Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Membuat Kotak Pasir Kucing Tak Berbau

JAKARTA, KOMPAS.com – Para pemilik kucing pasti sudah familiar dengan kotak pasir kucing yang terkadang mengeluarkan bau tidak sedap, terutama usai digunakan sahabat bulu untuk buang air kecil dan besar.

Meski sudah familiar dengan baunya, tentunya tidak ada orang yang menyukai bau urine atau tinja kucing.

Sebab, baunya cukup mengganggu, dan tidak hanya bisa membuat bau ruangan tempat kotak pasir diletakkan, juga seisi rumah.

Disadur dari beragam sumber, Kamis (27/10/2022), ada beberapa cara membuat kotak pasir kucing agar tidak berbau, yakni sebagai berikut.

1. Keluarkan kotak pasir

Cara pertama agar kotak pasir kucing tidak terlalu bau adalah mengeluarkannya setidaknya sekali sehari. Ini untuk memudahkanmu membersihkan kotorannya, seperti dilansir The Nest.

Ketika membersihkan kotoran kucing, masukkan ke dalam kantong yang tertutup rapat. Kamu tidak perlu menyiramnya, kecuali pasir yang digunakan dapat disiram.

Jika pasirnya tidak perlu disiram tetapi kamu siram, kamu akan memiliki masalah yang jauh lebih besar daripada kotak pasir berbau tidak sedap.

2. Bersihkan kotak pasir lama

Kotak pasir kucing bisa dibersihkan satu hingga dua kali seminggu. Mereka dapat dibersihkan menggunakan detergen dan digosok secara lembut.

Jangan lupa untuk membersihkan sekop pasir. Mereka bisa memiliki tumpukan kotoran kucing yang menempel dan mengeras jika tidak rajin dibersihkan.

3. Ganti pasir lama

Saat membersihkan kotak pasir kucing, buang pasir lama dan ganti dengan yang baru. Guna mengantisipasi kotak pasir berbau usai digunakan kucing, pakai pasir beraroma.

4. Ganti kotak pasir

Apabila kotak pasir sudah digunakan untuk waktu yang lama, misalnya setahun, sebaiknya mereka diganti.

Sebab, kotak pasir yang penuh dengan goresan dari cakar kucing peliharaan dapat menahan bau dan bakteri.

5. Lakukan pembersihan harian

Cara membuat kotak pasir kucing tidak berbau bisa dengan pembersihan harian. Disadur dari PetSmart, pembersihan harian bisa dilakukan setidaknya sekali sehari.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/27/074900476/5-cara-membuat-kotak-pasir-kucing-tak-berbau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke