Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada TV Layar Datar

Jika kamu juga memiliki TV layar datar di rumahmu, pastikan untuk tidak melakukan hal yang tidak boleh dilakukan pada TV layar datar.

Hal tersebut bertujuan agar TV layar datar milikmu tidak cepat rusak atau mendapat kerusakan sehingga bisa bertahan lebih lama.

Dilansir dari Reader's Digest Canada, Sabtu (26/11/2022), berikut ini adalah delapan hal yang tidak boleh dilakukan pada TV layar datar.

Bentuk TV layar datar yang lebih tipis dan ramping turut memengaruhi speakernya. Pada titik ini, speaker TV layar datar bawaan standar tidak dirancang untuk keluaran suara yang optimal.

Untuk itu, gunakan soundbar jika kamu ingin mendapatkan suara yang lebih maksimal saat menonton.

Jika kamu menyukai layar bebas noda, mungkin dirimu tergoda untuk menggunakan pembersih yang paling andal dan menyemburkannya pada permukaan layar TV milikmu dan mengelapnya dengan cepat.

Tapi, jangan lakukan itu. Bahan kimia keras dapat merusak layar dan handuk kertas serta bahan abrasif lainnya dapat menggoresnya.

Sebagai gantinya, ikuti metode pembersihan yang lebih tradisional dan aman, seperti berikut ini:

• Matikan TV

• Lap layar TV dan bagian lainnya dengan lap atau kain lap yang kering dan bersih.

• Jika benar-benar perlu, basahi lap kering dan bersihmu dengan larutan air dan cuka dengan perbandingan yang sama, kemudian bersihkan layar.

Menyepelakan pemasangan TV ke dinding

Salah satu manfaat terbesar TV layar datar adalah tidak memakan tempat karena bisa dipasang di dinding.

Namun, memasang TV layar datar dengan benar membutuhkan perhatian yang cermat terhadap detail dan pemahaman yang baik tentang seberapa kuat struktural dindingmu.

Jadi, pilih penempatan TV layar datar dengan hati-hati dan pastikan TV yang terpasang ke dinding benar-benar kokoh.

Meremehkan potensi bahaya

TV layar datar mungkin lebih ringan dari pendahulunya, tetapi tetap menimbulkan bahaya, terutama jika kamu memiliki anak kecil yang suka memanjat furnitur.

Jika TV layar datar tidak dipasang di dinding, kamu harus memiliki dudukan TV yang kokoh dengan ukuran yang sesuai untuk TV milikmu dan memastikan anak-anak tidak bermain di dekat TV.

Memasangnya di atas perapian

Perapian adalah bagian tengah yang estetis dan nyaman di setiap ruang keluarga. Tapi, jangan letakkan TV layar datar di atas perapian.


Ini karena perapian dapat menghangatkan TV layar datar milikmu dan akibatnya mempersingkat masa pakainya.

Kabel yang berantakan hanya akan mengganggumu saat menonton di TV layar datar.

Karena itu, menjaga agar semua kabel tetap teratur adalah tindak lanjut yang penting. Cobalah menyelundupkannya ke dudukan TV, mengikatnya menjadi satu, atau menyembunyikannya dengan cermat.

Mengabaikan kalibrasi

Sebagian besar TV layar datar saat ini hadir dengan pengaturan warna, kecerahan, kontras, dan lain-lain yang cukup akurat.

Tapi, jika kamu memiliki kesabaran dan ambisi untuk menyempurnakan kalibrasi, ini pada akhirnya dapat membuat pengalaman menonton menjadi lebih baik.

Kamu dapat menyewa seorang profesional untuk melakukan ini untukmu atau kamu dapat melakukannya sendiri, tetapi pastikan untuk membaca pengaturan optimal sebelumnya.

Ketika ingin memindahkan TV layar datar milikmu, jaga agar tetap tegak setiap saat. TV layar datar dirancang dengan sangat hati-hati agar bobotnya merata saat berdiri.

Jika diletakkan atau diangkat dengan posisi miring atau sejajar dengan permukaan lantai, TV layar datar tidak lagi seimbang sehingga gravitasi dapat menarik ujungnya ke bawah dan berpotensi menyebabkan layar retak.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/26/160800176/8-hal-yang-tidak-boleh-dilakukan-pada-tv-layar-datar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke