Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Menata dan Menggunakan Furnitur di Kamar Tidur Kecil

Furnitur bertujuan melengkapi tampilan ruangan mana pun, tapi ini bisa menjadi rumit di ruangan atau kamar tidur kecil. 

Namun, hanya karena kamar tidur kecil bukan berarti tidak bisa menggunakan furnitur. Semua ini bisa ditata baik dengan menyeimbangkan keduanya. 

Menyeimbangkan fungsionalitas dengan estetika furnitur lebih menggunakan seni daripada sains serta perlu kehatian-hati saat memasukan furnitur ke kamar tidur kecil.

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Selasa (6/12/2022), para desain interior membagikan cara menata dan menggunakan furnitur di kamar tidur kecil. 

Terlalu banyak cara masuk dan keluar ruangan dapat membatasi pilihan Anda untuk meletakkan furnitur. 

Apabila ingin mempertimbangkan feng shui kamar tidur kecil, pastikan mengukur furnitur dengan benar untuk memastikan tidak menghalangi pintu.

Selain itu, hindari menghalangi jendela yang membiarkan cahaya alami masuk. Harus ada jalur yang jelas di seluruh kamar tidur kecil sehingga Anda mudah bergerak di sekitar ruangan. 

Gunakan furnitur multifungsi

Melanie Thomas, penata interior yang berbasis di Los Angeles, AS, menyarankan memilih furnitur multifungsi dengan ruang penyimpanan.

“Sembunyikan sebanyak mungkin pernak-pernik sehari-hari dan gunakan setiap sudut untuk menambah penyimpanan.

Daripada menggunakan lemari hanya untuk menggantung pakaian, Anda juga bisa menempatkan meja rias kecil di kamar tidur sempit sehingga ada lebih banyak ruang lantai yang tidak termakan lemari besar. 

Selain itu, Thomas menyarankan memperhatikan ruang vertikal seperti furnitur gantung, keranjang tanaman, dan penyimpanan dinding dari lantai untuk memberikan tampilan pelapisan dan ruang.

"Jika semuanya ada di lantai—kursi, rak, meja, tanaman, tempat tidur—ruangan akan terasa sesak.” 

Carilah kursi, nakas, dan bangku dengan rangka baja sempit atau permukaan kaca untuk tampilan lapang.

Untuk tempat tidur, Anda tidak perlu berhemat pada ukuran. "Tempat tidur berukuran biasa bisa muat di kamar tidur kecil, tapi tempat tidur kanopi akan membuat Anda merasa tidak ada ruang untuk hal lain," imbuhnya.

Solusinya, daripada memilih desain yang terlalu besar, sebaiknya menggunakan furnitur ramping dan satukan ruangan dengan karpet dari sudut ke sudut yang pas di bawah semua perabotan. 

Pilih furnitur berwarna netral

Kasia McDaniel, pemilik Blue Diamond Staging & Design, menyarankan memilih palet warna netral untuk furnitur kamar tidur kecil guna membantu ruangan kecil terasa lebih besar.

“Furnitur berwarna terang atau putih menyebabkan ruang terasa lebih besar, terutama jika dindingnya dicat dengan warna lebih terang," ujarnya. 

Sebaliknya, furnitur bewarna lebih gelap menunjukkan perbedaan berlebihan dengan dinding yang lebih terang dan menyebabkan ruang terasa lebih sempit.

Tata furnitur secara perlahan

Elizabeth Byler, Creative Image Director dan pemilik Eden Environments, firma desain yang berfokus pada penciptaan ruang inklusif dan berkelanjutan, mengatakan hindari terburu-buru untuk memasukkan furnitur ke kamar tidur kecil.

Ia menyarankan meluangkan waktu saat berbelanja furnitur kamar tidur kecil. “Sangat menggoda mengisi ruangan secepat mungkin, tetapi luangkan waktu guna menemukan bagian yang Anda sukai dan cocok untuk ruangan," ujar Byler. 

Sebaiknya, memasukan furnitur secara perlahan dan tambahkan satu atau dua hal sekaligus.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/06/131000376/5-cara-menata-dan-menggunakan-furnitur-di-kamar-tidur-kecil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke