Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyebab Kucing Menggigil Setelah Mandi

Karena itu, memandikan kucing perlu dilakukan untuk memastikan sahabat bulu dalam keadaan bersih serta bebas kuman dan kotoran.

Namun, setelah selasai mandi, terkadang kucing mangalami menggigil alias kedinginan. Apa penyebabnya?

Dilansir dari Animal Path, Senin (21/11/2022), penyebab kucing menggigil setelah mandi adalah reaksi otomatis ketika otot bergantian antara mengendur dan mengencang.

Dengan kata lain, menggigil adalah cara tubuh menghangatkan diri, terutama di lingkungan yang dingin. Menggigil dimulai ketika suhu sekitar turun ke tingkat yang lebih rendah daripada suhu tubuh kucing.

Biasanya, suhu tubuh normal kucing berkisar antara 38-39,1 derajat Celsius. Dengan menggigil, manusia dan hewan meningkatkan produksi panas dalam tubuh sebanyak 50 persen.

Namun, tubuh hanya bisa menggigil dan menghangatkan diri untuk jangka waktu tertentu. 

Apa yang harus dilakukan?

Meski menggunakan air hangat, kucing bisa tetap mengalami kedinginan. Hal ini karena sisa air yang menempel pada bulunya. 

Karena itu, segera keringkan tubuh kucing secepat mungkin. Bungkus kucing dengan handuk dan pindahkan ke area yang lebih hangat.

Jika kucing tidak takut dengan suara pengering rambut, gunakan alat tersebut untuk mengeringkan bulu kucing dengan cepat.

Kucing bisa stres setelah mandi

Beberapa kucing dapat menggigil dan bernapas berat setelah mandi. Ini bisa disebabkan karena kucing stres. 

Maka itu, tenangkan kucing setelah mengeringkan bulunya. Isolasi kucing di area yang hangat dan gelap. Biarkan mereka sendirian selama sekitar 30 menit.

Namun, periksa secara berkala, termasuk napasnya, setiap lima menit. Apabila keadaan tidak kembali normal setelah 30 menit, segera pergi ke dokter hewan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/21/182000676/penyebab-kucing-menggigil-setelah-mandi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke