Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Mengeringkan Pakaian di Dalam Ruangan dengan Cepat

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim hujan, kegiatan menjemur atau mengeringkan pakaian di luar rumah menjadi lebih terhambat. Bahkan, pakaian yang sudah dicuci bersih bisa kembali berbau apak karena kurangnya pengeringan. 

Jika kondisinya seperti itu, pengeringan di dalam ruangan diperlukan, namun dengan cara dan langkah yang lebih efisien.

Dilansir Homes and Gardens, Senin (24/10/2022) ada beberapa cara yang lebih efisien untuk mengeringan pakaian di dalam ruangan, antara lain sebagai berikut. 

1. Jadikan pengeringan menggunakan mesin lebih efisien 

Agar pakaian lebih kering secara sempurna setelah dimasukkan ke dalam mesin pengering, berikut hal yang perlu dihindari. 

2. Keringkan pakaian di ruangan dengan lalu lintas rendah

Biasanya, orang akan berpikir jika pakaian dapat kering jika dijemur di ruangan yang memiliki lalu lintas tinggi, seperti dapur.

Namun, Joyce French, dari homehow.co.uk, mengatakan, hindari mengeringkan pakaian di ruangan mana pun di mana Anda menghabiskan banyak waktu, karena ini akan membantu mengurangi risiko jamur dan kelembapan.


Dia menyarankan menggunakan rak pengeringan yang dipasang di dinding karena tidak memakan ruang lantai dan dapat dilipat saat tidak digunakan. 

3. Pertimbangkan ventilasi

Salah satu cara paling efektif untuk memastikan pakaian Anda cepat kering adalah dengan memastikan mereka menerima jumlah ventilasi yang tepat. French merekomendasikan untuk menempatkan cucian basah Anda di suatu tempat yang dekat dengan jendela yang terbuka atau di area dengan aliran udara yang baik.

Cobalah untuk merentangkan pakaian setidaknya 2,5 cm dan membaliknya setiap beberapa jam untuk membantunya mengering lebih cepat dan lebih merata.

4. Gantung pakaian setelah dicuci

Ini mungkin tampak seperti saran yang sederhana, tetapi terkadang cara yang paling mudah adalah yang terbaik. Hindari meninggalkan pakaian Anda di mesin cuci atau keranjang cucian terlalu lama saat masih basah. 

Hal ini dapat menyebabkan mereka mulai berbau dan dapat menyebabkan pertumbuhan jamur. Sebagai gantinya, French mendesak Anda untuk menjemur pakaian segera setelah siklus pencucian selesai, untuk memastikan pakaian tersebut mulai mengering secara instan. 

5. Gunakan dehumidifier

Berinvestasi dalam dehumidifier terbaik yang dapat Anda temukan memiliki sejumlah manfaat untuk rumah Anda. Namun, di atas semua itu, alat praktis ini dapat mempermudah pengeringan pakaian Anda dengan cepat. 

Saat Anda mengeringkan pakaian di dalam ruangan, ini dapat menyebabkan kelembapan ekstra di udara yang dapat menyebabkan kelembapan. Di musim hujan, tidak selalu memungkinkan untuk membuka jendela untuk ventilasi. 

Letakkan di dekat pakaian Anda, dan itu akan membantu mengeringkan pakaian lebih cepat serta menghilangkan kelembapan ekstra dari udara.

6. Pastikan pakaian tidak menyentuh lantai

Menemukan pengaturan terbaik untuk pakaian Anda adalah satu hal, tetapi penempatan pakaian adalah hal lain. Pastikan pakaian tidak menyentuh lantai, karena dapat menciptakan kelembapan dan membuat pakaian Anda lebih lama kering, kata Bret Jackson, ahli kebersihan profesional di Letti & Co.

Ia menambahkan, Anda juga harus mencoba menjemurnya di dekat jendela atau pintu agar udara bisa bersirkulasi.

Jika Anda tidak memiliki tali jemuran, Anda dapat mencoba menggantung pakaian di atas kursi atau di rak pengering. 

Berapa waktu yang diperlukan untuk pakaian mengering?

Waktu yang tepat untuk mengeringkan pakaian tergantung pada sejumlah faktor, termasuk panas dan kelembapan di rumah Anda dan jenis kain yang Anda miliki. Namun, sebagai aturan umum, Jackson, menyarankan dibutuhkan sekitar dua dan empat jam untuk mengeringkan pakaian di dalam ruangan.

Kain yang lebih ringan, seperti katun, biasanya lebih cepat kering daripada kain yang lebih berat, seperti denim. Jika ruangan sangat lembap, mungkin butuh waktu lebih lama untuk mengeringkan pakaian. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/24/084340576/6-cara-mengeringkan-pakaian-di-dalam-ruangan-dengan-cepat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke