Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Fakta Menarik Anjing Pudel, Si Kecil Berbulu Keriting yang Cerdas

Anjing Pudel mudah dikenali dari tampilannya karena bulunya yang keriting serta memiliki penampilan yang bergaya, lucu, dan menggemaskan. 

Kebanyakan anjing Pudel betina sering kali didandani dengan cantik dan menggemaskan seperti bulunya diikat atau dikenakan jepitan rambut. 

Selain itu, anjing Pudel juga lincah, setia, termasuk ras anjing cerdas, mudah dilatih, ramah, serta mudah beradaptasi dengan rumah tangga mana pun, baik anak-anak maupun lansia. 

Sama dengan ras anjing lainnya, pudel kaya sejarah dan fakta menarik. Nah, berikut fakta menarik anjing Pudel dikutip dari American Kennel Club (AKC), Minggu (14/8/2022). 

Faktanya, istilah "Poodle Prancis" adalah istilah yang salah. Di Prancis, rasa anjing ini disebut Caniche dari bahasa Prancis untuk "anjing bebek."

Pudel awalnya dibiakkan sebagai anjing pemburu 

Selanjutnya, fakta menarik anjing Pudel adalah bisa berburu. Pudel dinamai setelah memercikkan air karena anjing-anjing ini pada awalnya dibiakkan untuk memburu unggas air.

Tugas anjing Pudel adalah membawa bebek dan burung lain kembali ke tuannya. Pudel tidak kehilangan keterampilannya selama bertahun-tahun. Beberapa pemburu unggas air masih menggunakan pudel di lapangan sampai sekarang. 

Ini tampak seperti pernyataan mode anjing terbaik, tetapi potongan pudel tradisional benar-benar tentang fungsi, bukan mode.

Sebab, bulu yang lebih sedikit akan membuat anjing Pudel berenang dengan lebih efisien, tetapi lebih rentan terhadap air dingin.

Untuk mendapatkan posisi terbaik, pemilik Pudel menempatkan kepulan bulu di sekitar sendi dan tubuh bagian atas untuk melindungi sendi serta organ vital. 

Ada berbagai gaya bulu untuk Pudel 

Setiap potongan bulu Pudel memiliki aturan yang sangat spesifik tentang di mana embusan dan pompom rambut seharusnya dan berapa panjangnya.

Untuk bersaing sebagai anjing pertunjukan, pudel dewasa harus memiliki salah satu dari tiga tatanan rambut, yaknti Continental Clip, Modified Continental Clip, atau English Saddle.

Anak anjing dalam kompetisi memiliki Puppy Clip resmi, yang panjangnya merata di seluruh tubuhnya. 

Semua ukuran Pudel termasuk dalam ras yang sama dan diharapkan memenuhi standar ras yang sama.

Pudel adalah anjing yang sangat aktif 

Mengambil petunjuk dari sejarah dan fakta menarik anjing Pudel bahwa mereka sebagai pemburu bebek, pemilik Pudel harus memberi sahabat bulu banyak latihan.

Pudel adalah retriever yang sangat baik dan menikmati permainan lempar tangkap yang bagus, jogging, dan jalan-jalan. Sebagai anjing air yang luar biasa, berenang adalah pilihan latihan yang bagus untuk Pudel. 

Apa perbedaan antara rambut dan bulu? Anda mungkin bertanya-tanya hal ini. Bulu tumbuh hingga titik tertentu, kemudian rontok—yang kita kenal sebagai penumpahan.

Rambut tidak rontok dan tidak pernah berhenti tumbuh. Rambut pudel, seperti rambut manusia, dapat merespons perubahan hormonal dalam tubuh. Anjing pudel betina dapat mengalami penipisan atau kerontokan rambut setelah memiliki anak anjing.

Anjing cerdas dan serbaguna 

Pudel adalah salah satu ras anjing paling cerdas. Kecerdasan dan keinginan Pudel untuk menyenangkan menjadikan mereka anjing pelayan yang hebat.

Pudel juga digunakan sebagai anjing pemandu, anjing pembantu bagi penyandang disabilitas fisik, dan anjing terapi. Bahkan Pudel digunakan sebagai pemburu jamur karena hidungnya yang tajam. 

Aturan yang membatasi ras anjing Pudel diadopsi setelah seekor musher atau penghancur, bernama John Suter, berusaha untuk bersaing dengan tim Standard Poodle pada 1988.

Beberapa anjing Pudel mengalami sangat dingin dengan kaki beku dan masalah bulu-bulu sehingga mereka harus dijatuhkan. 

Banyak ikon Amerika memiliki anjing Pudel

Terakhir, fakta menarik anjing Pudel adalah salah satu ras anjing yang banyak dipelihara di seluruh dunia. Di AS, penyanyi Elvis Presley sangat menyukai Pudel. Dia memelihara mereka sebagai hewan peliharaan dan sering memberikannya kepada pacar.

Selain Elvis, ikon Amerika terkenal yang memelihara anjing Pudel, termasuk aktris Elizabeth Taylor, Jackie Kennedy, mantan istri presiden John Kennedy; model dan penyanyi Marilyn Monroe, aktris Katharine Hepburn, dan produser film Walt Disney. 

Nah, itu dia fakta menarik anjing Pudel. Anda tertarik menjadikannya anjing peliharaan? 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/14/191200676/10-fakta-menarik-anjing-pudel-si-kecil-berbulu-keriting-yang-cerdas-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke