Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menanam Syngonium, Lebih Cocok di Tanah atau di Pot Dalam Ruangan?

JAKARTA, KOMPAS.com – Tanaman hias Syngonium memiliki berbagai macam warna daun yang membuatnya menjadi suatu daya tarik tersendiri.

Pemilik The Tanduran bernama Dian mengatakan, warna daun paling mendasar pada tanaman ini adalah hijau, meski ada pula yang berwrana ungu dan merah muda.

“Ada juga yang varigata putih, kuning, splash putih, dan splash merah muda,” ujar pegiat tanaman ini ketika ditemui di Floriculture Indonesia International Convex 2022 di Hall A Jakararta Convention Center, Jakarta, Sabtu (15/10/2022).

Disadur dari Merawat Monstera (2020), karya Redaksi Agromedia yang diterbitkan Agromedia, Senin (17/10/2022), varigata adalah kelainan pada tumbuhan yang menghasilkan corak yang warnanya berbeda-beda.

Sederhananya, jika tanaman pada umumnya hanya memiliki satu warna pada daunnya, tanaman varigata memiliki dua atau lebih warna pada daunnya.

Dian melanjutkan, warna daunnya yang unik membuat Syngonium cukup diminati oleh pegiat tanaman lainnya untuk dihadirkan di rumah. Namun, apakah mereka lebih cocok ditanam langsung di tanah atau di pot?

Menanam Syngonium

Dian menjelaskan bahwa ada beberapa Syngonium yang sensitif terhadap cahaya, terutama jenis yang dedaunannya berwarna-warni.

“Ada beberapa Syngonium yang sensitif terhadap cahaya. Kalau dia enggak dapat cahaya yang pas, warnanya pudar dan (tampilannya) kurang maksimal),” paparnya.

Menurut Dian, tanaman hias ini bisa ditanam langsung di tanah maupun di pot. Jika ditanam di pot di dalam rumah, mereka harus dirotasi. Artinya, mereka tidak melulu berada di dalam rumah.

Ia menyarankan untuk menempatkan Syngonium di dalam rumah selama satu pekan, dan mengeluarkannya selama satu pekan. Lakukan ini secara terus-menerus.

“Pastikan juga potnya berdrainase baik jadi air enggak mengendap di tanah. Pastikan juga media tanamnya sesuai sama karakter Syngonium, (kecuali) ditanam langsung di tanah yang mana hampir semua tanaman lebih senang karena ditanam di tanah bumi,” ujarnya.

Kembali membahas seputar penanaman Syngonium di pot, Dian mengatakan bahwa media tanam yang bisa digunakan cukup beragam. Kamu bisa konsultasi dengan penjual tanaman tempatmu membeli Syngonium.

 

Buku “Merawat Monstera” karya Redaksi Agromedia yang diterbitkan Agromedia bisa dibeli di Gramedia.com.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/17/085500876/menanam-syngonium-lebih-cocok-di-tanah-atau-di-pot-dalam-ruangan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke