Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gampang, Ini Cara Membersihkan Talenan Kayu

Talenan kayu digunakan untuk mengiris atau memotong berbagai bahan makanan, dari bumbu dapur, sayuran, hingga buah. 

Sementara, daging tidak boleh dipotong di talenan kayu lantaran permukaan kayu yang berpori dapat memberikan akses lebih mudah bagi bakteri pada daging untuk bersarang di talenan. 

Selain itu, membersihkan talenan kayu juga tidak semudah talenan plastik yang dapat dicuci menggunakan mesin cuci piring.

Kesalahan membersihkan talenan kayu atau mencucinya dalam mesin cuci piri bisa membuatnya rusak, melengkung, bahkan patah. 

Sebaliknya, membersihkan atau perawatan tepat dapat membuat talenan kayu tahan lama hingga bertahun-tahun, bahkan menjadi benda pusaka di dapur. 

Talenan kayu harus dibersihkan secara teratur dan segera setelah digunakan. Namun, frekuensi membersihkan talenan kayu bervariasi, tergantung pada penggunaan.

Jika menggunakan talenan kayu hampir setiap hari, pertimbangkan  membersihkannya setiap bulan. Jika menggunakannya mingguan (atau dua mingguan), pertimbangkan  membersihkan talenan kayu secara musiman. 

Dilansir dari My Domaine, Kamis (8/12/2022), berikut cara memberishkan talenan kayu. 

Lakukan pembersihan cepat

Sebelum membersihkan talenan kayusecara mendalam, lakukan pembersihan cepat di permukaan terlebih dahulu.

Caranya, bersihkan sisa makanan atau remah-remah, lalu celupkan spons ke dalam air panas yang hampir tidak bersabun dan gosok papan.

Buang kelebihan air dengan pengikis bangku, lalu balikkan talenan kayu dan lakukan hal yang sama di sisi sebaliknya. 

Setelah itu, tuangkan minyak mineral pada talenan kayu, lalu gosok bersama garam kasar. Ini dapat membantu menghilangkan sisa atau noda makanan yang menempel. Bilas dengan spons yang basah dan bersih sebelum melanjutkan. 

Disinfeksi dan hilangkan bau

Luka dan goresan pada talenan kayu dapat menampung bakteri serta kuman dari makanan, jadi penting mendisinfeksinya secara teratur.

Ditambah, talenan kayu bisa menjebak bau makanan, seperti bawang merah atau putih. Untungnya, cuka putih bisa membantu menghilangkan bau pada talenan kayu. 

Caranya, tuang cuka putih ke dalam piring kosong dan rendam spons bersih di dalamnya. Setelah itu, gosok spons ke seluruh permukaan talenan kayu, buang kelebihan cairan dengan pengikis bangku, dan biarkan mengering. 

Beri minyak pada talenan kayu 

Setelah talenan kayu benar-benar kering, saatnya melindunginya. Meminyaki talenan kayu dapat membantu papan tetap bersih lebih lama dan melindunginya dari kerusakan air.

Oleskan minyak mineral atau minyak aman makanan lainnya ke permukaan talenan kayu, lalu gosokdengan handuk kertas, dan biarkan semalaman.

Pada pagi hari, bersihkan sisa minyak yang tidak terserap dengan handuk kertas bersih. Walhasil, talenan kayu akan kembali bersih serta bebas bau. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/08/174300976/gampang-ini-cara-membersihkan-talenan-kayu-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke