Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Trik Membersihkan Rumah yang Sebaiknya Dihindari

Contohnya, membersihkan kaca jendela sebaiknya menggunakan kertas koran dibanding kain karena tidak meninggalkan noda garis.

Akan tetapi, Presiden Glass Doctor, Brad Roberson, mengatakan trik membersihkan rumah satu ini sebaiknya dihindari.

“Kertas koran saat ini lebih tipis daripada zaman dulu sehingga lebih cepat rusak saat basah dan meninggalkan bekas di jendela dan tangan,” ujarnya dikutip dari Real Simple, Jumat (30/9/2022).

Jadi, cara terbaik membersihkan kaca jendela adalah menggunakan kain lap. Selain itu, ada beberapa trik membersihkan rumah yang sebaiknya dihindari sebagai berikut. 

Bagian dalam tangki kloset dapat kotor seiring waktu sehingga perlu menggosoknya. Namun, ada trik yang mengatakan bahwa tangki kloset tak perlu digosok jika merendam tablet pembersih berbasis pemutih. 

Franchise Consultant di Mr. Rooter, Don Flovan, mengingatkan trik pembersihan yang menghemat waktu ini berpotensi menyebabkan kerusakan pada tangki kloset dari waktu ke waktu.

“Karena sifat tablet yang tajam dan kaustik, mereka sebenarnya dapat membengkokkan beberapa mekanisme yang terletak dalam tangki kloset, khususnya gasket karet dan baut jika dibiarkan dalam waktu lama,” ujarnya.

Walhasil, kebocoran air pun akan terjadi. Jika ingin menggunakan tablet pembersih berbasis pemutih, cukup gunakan di mangkuk kloset saja.

Christine Dimmick, Penulis buku Detox Your Home, mengatakan bola pengering (dryer ball) melakukan pekerjaan buruk dalam melembutkan dan mengharumkan pakaian.

Sebaiknya, tambahkan sedikit cuka putih ke dalam siklus pencucian untuk melembutkan pakaian. Menurut Dimmick, asam asetat alami dalam cuka dapat melembutkan sekaligus menghilangkan bau dari pakaian.

Sekotak baking soda untuk menetralisir bau di kulkas

Salah satu trik membersihkan rumah yang  sering dilihat di internet adalah menaruh sekotak baking soda untuk menetralisir bau dalam kulkas.

Akan tetapi, Presiden Mr. Appliance, Ron Shimek, mengatakan trik ini bukan yang terbaik meski tidak akan merusak kulkas jika dilakukan.

“Menambahkan sekotak baking soda yang terbuka di dalam kulkas hanya cukup efektif sebagai penghilang bau,” tuturnya.

Sebab, ujar Shimek, tidak semua bau dari kulkas disebabkan makanan. Jadi, baking soda hanya berfungs mengubah struktur molekul asam bau dan tidak benar-benar menghilangkan baunya.

Menurutnya, sekotak aktif arang dapat bekerja dengan lebih baik karena terbuat dari karbon murni dan menyerap semua molekul organik.

Trik membersihkan rumah terkait pakaian juga mencakup penggunaan hairspray untuk membersihkan noda tinta.

Namun, Chief Operating Officer di The Cleaning Authority, Leanne Stapf, mengatakan banyak hairspray modern tidak lagi mengandung alkohol.

“Artinya, tidak akan mengangkat noda. Sebaliknya, pembersihan ini dapat membuat noda lebih sulit dihilangkan,” jelas Stapf.

Untuk mengatasi noda tinta pada pakaian, kamu hanya perlu membasahi area yang terkena noda dengan alkohol gosok selama sekitar 15 menit, lalu cuci pakaian seperti biasa.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/30/185200176/4-trik-membersihkan-rumah-yang-sebaiknya-dihindari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke