Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Warna yang Bisa Menciptakan Nuansa Bahagia di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna memiliki kemampuan yang kuat untuk memengaruhi suasana hati dan membangkitkan semangat seseorang. Untuk itu, pemilihan warna pada suatu ruangan harus diperhatikan.

Lantas, warna apa saja yang bisa menciptakan nuansa bahagia di rumah?

Ketika berbicara tentang ide warna ruangan, Anda dapat memilih warna favorit, dengan nuansa yang bersifat pribadi. Sebagai alternatif, pilihlah warna cerah, berani, atau terinspirasi dari alam yang terbukti memiliki dampak positif pada suasana hati Anda.

Mungkin mudah untuk kembali ke nuansa yang aman dan warna netral saat mendekorasi rumah, tetapi memilih warna yang lebih bervariasi menjadi salah satu cara untuk membuat seseorang lebih bahagia. 

Dilansir dari Homes and Gardens, Rabu (21/9/2022) Ruth Mottershead, direktur kreatif di Little Greene, mengatakan, warna memiliki kekuatan untuk mengubah bagaimana ruang perasaan Anda di dalam ruangan tersebut. 

Sementara itu, Patrick O'Donnell, brand ambassador cat Farrow & Ball, menjelaskan, teori warna secara keseluruhan bisa menjadi subjek yang rumit.

Saat mendekorasi rumah agar muncul nuansa yang penuh kebahagiaan, pertimbangkan teori warna untuk mengarahkan Anda ke arah yang benar, menggunakan roda warna untuk memutuskan ruangan Anda atau bahkan skema warna seluruh rumah akan membantu Anda memilih palet harmonis yang akan membawa kebahagiaan dan ketenangan.

Berikut beberapa warna yang dapat membuat nuansa lebih bahagia di rumah.

Warna hangat yang menciptakan energi tinggi


Leatrice Eiseman, direktur Eiseman Center for Color Information & Training dan direktur eksekutif Pantone Color Institute, mengatakan, umumnya, warna hangat seperti kuning, dan oranye, lavender hangat dan biru, lalu merah hangat atau merah muda hangat diasosiasikan dengan kebahagiaan.

Meskipun pilihan warna yang berani seperti itu mungkin tampak menakutkan, mendekorasi dengan ide kamar oranye atau merah hangat dapat dicapai dengan menambahkan tekstil dan dekorasi berwarna, daripada mengecat seluruh ruangan.

Lee Chambers, psikolog dan konsultan kesejahteraan, memaparkan, kita semua memiliki warna yang kita kaitkan dengan kebahagiaan.

Warna yang lebih hangat memiliki kemampuan untuk meningkatkan suasana hati dan memberi kita ledakan energi, dan nuansa merah muda, oranye dan kuning semuanya bisa memberi kita sepotong kegembiraan ketika kita merasa sedikit sedih.

Saat menggunakan warna-warna cerah, pertimbangkan untuk memilih nada yang lebih kalem dengan hasil akhir matte untuk memberikan kedalaman dan memastikan bayangan tidak terlalu cerah atau terlalu merangsang.

Biru cerah

Jika langit biru membuat Anda bahagia karena mengingatkan Anda pada hari cerah yang selalu Anda nikmati, itu akan menjadi warna yang tepat untuk Anda, saran Eiseman.

Biru memiliki banyak atribut emosional, warna biru  yang lebih pucat, memberikan ketenangan dan kenyamanan.  

Hijau

Hijau menyenangkan untuk digunakan warna utama alam dan alam terbuka.


Hijau adalah keluarga warna yang sempurna untuk memberikan ketenangan dan ketenangan dan karena itu memiliki fleksibilitas untuk diterapkan di setiap ruangan di seluruh rumah tetapi sangat bagus untuk kamar tidur.

Warna hijau juga melambangkan pembaruan dan pertumbuhan.

Ide ruangan warna hijau tidak hanya serbaguna, tetapi juga keteduhannya. Saat mengambil inspirasi dari alam, pertimbangkan seluruh rangkaian warna hijau, dari hijau hutan berlumut hingga zaitun dan pistachio.

Dekorasi dengan warna hijau bahkan dapat dicapai dengan hanya memasukkan tanaman ke dalam ruang, atau memilih lapisan warna penuh.

Seperti biru, nuansa hijau yang berbeda melalui aksen akan menambah kedalaman dan tekstur pada skema monokromatik.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/21/190600876/3-warna-yang-bisa-menciptakan-nuansa-bahagia-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke