Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kegunaan Cuka untuk Membersihkan Ragam Benda di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuka adalah salah satu produk rumah tangga luar biasa yang dapat Anda gunakan untuk semua jenis pekerjaan pembersihan. 

Cuka memiliki kekuatan untuk memudahkan membersihkan noda dan buih sabun, serta memudahkan membersihkan botol air dan pembuat kopi.

Menurut The Kitchn, Senin (14/11/2022), sifat asam cuka yang membuatnya menjadi pembersih yang luar biasa. Ini menghilangkan penumpukan dan membantu menambah kilau.

Menghilangkan penumpukan pada benda-benda seperti pembuat kopi membantunya bekerja lebih efisien.

Cuka terkadang mempersingkat waktu pembersihan dan dapat mengurangi jumlah pembersihan yang harus Anda lakukan.

Dilansir House Digest, untuk menghilangkan hal-hal seperti buih sabun dan bau busuk yang menempel di pancuran dan wadah plastik, Anda hanya perlu merendamnya dalam cuka selama beberapa waktu. 

Terkadang proyek pembersihan cuka memerlukan beberapa barang tambahan, seperti mangkuk kaca kecil atau soda kue.

Hal terbaik tentang itu adalah bahwa sebagian besar waktu, Anda sudah memiliki ekstra itu di dapur Anda. Menyimpan barang-barang seperti garam, lemon segar, dan beberapa spons di tangan dapat membantu Anda menjaga dapur yang lebih bersih dan wangi juga. 

Berikut beberapa manfaat cuka untuk pembersihan area rumah.

1. Membersihkan tabung mesin cuci

Architectural Digest menguraikan cara membersihkan mesin cuci bukaan depan dan bukaan atas menggunakan campuran soda kue dan cuka. Kedua cara pembersihan ini agak mirip.

Perlengkapan yang Anda perlukan adalah cuka putih sulingan, soda kue, sikat gigi, kain lap, dan botol semprot. 

Kedua jenis mesin cuci tersebut dapat dibersihkan dengan cara yang sama. Gunakan cuka dalam botol semprot untuk membersihkan tabung, pintu, dan bahkan bagian luar mesin cuci.

Jalankan siklus kosong dengan cuka terlebih dahulu, masukkan langsung ke dalam tabung untuk mesin cuci, kemudian jalankan siklus selanjutnya dengan baking soda dengan cara yang sama.

Pastikan untuk menjalankan kedua muatan ini dengan mesin cuci Anda disetel pada suhu terpanas untuk pembersihan mendalam yang bagus.

2. Hilangkan penumpukan air sadah di kepala shower

Air sadah dan percikan sabun saat Anda membersihkan dan mencuci rambut dapat dengan mudah menyumbat pancuran seiring waktu.

Jika Anda tidak dapat mengingat kapan terakhir kali membersihkannya, atau Anda melihat aliran shower Anda tidak sekuat dulu, sekarang adalah waktu yang tepat untuk merendamnya dengan baik dan bahkan mungkin menggosoknya.


Anda membutuhkan cuka, soda kue, kantong plastik, dan beberapa karet gelang.

HGTV berbagi trik pembersihan pancuran untuk membuat proses pembersihan ini sangat mudah dan tidak berantakan. Campurkan setengah cangkir soda kue dengan satu cangkir cuka putih, yang akan berbuih.

Kemudian tambahkan satu gelas air dan masukkan ke kantong plastik serta ikat kantong di atas pancuran menggunakan karet gelang untuk menahannya, pastikan kepala nosel benar-benar terendam dalam campuran.

Biarkan meresap selama minimal empat jam, lalu bersihkan kepala pancuran dengan kain lap.

3. Bersihkan kuas cat lama

Sebelum Anda membuang kuas cat lama,  Anda dapat menyelamatkannya. Yang Anda butuhkan hanyalah panci aluminium sekali pakai, sedikit cuka, dan sikat kawat.

Anda juga harus menyiapkan ruang yang aman untuk melakukan proyek ini, seperti di luar. Supaya tidak ada gumpalan cat kotor menyumbat wastafel Anda, tetapi menumpahkannya ke lantai di dalam rumah.

Anda perlu memanaskan cuka, tetapi jangan sampai mendidih. Letakkan kuas cat yang kotor ke dalam panci aluminium dan tuangkan air panas ke atasnya.

Biarkan kuas Anda terendam setidaknya selama 10 menit. Tahap perendaman mungkin tidak sepenuhnya menghilangkan semua cat yang mengering.

Gunakan itu untuk mengendurkan cat yang menempel. Setelah Anda melakukan semua ini, Anda dapat membersihkan kuas dengan air sabun hangat dan mengeringkannya.

The Spruce berbagi berbagai cara untuk menghilangkan karat dari peralatan, perak, kunci, dan benda logam lainnya menggunakan beberapa bahan dasar rumah tangga, termasuk cuka. Yang Anda butuhkan, selain cuka, adalah sikat kawat atau sikat gigi bekas.

Rendam benda logam berkarat dalam cuka putih lurus setidaknya selama setengah jam. Kemudian angkat keluar apa pun yang Anda rendam dan sikat dengan baik untuk menghilangkan karat.

Anda mungkin harus mengenakan beberapa sarung tangan karet untuk melindungi kulit dan tangan, dari cuka dan karat.

Pastikan untuk benar-benar mengeringkan benda logam segera setelah Anda membilas cuka dan karat yang terlepas untuk membantu mencegah pertumbuhan karat baru terjadi.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/14/124200776/kegunaan-cuka-untuk-membersihkan-ragam-benda-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke