Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Merawat Tanaman Palem di Dalam Ruangan

Meski ada lebih dari 2.500 varietas palem di seluruh dunia, hanya segelintir yang tumbuh baik sebagai tanaman hias. 

Pohon palem ruang tamu (Chamaedorea elegans) termasuk yang paling mudah ditemukan di pusat taman dan biasanya memiliki harga yang terjangkau. 

Varietas ini menjadi favorit di kalangan penggemar tanaman hias karena tumbuh cepat, minim perawatan, dan aman untuk rumah yang memiliki hewan peliharaan.

Selanjutnya, varietas palem favorit lainnya adalah Ravenea rivularis. Palem ini tumbuh lebih lambat dari palem ruang tamu dan memiliki daunnya yang cantik. Varietas ini juga mudah ditemukan di pengecer dan toko online.

Untuk tampilan lebih eksotis, palem kipas Cina (Livistona chinensis) adalah tanaman cantik yang dapat tumbuh setinggi tiga meter di perkebunan dalam kondisi tepat.

Namun, terlepas dari varietas yang dipilih, tanaman palem memiliki persyaratan khusus untuk tumbuh subur di dalam ruangan.  

Udara kering merupakan masalah bagi pohon palem dalam pot dan dapat menyebabkan daun mulai berwarna coklat pada ujungnya.

Kelembapan ideal untuk palem adalah sekitar 50 persen, yang sulit dipertahankan saat musim dingin. Menggunakan pelembap di dekat tanaman atau menyemprotkannya beberapa kali seminggu dapat membantu mencegah daun mengering. 

Hal yang sama berlaku untuk pohon palem di tanah kering. Campuran tanah berbasis gambut sangat ideal karena memiliki drainase baik sekaligus mempertahankan kelembapan yang cukup untuk menjaga akar tetap sehat.

Pohon palem rata-rata tumbuh baik di suhu rumah. Tanaman ini juga tumbuh paling baik di bawah sinar matahari yang terang dan tidak langsung.

Paparan sinar matahari langsung dapat menghanguskan daunnya, tetapi ruangan yang cerah di sisi selatan rumah adalah tempat tepat untuk tanaman ini tumbuh subur.

Namun, jika tidak memiliki area dengan banyak sinar matahari, ruang tamu adalah pilihan baik untuk kondisi pencahayaan rendah.  

Karena itu, sediakan air setiap kali permukaan tanah kering. Daun coklat adalah tanda tanah kering, sedangkan daun menguning menunjukkan akar tanaman terlalu basah.

Karena pohon palem tumbuh terutama pada musim panas, Clemson Cooperative Extension menyarankan memupuk tanaman setiap dua bulan antara April dan Agustus dengan pupuk lepas lambat yang dibuat khusus untuk pohon palem. 

Untuk pemangkasan, tanaman palem memiliki beberapa persyaratan berbeda. Pelepah yang lebih tua secara alami akan memudar, tetapi seiring berjalannya waktu, pelepah terus memberikan nutrisi pada tanaman palem.

Membuang daun yang lebih tua ini sebelum waktunya dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Meski tidak cantik, cobalah menunggu sampai pelepah benar-benar berwarna coklat sebelum melepasnya.

Selain itu, Anda tidak boleh memangkas pohon palem hingga ukuran tertentu karena bisa membuat tanaman tidak sedap dipandang dan tidak sehat.

Terakhir, pastikan memilih variasi dan ukuran tanaman yang tepat dan sesuai dengan ruangan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/06/161600976/cara-merawat-tanaman-palem-di-dalam-ruangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke