Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Kulkas Tidak Boleh di Sebelah Kompor?

JAKARTA, KOMPAS.com - Di apartemen atau rumah kecil, Anda tidak memiliki banyak ruang saat memutuskan di mana akan meletakkan peralatan elektronik besar, seperti kulkas.

Jadi, Anda harus mempertimbangkan dengan baik di mana sebaiknya meletakkan kulkas. Misalnya, bolehkah menempatkan kulkas di sebelah kompor.

Ada banyak anjuran untuk tidak meletakkan kulkas bersebelahan dengan kompor. Akan tetapi, sebenarnya kenapa kulkas tidak boleh di sebelah kompor?

Dikutip dari Howdy Kitchen, Senin (9/1/2023), meskipun secara teknis aman untuk menempatkan kulkas dan kompor di samping satu sama lain, tapi ini tidak disarankan. Panas kompor dapat mengganggu suhu dingin kulkas.

Ini memaksa kompresor kulkas bekerja dua kali untuk mempertahankan suhu dingin secara konsisten. Jika Anda tidak punya pilihan, letakkan pelindung panas di antara kedua peralatan tersebut.

Bisakah meletakkan kulkas di samping kompor di dapur?

Jika Anda baru saja pindah ke rumah baru atau membeli kulkas atau kompor baru, Anda mungkin bertanya-tanya di mana harus meletakkan peralatan tersebut.

Ada baiknya Anda mencari jawabannya sebelum meletakkan keduanya tanpa pikir panjang karena ada beberapa hal penting yang harus Anda hindari.

Misalnya, meski tidak disarankan, Anda boleh menempatkan kulkas di samping kompor dan sebaliknya. Ini biasanya banyak dilakukan di dapur kecil.

Namun demikian, Anda harus melakukan yang terbaik untuk menyisakan ruang sebanyak mungkin di antara kulkas dan kompor.

Apa yang terjadi jika meletakkan kulkas di samping kompor?

Jika semuanya berjalan dengan baik, maka tidak akan terjadi apa-apa di dapur. Lagi pula, kedua peralatan tersebut dilengkapi dengan segala jenis isolasi dan bahan pengaman yang mencegah perpindahan panas ke objek yang berdekatan.

Namun, yang harus Anda ketahui adalah bahwa kulkas dan kompor memiliki tujuan yang sangat berbeda. Kompor menggunakan panas untuk menaikkan suhu panci, wajan, dan makanan.

Adapun kulkas melakukan yang terbaik untuk menyerap panas dari dalam dan mengeluarkannya melalui lubang ventilasi.

Ketika Anda meletakkan benda panas seperti kompor di samping benda dingin seperti kulkas, maka kekacauan bisa terjadi. Panas kompor dapat berpindah ke bagian luar kulkas, menyebabkan kompresor memiliki pembacaan panas yang salah dan memaksanya bekerja lembur untuk mendistribusikan zat pendingin ke seluruh kumparan internal.

Ketika ini terjadi, Anda menempatkan kompresor pada risiko keausan dini, yang mungkin menyebabkan perbaikan yang mahal atau komponen yang rusak.

Dampak lain namun tidak terlalu buruk dari menempatkan kulkas di samping kompor adalah kekacauannya. Tumpahan makanan mungkin keluar dari panci dan menempel di sisi kulkas.

Cairan mungkin menetes ke lantai, dan Anda harus memindahkan kulkas atau kompor ke samping untuk membersihkan kotoran.

Berapa jarak kulkas dan kompor yang ideal?

Diyakini bahwa Anda membutuhkan setidaknya jarak 20 inci antara kulkas dan kompor. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan faktor kenyamanan penempatan peralatan dapur.

Orang cenderung banyak bergerak di sekitar kompor, dan pintu kulkas yang terbuka dapat sangat membatasi jangkauan gerak Anda. Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan apakah peralatan lain akan menghalangi panci dan wajan atau tidak, terutama jika gagangnya menonjol keluar dari panel depan kompor.

Dengan semua yang dikatakan, umumnya disarankan agar Anda menyisakan jarak setidaknya 12 inci antara kulkas dan kompor gas dan 9 inci antara kulkas dan kompor listrik.

Akan tetapi, semakin lebar celahnya, semakin baik.

Cara aman meletakkan kulkas di samping kompor

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mungkin aman untuk meletakkan kulkas di sebelah kompor dan sebaliknya. Hal utama yang harus Anda ingat adalah bagaimana mencegah perpindahan panas dari satu alat ke alat lainnya.

Biasanya, disarankan ada lemari atau ruang kosong di antara keduanya, tetapi jika itu tidak mungkin, ada beberapa hal yang dapat Anda coba agar kompor tidak merusak kulkas.

1. Pelindung panas

Pelindung panas terbuat dari bahan isolasi. Alat ini hadir dalam berbagai bentuk, termasuk tikar kecil untuk meletakkan panci panas di atas meja.

Untuk kompor, cari pelindung panas tinggi yang cukup tipis untuk ditempatkan di antara kompor dan kulkas.

Pelindung panas bukanlah solusi aman untuk masalah perpindahan panas. Paling-paling, alat ini dapat memantulkan hingga 90 persen panas radiasi.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mencari pelindung panas yang setinggi dan sedikit lebih lebar dari kulkas. Dengan begitu, Anda dapat memblokir sebagian besar panas dari menembus dinding samping dan belakang kulkas.

Anda dapat menemukan pelindung panas dalam berbagai bentuk dan ukuran. Semakin tebal, semakin baik, tetapi harus tetap pas di antara celah kecil antara kulkas dan kompor.

2. Cooker hood

Hal lain yang bisa Anda coba adalah menggunakan cooker hood. Alat ini meningkatkan kualitas udara di dapur dengan menyedot panas dan uap dan menyaringnya melalui saringan jaring halus atau membuangnya ke luar ruangan.

Setiap kali Anda ingin memasak sesuatu di atas kompor atau oven, cukup nyalakan cooker hood ke pengaturan daya tertinggi.

Ini akan mencegah uap menyebar ke mana-mana dan berpotensi menyebabkan kerusakan pada dinding samping kulkas.

Dalam hal ukuran cooker hood, lebih besar hampir selalu lebih baik. Namun, Anda harus mengetahui ukuran kompor dan ruang kosong di antara lemari dinding sebelum membeli cooker hood.

Tata letak peralatan elektronik di dapur

Anda dapat mendesain tata letak dapur sesuka Anda. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memperbaiki peralatan tertentu secara permanen di tempatnya.

Secara umum, bak cuci piring, kompor, dan kulkas harus diposisikan dalam bentuk segitiga. Dengan begitu, Anda akan memiliki jarak berjalan kaki yang rata ke salah satu peralatan yang berdekatan di mana Anda berada.

Sebagian besar waktu yang dihabiskan di dapur dihabiskan di depan tiga hal ini, jadi semakin sedikit berjalan yang harus Anda lakukan untuk berpindah dari satu ke yang lain, semakin baik.

Namun bagaimana jika Anda tinggal di apartemen atau rumah dengan dapur kecil? Selain itu, bagaimana jika Anda hanya dapat memutuskan di mana akan meletakkan kulkas?

Jika demikian, jauhkan kulkas dari kompor sejauh mungkin. Selain itu, pastikan bahwa ketika membuka pintu kulkas tidak berbenturan dengan benda-benda di sekitarnya, terutama kompor dan bak cuci piring.

Gunakan pelindung panas jika dapur Anda tidak memiliki banyak ruang gerak antara kompor dan kulkas.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/09/071800776/kenapa-kulkas-tidak-boleh-di-sebelah-kompor-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke