Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Fakta Menarik Anjing Chihuahua, Si Kecil Berkepribadian Besar

Anjing Chihuahua memiliki bobot tubuh rata-rata berkisar 1,5 hingga tiga kilogram sehingga membuatnya bisa menjadi anjing pangkuan dan mudah membawanya ke mana-mana, bahkan bisa membawanya menggunakan tas. 

Namun, walau kecil, anjing Chihuahua sangat lincah, tangkas, kuat, berani, cepat belajar, dan bersahabat. Bahkan Chihuahua disebut sebagai anjing dengan kepribadian terbesar di dunia. 

Namun, sama dengan kebanyakan ras anjing lainnya, ada beberapa perbedaan pendapat tentang anjing Chihuahua.

Beberapa orang menganggap anjing kecil ini berisik dan suka memerintah, sementara yang lain terpesona oleh ekspresi gesit dan temperamen Chihuahua yang seperti terrier.

Ada beberapa kebenaran di kedua perbedaan tersebut. Namun, hal pasti anjing Chihuahua menyimpan banyak fakta menarik.

Dikutip dari American Kennel Club (AKC), Selasa (23/8/2022), berikut delapan fakta menarik anjing Chihuahua. 

Anjing Chihuahua tidak menginginkan apa pun selain bersama Anda di mana pun. Chihuahua akan setia mengikuti pemiliknya dari kamar ke kamar dan sangat bahagia meringkuk di pangkuan manusian sepanjang hari.

Ukuran yang kecil membuat anjing Chihua sangat portabel. Jadi, bukan hal aneh melihat Chihuahua dimasukkan ke tas jinjing dan berkeliling kota bersama pemiliknya.

Cenderung tidak percaya pada orang asing

Selanjutnya, fakta menarik anjing Chihuahua adalah memiliki sikap anjing besar, kecerdasan, dan kewaspadaan.

Walau berukuran mungil, anjing Chihuahua tidak mudah percaya pada orang asing. Jadi, terlepas dari ukurannya, Chihuahua dapat dianggap sebagai anjing penjaga terkecil di dunia. 

Anjing Chihuahua adalah anjing cerdas dan cepat belajar saat diberikan berbagai pelatihan. Tak heran, anjing Chihuahua dapat berhasil bersaing dalam olahraga anjing seperti uji kelincahan dan kepatuhan. 

Memiliki kepribadian besar 

Selain itu, fakta menarik anjing Chihuahua adalah dapat memerintah rumah jika Anda membiarkannya. Terkadang sulit bersikap tegas pada Chihuahua karena anjing ini sangat menawan dan menghibur. 

Chihuahua memiliki banyak kepribadian besar yang menawan. Anjing kecil ini sangat ramah, cerdas, penyayang, lucu, cepat belajar, dan bersahabat akrab dengan pemiliknya atau orang-orang di sekitarnya.

Tak heran, menjadi salah satu ras anjing yang banyak dipelihara. Fakta menarik anjing Chihuahua adalah Anda akan mendapati diri diperintah oleh "raja" seberat 1,8 kilogram saat memeliharanya.  

Chihuahua modern kemungkinan besar merupakan persilangan antara Techichi, ras anjing kuno dari Amerika Tengah dan Selatan serta anjing kecil berbulu yang berasal dari Asia.

Terlepas dari kenyataan bahwa ras Chihuhua sekarang dianggap berasal dari Meksiko, beberapa versi Chihuahua ditemukan di artefak peradaban di seluruh dunia. 

Chihuahua tidak tahan cuaca dingin 

Selanjutnya, fakta menarik anjing Chihuahua adalah tidak tahan cuaca dingin. Anjing Chihuahua dibiakkan untuk suhu hangat Meksiko. 

Di rumah, Chihuahua cenderung mencari tempat yang hangat seperti bersembunyi di bawah selimut atau tidur bersama pemiliknya pada malam hari.

Untuk itu, pemilik perlu mengenakan sweater atau mantel pada anjing Chihuahua saat cuaca dingin. 

Karena itu, anjing ini bukan pilihan terbaik atau kurang ideal untuk keluarga yang memiliki anak kecil. Sebab, dikhawatirkan mereka dapat berlaku kasar pada Chihuahua. 

Banyak dipelihara selebritas 

Terakhir, fakta menarik anjing Chihuahua adalah banyak dipelihara, termasuk kalangan selebritas. Model dan aktris Marilyn Monroe memiliki satu anjing Chihuahua bernama Choo-Choo.

Selain itu, aktirs Jamie Lee Curtis tidak hanya berakting dengan Chihuahua dalam film Beverly Hills Chihuahua, tetapi juga memilikinya di kehidupan nyata. Bahkan pelatih anjing, Cesar Millan, membawa anjing Chihuahua di ranselnya. 

Nah, itu dia sejumlah fakta menarik anjing Chihuahua. Bagaimana Anda tertarik memiliharannya? 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/23/103900076/8-fakta-menarik-anjing-chihuahua-si-kecil-berkepribadian-besar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke