Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

14 Tanaman Hias yang Dapat Membangkitkan Semangat

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki tanaman hias di dalam rumah dapat memberikan sentuhan keteduhan, dan ragam manfaat lainnya. Beberapa tanaman hias seperti lidah mertua, lidah buaya, dan tanaman laba-laba atau spider plant diklaim dapat membuat udara lebih bersih karena sifatnya yang menyerap racun di udara.

Tak hanya itu, dilansir Balcony Garden Web, Senin (28/11/2022), ada beberapa tanaman hias yang dapat menjadi pembangkit energi atau semangat di dalam ruangan, antara lain sebagai berikut. 

1. Lidah mertua

Sansevieria trifasciata atau tanaman lidah mertua telah menjadi tanaman indoor yang populer karena sifatnya sebagai tanaman yang mudah dirawat. 

Tidak hanya itu salah satu tanaman energi positif terbaik karena warnanya yang cerah dan getaran ceria yang dipancarkannya, tetapi juga salah satu tanaman yang paling sehat. Ini menyerap racun dan partikel dari lingkungan. 

2. Calathea

Tanaman Calathea adalah genus dari keluarga Marantaceae, asli Amerika Selatan. Daunnya yang berwarna-warni menjadikannya sumber yang sangat baik untuk dekorasi rumah tangga. 

Calathea juga merupakan salah satu tanaman pembersih udara untuk memfasilitasi lingkungan dalam ruangan yang lebih baik.

Satu hal hebat tentang tanaman ini adalah dapat menutup daunnya di malam hari dan membukanya di pagi hari.

3. Tanaman giok

Crassula ovata atau tanaman giok, adalah tanaman sukulen dengan bunga putih atau merah muda yang lembut.

Tanaman giok, seperti tanaman sukulen lainnya, membutuhkan lebih sedikit perawatan. Pengagum Feng Shui dan Vastu sangat mementingkannya karena dapat menenangkan lingkungan dan mengundang keberuntungan dan kemakmuran.


Oleh karena itu, tanaman giok disebut juga 'tanaman uang atau tanaman dolar.' Ini juga bisa menjadi obat untuk mual dan diare dan bahkan menurunkan tingkat stres.

4. Sirih gading

Sulit untuk dibunuh dan dapat bertahan hidup di tempat gelap, tanaman sirih gading berpotensi menghilangkan bahan kimia BTX dari lingkungan dalam ruangan. 

5. Peace lily

Spathiphyllum alias peace lily, adalah sumber energi positif yang sangat baik untuk lingkungan sekitar. Menurut feng shui, itu melambangkan kedamaian dan ketenangan. 

Peace lily juga dapat tumbuh dengan baik di lokasi yang kurang cahaya seperti kamar tidur atau toilet. Ini adalah tanaman pemurni udara.

6. Eucalyptus

Secara tradisional, tanaman ini dikatakan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi serta kemakmuran.

Selain meningkatkan kualitas tidur, juga menghilangkan energi negatif dari sekitar. Simpan di dekat tempat kerja atau kubikel kantor untuk meningkatkan produktivitas dan fokus Anda.

7. Pilea peperomioides

Tanaman ini berasal dari keluarga jelatang, Urticaceae, asli Tiongkok Selatan.


Bentuk daunnya yang eksotis dan unik membuatnya sempurna untuk dekorasi dalam ruangan yang dramatis. Tanaman ini dengan cepat beresonansi dengan ruangan dengan energi dan getaran positif. 

Tanaman ini pun diyakini dapat menarik uang dan keberuntungan.

8. Rosemary

Rosemary adalah ramuan abadi dengan aroma eksotis yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan, dan sebuah uji klinis pada mahasiswa universitas membuktikannya. Untuk menanam ramuan ini di dalam ruangan atau di balkon Anda, harus ada sinar matahari yang cukup.

9. Lidah buaya

Lidah buaya adalah spesies tanaman sukulen yang selalu hijau. Dengan banyak kegunaan untuk kecantikan dan kesehatan, ia menghilangkan energi buruk dari sekitarnya. 

Tanaman ini pun mempromosikan kebahagiaan dan membantu mengatur perubahan suasana hati. 

10. Areca palm atau palem kuning

Ini adalah tanaman rumah yang terbukti secara ilmiah dapat membersihkan udara; itu juga meningkatkan kelembapan di dalam ruangan. Menurut Feng Shui, tanaman ini melepaskan energi positif dan dapat ditanam di rumah dan kantor. 

11. Sage

Sage digunakan untuk latihan spiritual, ini membersihkan energi negatif dan meningkatkan penyembuhan dengan menghilangkan emosi negatif seperti kemarahan dan ketakutan dengan aliran energi positif yang meningkat.

Untuk menanam sage di dalam ruangan, letakkan di jendela yang cerah dan sirami secukupnya.

12. Anggrek

Anggrek adalah salah satu tanaman berbunga terbaik yang bisa Anda tanam di dalam ruangan karena penampilannya yang penuh warna dan aroma yang menyenangkan. Penggemar feng shui bahkan menerapkan bahwa itu dapat meningkatkan tingkat energi.

Aroma tanaman yang menyenangkan dapat menenangkan pikiran dan menenangkan suasana hati. Karena menyerap karbon dioksida pada malam hari, Anda dapat menyimpannya di kamar tidur.

13. Melati

Melati berasal dari daerah tropis dan hangat di Eurasia dan Oseania. Aroma bunganya yang harum meredakan stres dan membangkitkan romansa.

Tanaman ini dapat memberikan lingkungan yang positif dan meningkatkan hubungan seksual antara pasangan. Ada banyak spesies melati yang bisa Anda coba tanam di dalam ruangan jika ada jendela yang menghadap ke Selatan atau Barat di rumah Anda.

14. Bambu rejeki

Simpan bambu keberuntungan di meja kantor atau meja dapur Anda dan jadilah bahagia, damai, dan sejahtera, menurut feng shui. Tidak diragukan lagi ini adalah tanaman dalam ruangan yang paling mudah dirawat, dan bisa Anda tanam di air atau tanah.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/28/123900276/14-tanaman-hias-yang-dapat-membangkitkan-semangat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke