Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menghilangkan Bau di Saluran Wastafel Kamar Mandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga agar kamar mandi tetap harum bisa menjadi tantangan tersendiri. Anda perlu menggosok kloset, mengosongkan tempat sampah secara teratur, dan menggunakan semprotan penghilang bau untuk menutupi bau setelah digunakan.

Meski begitu, Anda mungkin masih sesekali mencium bau yang muncul dari wastafel. Ada banyak alasan mengapa wastafel kamar mandi berbau busuk, jadi Anda perlu memecahkan masalah sebelum menghilangkan bau busuk tersebut.

Dilansir dari Hunker, Minggu (25/12/2022), inilah yang harus dilakukan untuk menghilangkan bau di saluran wastafel kamar mandi.

Jika wastafel kotor, itu mungkin masalahnya, dan scrub yang tepat dengan pembersih berbasis pemutih dapat mengatasi masalah tersebut. 

2. Menghilangkan bau di wastafel 

Jika baunya seperti telur busuk, itu pertanda baik bahwa Anda mencium bau kotoran.

Bau kotoran itu biasanya berarti perangkap-P  kering, membiarkan gas kotoran mengapung ke saluran pembuangan, atau ventilasi tersumbat, yang berarti gas saluran pembuangan tidak punya tempat untuk keluar, sehingga berakhir di rumah.

Jika Anda jarang menggunakan wastafel dan menyadari baunya seperti kotoran, alirkan air selama beberapa menit untuk melihat apakah baunya hilang setelah penghalang kelembapan perangkap-P dipasang kembali.


Di sisi lain, jika Anda secara teratur menggunakan wastafel atau jika menambahkan air ke P-trap tidak membantu, hubungi tukang ledeng karena Anda mungkin memiliki masalah ventilasi yang memerlukan bantuan profesional.

3. Diagnosis penumpukan biofilm

Jika Anda tidak mencium bau selokan, kemungkinan besar Anda mencium sesuatu seperti sayuran busuk dan apak. Bau ini disebabkan oleh penumpukan bakteri, yang seringkali tumbuh cukup tebal untuk melapisi pipa Anda dengan lendir berbau hitam yang disebut "biofilm."

Untuk memastikan Anda memiliki penumpukan biofilm di bak cuci, lepaskan sumbat bak cuci dan lepaskan. Jika tertutup film hitam, pipa dilapisi biofilm.

Sementara pembersih saluran komersial dapat menghilangkan biofilm, Anda juga dapat mencoba pengobatan rumahan, seperti berikut ini. 

Siram pipa dengan air mendidih. Taburkan satu cangkir soda kue ke saluran pembuangan diikuti dengan satu cangkir cuka.

Reaksi kimia dapat mengagitasi bakteri yang bersarang di saluran pembuangan. Setelah 10 menit, alirkan lebih banyak air mendidih ke saluran pembuangan untuk mengeluarkan slime lebih lanjut.

Jika ini gagal, penyumbatan kecil mungkin menjebak lendir dan bau. Jika Anda memiliki alat pembersih saluran gunakan untuk menghilangkan sumbatan yang bermasalah.

Alternatifnya, gantungan baju kawat dapat menghilangkan hal-hal seperti penyumbatan rambut jika Anda menekuknya lurus dan menambahkan pengait kecil di ujungnya.

Setelah menghilangkan sumbatan, coba lagi metode pembersihan dengan air mendidih, soda kue, dan cuka.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/25/113000076/cara-menghilangkan-bau-di-saluran-wastafel-kamar-mandi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke