkan terjadinya kekurangan mangan (Mn) dan kalium (K) atau kelebihan sulfat (S), yang mengakibatkan pergerakan besi terhambat dan Fe tidak sampai ke daun, meskipun pengisapan Fe berlangsung terus.

Solusi terbaik dan mudah dilakukan adalah mengganti air nutrisi dengan yang baru dengan komposisi AB Mix sesuai anjuran atau menambahkan unsur Fe 13 persen sebanyak 5 hingga 10 gram untuk 1.000 liter air.

2. Identifikasi pH nutrisi

Sahabat tani, rata-rata tanaman membutuhkan larutan nutrisi yang ber pH netral, yaitu skala pH dalam rentang 6,0 hingga 6,5.

Jika skala pH suatu larutan nutrisi di bawah atau melebihi angka tersebut sudah dapat dipastikan tanaman tidak dapat tumbuh dan berproduksi. Khusus tanaman kailan, pH yang dibutuhkan agar dapat tumbuh baik memerlukan kisaran pH antara 5,5 sampai 6,5.

Untuk itu, Anda harus sering mengukur pH air nutrisi dan dilakukan pencatatan agar dapat mengetahui perkembangan pH dari hari ke hari.

Anda dapat melakukan pengukuran dengan menggunakan pH meter. Pada alat tersebut terdapat skala pH yang terdiri dari 14 angka, mulai dari nol hingga 14.

Larutan nutrisi hidroponik yang menunjukkan skala di bawah angka 7 bersifat asam, sedangkan larutan dengan skala lebih dari 7 hingga angka 14 bersifat basa.

3. Identifikasi kepekatan nutrisi

Selanjutnya, Anda perlu mengidentifikasi kepekatan nutrisi air hidroponik agar tanaman kita dapat tumbuh subur. Tanaman memerlukan unsur hara yang disediakan dalam bentuk pupuk yang dilarutkan dalam air.


Untuk mengetahui kepekatan nutrisi hidroponik, Anda dapat menggunakan alat TDS meter (Total Dissolved Solids) yaitu alat untuk mengukur partikel padatan terlarut di air nutrisi dengan satuan ppm (part per million).

Untuk tanaman kailan, partikel padatan terlarut di dalam air berkisar 1.050 sampai 1.400.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/18/163300876/tanda-tanda-tanaman-hidroponik-kekurangan-unsur-hara-dan-solusinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke