Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengatasi Kloset Mampet Pakai Sabun Cuci Piring

JAKARTA, KOMPAS.com - Kloset mampet bisa menimbulkan masalah besar di kamar mandi. Sebab, kondisi ini bisa menjadi lebih parah ketika kloset meluap, yang bisa menimbulkan masalah baru.

Ada beberapa alat yang biasa digunakan untuk mengatasi kloset mampet, termasuk plunger yang terbuat dari karet. Namun, bagaimana jika tidak ada plunger di rumah?

Jangan khawatir, sebab Anda bisa menggunakan sabun cuci piring untuk mengatasi kloset mampet. Cara mengatasi kloset mampet dengan sabun cuci piring bisa memungkinkan Anda tidak perlu meminta bantuan tukang ledeng.

Mengapa sabun cuci piring bisa mengatasi masalah kloset mampet?

Dilansir Apartment Therapy, Rabu (24/8/2022), sama seperti kemampuan menghilangkan sisa makanan yang menempel di piring, kombinasi sabun cuci piring dan air panas membantu melarutkan dan memecah apapun yang mungkin membuat kloset mampet.

Namun demikian, meskipun Anda bisa mengatasi kloset mampet dengan sabun cuci piring dan air panas, ada baiknya Anda tetap memiliki plunger.

Ini akan sangat berguna jika kloset kembali mampet di kemudian hari.

Cara mengatasi kloset mampet pakai sabun cuci piring

Isi panci dengan 3 liter air dan taruh di atas kompor. Anda harus menggunakan air yang sangat panas, tetapi tidak cukup mendidih, karena air mendidih bisa memecahkan mangkuk kloset.

Tuang setidaknya setengah cangkir sabun cuci piring ke dalam mangkuk kloset, diamkan sampai air hampir mendidih di atas kompor.

Tuang air yang sangat panas dengan hati-hati ke dalam mangkuk kloset dan perhatikan saat sabun membantu membuka sumbatan kloset.

Jika Anda khawatir ada terlalu banyak air di mangkuk kloset setelah Anda mencoba menyiram, matikan katup air yang terletak di belakang kloset dekat dengan lantai.

Anda mungkin harus menunggu hingga 15 menit agar sumbatan terlepas. Jika Anda tidak melihat tindakan apa pun setelah itu, Anda mungkin perlu memanggil tukang ledeng.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/24/082100576/cara-mengatasi-kloset-mampet-pakai-sabun-cuci-piring

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke