Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makna Bunga Mawar Merah, dari Asmara hingga Kematian

JAKARTA, KOMPAS.com - Mawar merah adalah salah satu bunga populer di dunia. Bunga mawar merah kerap diberikan sebagai hadiah dalam berbagai kesempatan, mulai dari Hari Valentine hingga sebagai ungkapan selamat maupun duka cita.

Namun demikian, apa sebenarnya makna bunga mawar merah?

Dilansir Well and Good, Rabu (24/8/2022), saat ini mawar merah sangat identik dengan asmara. Bahkan, menurut paranormal selebriti Inbaal Honigman, hampir sulit untuk mengasumsikan makna lain dari bunga mawar merah.

“Gambar satu mawar merah begitu abadi, begitu tertanam dalam kesadaran publik, sehingga tidak ada yang benar-benar dapat menambahkan makna tambahan padanya. Setiap upaya untuk 'mengadopsi' mawar merah menjadi makna baru pasti akan gagal," tutur Honigman.

Konon, jika Anda mencari makna mawar merah yang lebih dalam, Honigman mengatakan Anda dapat mengikat bunga ke cakra.

“Warna merah adalah warna cakra dasar, dan berbicara tentang dorongan dan kebutuhan dasar,” jelasnya.

“Cakra dasar berada tepat di atas kaki kita, di mana mereka bertemu, dan dengan demikian terhubung ke area sensitif kita, dan apa yang kita lakukan dengan mereka," imbuh Honigman.

Sementara seks mungkin menjadi hal pertama yang muncul dalam pikiran, Honigman mengatakan bahwa warna merah terkait dengan seksualitas, keberanian, dan kekuatan secara keseluruhan.

"Ketika kita memakai warna merah, kita merasa tak terkalahkan. Rambut merah, lipstik merah, sepatu merah, mereka digunakan oleh orang-orang untuk meningkatkan kekuatan mereka, seperti yang dirasakan oleh diri mereka sendiri, untuk kepercayaan diri ekstra, dan seperti yang dirasakan oleh orang lain, juga," ungkap Honigman.

Makna bunga mawar merah dalam hubungan asmara

“Mawar merah adalah untuk cinta yang penuh gairah,” ujar Honigman.

“Ini diberikan kepada Anda oleh seseorang yang ingin mengajak Anda kencan. Memberikan mawar merah kepada pasangan yang hadir mengatakan 'Aku masih menyukaimu'," terangnya.

Namun, hanya karena mawar merah melambangkan asmara dan gairah, tidak selalu berarti bahwa itu terkait dengan niat terbaik, setidaknya tidak untuk semua pihak yang terlibat.

“Kita jelas menghubungkan mawar merah dengan cinta tetapi ada lebih dari itu, itu juga kerahasiaan seperti hubungan cinta, gairah, dan keberanian,” sebut paranormal dan pencipta Psychic Reading Expert Christine Wallace.

"Warna merahnya berani, dan itu bisa mewakili perasaan cinta yang begitu kuat sehingga tidak ada yang menghalangi perasaan dan upaya si pemberi mawar ini, dan apa yang bisa dilakukan orang ini untuk memenangkan cinta si penerima," ucap Wallace.

Makna mawar merah dalam kematian

“Simbol mawar merah digunakan oleh wilayah Inggris Lancashire sejak tahun 1300-an, dan terpampang di banyak lencana militer (Inggris),” kata Honigman.

Dia menjelaskan, Perang Mawar pada tahun 1400-an melibatkan daerah mawar merah tersebut, bertempur dengan tetangganya, Yorkshire, yang memiliki simbol mawar putih. Terlepas dari upaya terbaik mereka, Lancashire kalah perang dan banyak bangsawan tewas.

Jadi, siapa tahu, mungkin itu sebabnya sekarang, sekitar lebih dari 600 tahun kemudian, mawar merah juga muncul di peti mati dan kuburan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/24/100400576/makna-bunga-mawar-merah-dari-asmara-hingga-kematian

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke