Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Betulkah Tanaman Citronella Efektif Mengusir Nyamuk?

Ada berbagai solusi untuk mengusir nyamuk di rumah, salah satunya menggunakan tanaman pengusir nyamuk seperti citronella atau tanaman serai wangi. 

Tanaman citronella kerap digunakan dalam berbagai produk pengusir nyamuk, di antaranya semprotan nyamuk serta losion. 

Bahkan menanam tanaman citronella diklaim dapat mendorong nyamuk untuk pergi ke tempat lain. Selain itu, daun tanaman dapat digunakan sebagai alternatif alami untuk semprotan nyamuk.

Namun, apakah tanaman citronella dapat mengusir nyamuk atau hanya promosi pemasaran?

Nah, berikut sejumlah hal yang harus diketahui sebelum menanam dan menggunakan tanaman citronella sebagai pengusir nyamuk dikutip dari Better Homes and Gardens, Rabu (16/11/2022). 

Anda mungkin juga melihat geranium beraroma ini dijual dengan nama seperti citrosa nyamuk atau tanaman nyamuk.

Nama botaninya adalah Pelargonium x citrosum 'Van Leenii'. Seperti geranium beraroma lainnya, tanaman citronella adalah bunga abadi yang lembut.

Perlu diketahui, beberapa penjual menggunakan nama citronella untuk jenis geranium beraroma lain yang tidak memiliki serai wangi.

Periksa tag pembibitan atau deskripsi situs web untuk memastikan Anda benar-benar mendapatkan varietas yang disebut 'Van Leenii'. Ini juga kadang-kadang disebut sebagai 'Citrosa' atau 'Citranium'.  

Apakah tanaman tanaman citronella mengusir nyamuk?

Dalam pengaturan laboratorium, sitronelal telah ditemukan untuk mengusir serangga. Senyawa ini dapat mendeteksi uap dan menghindarinya.

Itu sebabnya sitronelal adalah bahan utama dalam produk minyak sereh populer seperti lilin, obor, dan semprotan.

Namun, tanaman citronella sebenarnya tidak banyak mengandung sitronelal—minyak esensialnya mengandung kurang dari 0,1 persen.

Sumber untuk produk sereh komersial sebenarnya adalah dua spesies serai tropis. Minyak mereka mengandung setidaknya 10-20 persen sitronelal. 

Ada sejumlah fakta mengatakan memiliki tanaman citronella di kebun tidak akan menghalangi nyamuk. Beberapa tukang kebun bersumpah bahwa itu berhasil, tetapi penelitian telah menemukan hal itu tidak berhasil.

Bahkanmenanam seluruh kebun penuh dengan tanaman citronella  tetap tidak akan cukup memiliki efek pengusir nyamuk.

Klaim kedua adalah menggosok daun citronella pada kulit dapat mengusir nyamuk. Namun, nyatanya hal ini tidak efektif serta dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan ruam. 

Tanaman serai bisa berbau seperti jeruk, stroberi, mawar, pala, kelapa, jahe, mint, dan banyak buah-buahan, rempah-rempah, dan bunga lainnya.

Tanaman citronella harus dimiliki untuk pecinta tanaman harum. Namun, bila Anda tinggal di zona USDA 9 atau lebih hangat, tanaman serai paling baik ditanam sebagai tanaman tahunan.

Bisa pula membawa tanaman serai ke dalam ruangan untuk musim dingin dan menanamnya sebagai tanaman hias di jendela tercerah. 

Dalam kondisi ideal, tanaman citronella akan mengembangkan bunga merah muda mungil, tetapi nilai utamanya adalah daunnya yang harum.

Setelah cuaca dingin berakhir, pindahkan tanaman citronella  ke tempat yang lebih mungkin untuk tumbuh subur. Bawa kembali saat ada ancaman embun beku. 

Beberapa tukang kebun telah berhasil menanam geranium beraroma seperti tanaman citronella di luar ruangan tepat di sebelah fondasi bangunan sampai ke zona 6.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/16/204500176/betulkah-tanaman-citronella-efektif-mengusir-nyamuk-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke