Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Tepat Membekukan Daging Ayam agar Tahan Lama dan Tetap Segar

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak semua orang memiliki waktu luang untuk mengolah daging ayam, sehingga beberapa memutuskan untuk menyimpannya di dalam freezer.

Ketika menyimpan daging ayam di freezer, beberapa mungkin langsung menaruhnya tanpa membuka kemasannya terlebih dulu.

Ada pula yang membekukan daging ayam yang sudah matang untuk disantap kemudian hari. Biasanya, daging ayam dibiarkan berada di atas piring, atau dimasukkan ke dalam wadah tertutup.

Namun, apakah ini adalah cara yang tepat untuk memastikan kesegarannya? Berikut Kompas.com rangkum cara membekukan daging ayam, seperti dilansir Southern Living, Rabu (16/11/2022).

Cara membekukan daging ayam mentah

Sebagian besar ayam mentah yang dijual di pasaran biasanya sudah dibungkus dalam plastik. Namun, jenis kemasan seperti ini tidak bagus untuk freezer lantaran dapat mengembangkan freezer burn.

Sebaiknya, lapisi bungkus ayam dengan aluminium foil. Alternatifnya, keluarkan dari kemasannya—tetapi jangan dicuci—dan masukkan ke dalam kantong plastik jenis ziplock.

Keluarkan udara sebanyak mungkin sebelum menutup kantong. Setelah itu, masukkan ke dalam freezer. Jika disimpan dengan benar, daging ayam mentah bisa bertahan tanpa batasan waktu.

Akan tetapi, Departemen Pertanian di Amerika Serikat (AS) atau USDA menyarankan untuk mengolahnya dalam waktu satu tahun jika daging dalam keadaan utuh, dan dalam waktu sembilan bulan jika daging telah dipotong.


 

Cara membekukan daging ayam yang sudah matang adalah menaruhnya di dalam kantong plastik jenis ziplock dan keluarkan udara sebanyak mungkin sebelum dimasukkan ke dalam freezer.

Jika daging ayam berukuran besar, sebaiknya diubah menjadi potongan-potongan kecil. Ini untuk memudahkannya membeku, dan mempercepat proses pencairan ketika ingin dimakan pada lain waktu.

Menurut USDA, daging ayam yang sudah matang bisa bertahan hingga tiga bulan di dalam freezer. Sebaiknya, beri label sebelum memasukkannya ke dalam freezer.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/16/101900676/cara-tepat-membekukan-daging-ayam-agar-tahan-lama-dan-tetap-segar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke