Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, 5 Cara Menggunakan Mentimun untuk Membersihkan Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com – Mentimun dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang menawarkan beragam manfaat kesehatan bagi manusia.

Salah satunya adalah membantu mencegah dehidrasi saat cuaca panas. Ini karena mentimun sebagian besar terdiri dari air, dan mengandung elektrolit penting. Mentimun juga memiliki jumlah kalori yang rendah.

Dengan mengunyah satu buah mentimun, kamu hanya mendapat sedikit kalori tetapi merasa kenyang. Tentunya, ini penting bagi mereka yang sedang diet.

Namun, tahukah kamu bahwa mentimun juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan rumah? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak paparannya, seperti dikutip Cleaning Info, Kamis (13/10/2022).

Apabila peralatan dapur memiliki noda, mereka bisa dibersihkan hanya dengan mentimun yang diiris tebal. Gosokkan irisan pada titik yang bernoda hingga nodanya hilang.

Selain peralatan dapur, irisan mentimun juga bisa digunakan untuk membersihkan noda pada permukaan stainless steel apa pun, bak cuci piring, dan keran.

2. Semir sepatu kulit

Manfaat mentimun lainnya adalah mereka bisa berfungsi sebagai semir sepatu kulit. Kamu hanya perlu menggosok beberapa irisan pada sepatu yang ingin bersihkan.

Lebih lanjut, kandungan dalam mentimun akan menciptakan lapisan tahan air yang menambah perlindungan ekstra pada sepatu kulitmu.

3. Mencegah embun pada cermin

Beberapa orang memilih untuk mandi dengan air hangat selama musim hujan guna mencegah tubuh menggigil.


Namun, hal ini cukup membuang-buang waktu bagi orang-orang yang menggantung cermin di kamar mandi. Sebab, permukaannya dapat berembun setiap kali air hangat digunakan.

Artinya, kamu harus membersihkan embunnya setiap setelah mandi sebelum menggunakannya untuk mempersiapkan diri menyambut hari baru.

Untuk menikmati air hangat dan menggunakan cermin tanpa harus selalu membersihkan embun, gosokkan irisan mentimun pada permukaan cermin.

4. Menghilangkan noda pada furnitur dan dinding

Furnitur dan dinding bisa menjadi kotor dengan cepat, terutama bagi mereka yang memiliki anak-anak. Dua titik ini kerap menjadi sasaran anak-anak untuk memamerkan kreativitasnya dengan menggambar.

Meski menyenangkan melihat anak-anak aktif dan mengasah sisi seninya, hal ini dapat membuat hunian terlihat kurang menarik, terutama jika furnitur dan dinding yang dicoret terletak di ruang keluarga.

Untuk membersihkannya, cobalah menggunakan mentimun utuh untuk menggosok area yang bernoda hingga kotoran menghilang.

5. Menghilangkan suara mencicit pada engsel pintu

Apabila engsel pintu rumah mengeluarkan suara mencicit, mereka bisa diatasi menggunakan mentimun. Kamu hanya perlu menggosok engsel saja. Sebab, kandungan yang terdapat pada mentimun juga memiliki sifat pelumas.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/13/074700776/simak-5-cara-menggunakan-mentimun-untuk-membersihkan-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke