Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Kesalahan Menggunakan Kulkas yang Bikin Boros Listrik, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari membiarkan lampu menyala saat Anda tidak di rumah hingga menyetel termostat terlalu tinggi, ada sejumlah kebiasaan rumah yang tidak masuk akal yang bertambah seiring waktu dan meningkatkan tagihan listrik.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa dapur bisa menjadi penyebab lonjakan tagihan listrik yang signifikan? Jika Anda ingin menghemat uang dan energi, bahkan dengan bahan makanan, mulailah dari kulkas. 

Dikutip dari The Kitchn, Selasa (10/1/2023), berikut delapan kebiasaan kulkas yang paling umum dan mahal untuk dihentikan secepatnya.

Juga, pertimbangkan untuk mencabut pembuat kopi dan pemanggang roti Anda saat tidak digunakan, karena ini juga menyerap listrik. 

1. Mengisi kulkas terlalu banyak

Menyimpan terlalu banyak bahan makanan di kulkas bisa menjadi lebih mahal.

Barang berlebih dapat menghalangi ventilasi di kulkas, dan terlalu banyak barang yang dijejalkan juga membuat kulkas bekerja lebih keras untuk tetap dingin saat membuka pintu kulkas.

2. Isi kulkas yang terlalu sedikit

Seperti kulkas yang terlalu penuh, kulkas yang kosong juga bisa menghabiskan uang. Karena benda dingin di kulkas berperan dalam menjaga suhu tetap rendah saat Anda membuka pintu, terlalu sedikit benda berarti alat harus bekerja lembur untuk mempertahankan suhu yang tepat.

Isi hingga 75 persen agar kulkas tetap stabil. 

3. Pengaturan suhu kulkas yang salah

Jika kulkas terlalu hangat, makanan Anda akan lebih cepat membusuk. Namun jika suhu disetel terlalu dingin, makanan akan membeku.

Untuk menjaga makanan segar, jaga suhu kulkas antara satu dan tiga derajat Celcius setiap saat. 

4. Mengatur kelembapan yang lebih tajam secara tidak benar

Tahukah Anda bahwa ada pengaturan kelembapan yang ideal untuk laci kulkas? Gunakan dengan benar dan produk Anda akan bertahan lebih lama.

Sayuran hijau dan herba, khususnya, berisiko tinggi layu jika laci terlalu lembap.

5. Menyimpan barang lama di belakang

Anda kemungkinan besar akan memakan apa yang Anda lihat. Jika Anda menyimpan barang lama, seperti sisa makanan, di bagian belakang kulkas, Anda tidak akan melihat atau menggunakannya.

Simpan makanan dengan mengembangkan sistem "masuk pertama, keluar pertama".

6. Menyimpan barang yang mudah rusak di pintu kulkas

Jika Anda menyimpan barang yang mudah rusak seperti susu di pintu, kulkas akan lebih cepat rusak, karena ini adalah area terhangat di kulkas, dan suhu akan semakin turun saat Anda membuka kulkas.

Agar makanan dan minuman Anda tidak rusak terlalu cepat, simpan bumbu dan barang lain yang tidak mudah rusak di pintu.

7. Terlalu banyak membuka kulkas


Untuk alasan yang jelas, berdiri di depan kulkas dengan pintu terbuka bukanlah ide yang bagus, karena suhu akan naik dengan cepat dan menyebabkan kulkas bekerja lebih keras untuk kembali ke suhu normalnya.

8. Memotong terlalu banyak makanan sebelum digunakan

Meskipun tidak ada yang salah dengan sedikit persiapan makanan, ada satu peraturan yang tidak boleh Anda langgar. Jangan memotong terlalu banyak makanan yang mudah rusak terlalu jauh sebelumnya.

Daging, buah, dan sayuran yang dipotong akan lebih cepat rusak daripada makanan utuh. Persiapkan apa yang akan Anda makan dalam seminggu dan tidak lebih.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/10/215000776/8-kesalahan-menggunakan-kulkas-yang-bikin-boros-listrik-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke