Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Manfaat Air Purifier yang Jarang Diketahui Orang

Jadi, untuk memurnikan kembali udara yang dihirup di sebuah ruangan rumah, kamu disarankan untuk memiliki dan menyalakan air purifier.

Terkait dengan penggunaan air purifier, alat ini tidak sekadar membersihkan udara di sebuah ruangan dari partikel-partikel berbahaya, bakteri, dan virus, tetapi juga memberikan beragam manfaat yang sangat baik.

Disadur dari Hisense, Selasa (15/11/2022), berikut ini adalah lima manfaat air purifier yang jarang diketahui.

Hal ini membuat orang yang memiliki asma kesulitan bernafas saat partikel kecil, seperti bulu hewan peliharaan, tungau debu, atau serbuk sari mengiritasi saluran udara.

Agar dapat mengatasi hal tersebut, disarankan untuk menggunakan air purifier yang dilengkapi filter HEPA (high-efficiency particulate absorbing) atau penyerap udara partikulat berefisiensi tinggi.

Penggunaan air purifier dengan filter HEPA di suatu ruangan dapat membuat udara yang dihirup menjadi jauh lebih bersih dan membantu meredakan gejala asma. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi seseorang yang mempunyai asma.

Menghilangkan bahan kimia berbahaya


 

Kamu perlu tahu bahwa rumahmu belum tentu benar-benar terbebas dari polutan yang berbahaya, apalagi ada banyak produk pembersih rumah yang ternyata mengandung bahan kimia beracun, seperti klorin, amonia, ftalat, dan lainnya.

Tapi, apabila kamu menggunakan air purifier, polutan tersebut dapat disaring sehingga kualitas udara ruangan jadi lebih baik.

Hal itu pada akhirnya membuat dampak buruk dari polutan berbahaya di suatu ruangan dapat diminimalisir.

Dalam jangka panjang, paparan bahan kimia tersebut dapat menyebabkan timbulnya sesak napas, mual, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Untungnya, air purifier dapat menuntaskan masalah tersebut, terlebih jika produk tersebut telah dilengkapi filter HEPA dan karbon aktif yang mampu menangkap gas dan kembali memurnikan udara.

Meningkatkan kualitas kesehatan

Rumah bisa jadi sarang bakteri, tungau, jamur, dan virus berbahaya yang dapat berdampak buruk pada kesehatan, seperti bersin, hidung tersumbat, batuk, sakit tenggorokan, mata berair, mengganggu kualitas tidur, dan lainnya.

Tanpa air purifier, sudah tentu kualitas kesehatan penghuni rumah terancam terganggu, terlebih jika di rumah ada anak kecil, atau bahkan balita yang sistem kekebalan tubuhnya masih belum sempurna.


Radon adalah gas yang sulit dideteksi karena tidak berwarna dan tidak berbau. Paparan radon berlebih dapat tingkatkan risiko penyakit kronis, terutama kanker.

Inilah alasan kenapa kamu harus menggunakan air purifier di dalam rumah. Agar hasilnya lebih maksimal, pastikan untuk memilih air purifier yang terbukti mampu memurnikan udara dengan cepat, mudah, dan aman digunakan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/15/113900076/5-manfaat-air-purifier-yang-jarang-diketahui-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke