Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Silica Gel, Fungsinya, dan Apakah Beracun?

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika membeli barang, seringkali di dalam kemasannya terdapat beberapa kantong putih bertuliskan "Silica Gel." Jika diraba, kantong tersebut berisi butiran-butiran kecil padat.

Namun, apa itu silica gel dan apa fungsinya? Dikutip dari Good Housekeeping, Kamis (27/10/2022), silica gel digunakan untuk menyerap kelembapan dan menjaga barang tetap kering.

Produsen barang menambahkan silica gel ke produk baru, terutama sepatu dan tas tangan, untuk melindungi produk dari kelembapan.

Apakah silica gel beracun?

Meskipun pada bungkusnya tertera tulisan "Jangan Dimakan," namun silica gel sebenarnya tidak beracun, jadi sebenarnya tidak beracun.

Akan tetapi, Anda jelas harus menjaga silica gel tidak dapat diakses oleh hewan dan anak kecil yang bisa memakannya.

Pasalnya, silica gel berpotensi memiliki jejak bahan kimia buruk lainnya, dan menimbulkan bahaya tersedak.

Apa fungsi silica gel?

Pakar kebersihan Verity Mann menjelaskan bahwa silica gel benar-benar menyerap kelembapan, yang berarti berguna di sekitar rumah.

Misalnya, Anda dapat menambahkannya ke dalam tas olahraga yang bau, laci pakaian dalam, atau bahkan koper jika ada pakaian renang basah di dalamnya, yang akan menyerap kelembapan dan mencegah bau.

Di mana bisa membeli silica gel?

Selain menemukannya dikemas dengan barang-barang baru, Anda sebenarnya dapat membeli silica gel secara online. Anda juga bisa membelinya di toko bahan kimia.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/27/105137276/apa-itu-silica-gel-fungsinya-dan-apakah-beracun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke