Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2 Cara Memperpanjang Masa Pakai Kulkas, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan kulkas harus diperhatikan karena merupakan peralatan elektronik rumah tangga yang digunakan setiap hari dan setiap saat. Dengan perawatan yang baik, maka kulkas dapat bekerja secara efisien.

Jika tidak, kulkas akan memiliki umur yang lebih pendek daripada waktunya.

Dilansir The Kitchn, Selasa (27/12/2022), Chris Zeisler, technical service supervisor di Repair Clinic, sebuah perusahaan suku cadang peralatan internasional mengatakan ada dua hal yang akan membantu kulkas agar lebih awet dan tahan lama, antara lain sebagai berikut. 

Hal ini penting, karena kulkas bertugas mendinginkan makanan dengan melewatkan zat pendingin melalui gulungan, yang menghilangkan panas.

Jika koil kondensor kotor, panas tidak akan hilang secara efektif, terang Zeisler.

Saat kotoran menumpuk di gulungan, kulkas menjadi kurang efisien, menyebabkan kulkas bekerja lebih keras untuk menjadi dingin. Jika koil sangat kotor, kulkas tidak akan dapat mempertahankan suhu yang tepat.

Jadi, sekali atau dua kali setahun, pastikan untuk memberikan koil kondensor sekali lagi. Anda tidak perlu menjadi seorang profesional untuk melakukan pekerjaan itu.

Pastikan untuk mencabut steker kulkas untuk menghindari sengatan listrik, kemudian gunakan sikat kondensor dan penyedot debu untuk menyedot kotoran yang lepas.

2. Pastikan kulkas tidak mengeluarkan udara dingin dengan membersihkan gasket pintu kulkas

Gasket adalah segel yang mengelilingi pintu kulkas yang membuatnya kedap udara. Sebaiknya bersihkan dan lumasi gasket pintu kulkas dan freezer secara berkala, saran Zeisler.

Alasannya? Gasket yang kotor tidak menutup sebaik yang bersih, yang berarti kulkas mungkin bekerja keras dan pada akhirnya menghabiskan lebih banyak energi. 

Sabun dan air panas dapat digunakan untuk menyeka gasket Saat membersihkan, periksa gasket apakah ada yang pecah, sobek, atau terlipat, yang semuanya juga dapat merusak segel pintu kulkas.

Jika ada yang ditemukan, mungkin sudah waktunya untuk menggantinya dengan yang baru, terang Zeisler.

Gasket pintu kulkas yang buruk dapat memungkinkan udara hangat masuk ke dalam kulkas, menyebabkan penumpukan es serta membuat kulkas menjadi kurang efisien.

Setelah dibersihkan, Zeisler merekomendasikan untuk melapisi permukaan gasket dengan sedikit petroleum jelly. Ini akan membantu gasket memperpanjang umurnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/27/143300476/2-cara-memperpanjang-masa-pakai-kulkas-apa-saja-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke