Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Ketinggian Cooker Hood yang Ideal dari Kompor?

JAKARTA, KOMPAS.com - Cooker hood tidak hanya menambah gaya pada dapur, tetapi juga menyedot asap dan bau dari area dapur. Namun demikian, cooker hood dapat berfungsi dengan baik asalkan dipasang dengan benar.

Dilansir Home Cook World, Kamis (29/9/2022), ada lebih dari satu faktor yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan di mana dan bagaimana memasang cooker hood di dapur. Salah satunya adalah ketinggian cooker hood, yakni jarak antara bagian atas kompor dan bagian bawah cooker hood.

Saat melengkapi dapur, ketinggian cooker hood yang tepat membuat perbedaan. Cooker hood yang dipasang terlalu tinggi akan kesulitan mengeluarkan semua asap.

Adapun jika cooker hood dipasang terlalu rendah dapat dengan mudah rusak dan menimbulkan bahaya kebakaran.

Ketinggian cooker hood yang ideal

Produksen cooker hood memberikan rentang ketinggian yang ideal daripada ketinggian tertentu karena tidak ada dapur yang sama. Jika Anda memasang cooker hood dalam kisaran ini, itu dapat mengeluarkan asap dari dapur tanpa terlalu dekat dengan kompor.

Sebagian besar cooker hood harus dipasang pada ketinggian 20 hingga 24 inci atau 51 hingga 61 cm di atas kompor listrik, 24 hingga 30 inci atau 61 hingga 76 cm di atas kompor gas, dan 30 hingga 34 inci atau 76 hingga 86 cm di atas kompor induksi.

Ingat bahwa ini hanya aturan praktis dan Anda tidak boleh mendasarkan pemasangan cooker hood pada itu saja. Untuk instruksi khusus, lihat rekomendasi produsen untuk merek dan model cooker hood Anda. 

Bagaimana jika memasang cooker hood terlalu tinggi atau rendah?

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan jika Anda memasang cooker hood terlalu tinggi atau rendah, antara lain sebagai berikut.

1. Ganti cooker hood dengan yang lebih dangkal

Salah satu opsi adalah mengganti cooker hood dengan kedalaman yang lebih dangkal. Dengan begitu, setidaknya Anda tidak perlu mengganti atau melepas kabinet dapur atau lemari dapur atas.

2. Ganti lemari dapur atas

Solusi lainnya adalah mempertahankan cooker hood, tetapi mengganti kabinet dapur atas, dengan asumsi Anda dapat menemukan kabinet dapur yang lebih pendek dengan gaya dan warna yang sama dengan yang baru saja Anda pasang.

3. Lepaskan lemari dapur

Terakhir, ada opsi untuk melepas kabinet dapur di atas kap cooker hood sekaligus dan memasang ubin di dinding dengan ubin yang sama dengan yang Anda gunakan untuk keseluruhan dapur. Ini akan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan ketinggian cooker hood sesuai kebutuhan.

Apakah ketinggian cooker hood penting?

Jawaban singkatnya adalah, mungkin ya. Cooker hood yang ditempatkan terlalu tinggi adalah bagian dekoratif yang tidak mengeluarkan gas buang di dapur. Cooker hood yang dipasang terlalu rendah merupakan bahaya kebakaran.

Dalam kedua kasus tersebut, yang terbaik adalah mengambil tindakan dan memperbaiki masalah.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/29/071300576/berapa-ketinggian-cooker-hood-yang-ideal-dari-kompor-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke