Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Tempat Tidur Berbunyi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Tempat tidur berbunyi atau berderit menimbulkan ketidaknyamanan dan merusak mood. Salah satu penyebab tempat tidur berbunyi adalah jika Anda atau anak-anak kerap melompat di tempat tidur.

Namun, itu bukan satu-satunya penyebab tempat tidur berbunyi atau berderit. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mengetahui sumber permasalahannya dan melakukan hal untuk mengatasinya.

Dikutip dari Lifehacker, Kamis (18/8/2022), berikut penyebab tempat tidur berbunyi dan cara mengatasinya.

Mulailah dengan menekan dan menambahkan tekanan ke berbagai area tempat tidur sampai Anda menentukan area umum yang menyebabkan kebisingan.

Ada tiga sumber utama tempat tidur berderit, yakni sebagai berikut.

1. Pegas pada dipan

Ini kemungkinan besar pelakunya. Karena penyebab mencicit kemungkinan adalah dipan atau bingkai kayu tempat tidur, ada banyak perbaikan cepat di rumah untuk masalah ini.

2. Rangka tempat tidur

Baut yang kendor atau kayu yang melengkung dapat menyebabkan bunyi berderit, tetapi juga dapat dengan mudah diperbaiki.

3. Pegas pada spring bed

Menurut Casper, pegas bagian dalam spring bed adalah penyebab umum mencicit. Sayangnya, ini berarti mungkin sudah waktunya untuk mengganti kasur Anda.

Cara mengatasi tempat tidur berbunyi atau berderit

Setelah Anda menyimpulkan sumber suara pada tempat tidur yang berbunyi, berikut cara memperbaiki masalah, sehingga Anda dapat kembali menggunakan tempat tidur dengan nyaman dan tenang.

1. Kencangkan semua sekrup yang longgar

Ambil kunci pas atau obeng dan kencangkan semua baut di sepanjang sambungan rangka tempat tidur.

2. Berikan pelumas

Ini adalah solusi standar untuk setiap suara berderit di area rumah. Oleskan pelumas kayu atau besi di sekitar pegas tempat tidur dan ke sambungan rangka tempat tidur, atau di mana saja dengan kontak kayu-kayu atau logam-logam.

3. Kurangi gesekan dengan bantalan tambahan

Jika mengencangkan baut yang kendor dan pelumas tidak mengatasi derit, Anda mungkin perlu membuat semacam bantalan peredam bising. Ambil beberapa kaus kaki, kemeja tua, atau waslap dan selipkan di antara sumber gesekan di sekitar tempat tidur.

Tambahkan bantalan antara bilah dan bingkai, pegas pada dipan dan kasur, atau kaki dan lantai, jika lantai di kamar tidur tidak rata.

Jika semuanya gagal, saatnya mengganti kasur

Jika Anda sudah melakukan semua cara yang telah dilakukan di atas namun tempat tidur tetap berbunyi, maka kemungkinan besar inilah saatnya untuk mengganti kasur Anda.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/18/115300776/kenapa-tempat-tidur-berbunyi-ini-penyebab-dan-cara-mengatasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke